Menurut Studi, Sibuk dengan Gadget Ketika Berduaan Bisa Meningkatkan Konflik dalam Hubungan

Jadi, kamu mau pacaran sama aku atau sama HPmu itu?

Bisa dibilang, di era serba modern seperti sekarang ini sangat sulit untuk kita melepaskan diri dari pengaruh teknologi salah satunya handphone dan gadget. Tiada hari tanpa gadget, begitulah kira-kira. Gadget sudah menjadi kebutuhan yang bahkan posisinya sejajar dengan papan, sandang dan juga pangan.

Gadget menjadi kebutuhan (cnbc.com)

Ada banyak momen yang menjelaskan bahwa kita tidak bisa hidup tanpa adanya gadget. Misalnya saja, HP menjadi salah satu benda yang dicari ketika bangun tidur, bahkan dibawa ketika pergi ke kamar mandi. Ketika menunggu teman, kita lebih memilih memainkan HP daripada melihat keadaan sekitar atau bersosialisasi dengan orang baru. Dan lebih, semua hal kini mudah dan bisa dilakukan hanya dengan layar sentuh.

Meski perannya begitu penting, ada baiknya kamu mulai batasi penggunaan HP ketika sedang bersama pasangan. Menurut informasi yang dilansir dari her.ie, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Baylor University yang melakukan dua survei berbeda dari 500 orang dewasa Amerika Serikat. Survei tersebut dilakukan untuk menganalisis efek penggunaan ponsel saat sedang berduaan.

Sibuk main HP saat bersama pasangan (media.self.com)

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa perasaan pasangan yang merasa bahwa kamu lebih mementingkan HP daripada hubungan dan komunikasi bersamanya bisa berdampak buruk pada hubungan. Sebanyak 46% responden, atau hampir separuh dari total responden mengaku bahwa HP telah merampas perasaan mereka. Sementara 23% lainnya mengatakan sibuk main HP dapat menyebabkan pertengkaran hebat dalam hubungan.

Jika seseorang kecanduan main HP meski sedang berdua, membuat pasangannya merasa kehilangan kepuasan dengan hubungan tersebut. Jangan heran kalau akhirnya hubungan jadi rentan putus karena momen quality time justru digunakan untuk HP.

Meningkatkan konflik (typeset-beta.imgix.net)

Selain itu menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Computers in Human Behavior, menyebutkan bahwa pasangan yang hubungannya rentan putus akan lebih mungkin mengalami depresi. Nah kebiasaan main HP dalam hubungan menjadi salah satu pemicu konflik yang paling sering. Hubungan yang sering terjadi konflik di dalamnya bisa mengancam kesehatan mental pun hidup jadi tidak bahagia.

Oleh karena itu ada baiknya jauhkan HP sementara ketika sedang bersama pasangan. Isi quality time dengan kegiatan yang dapat mendekatkan hubungan kalian berdua. Jika memang ada hal penting yang membuat kamu berurusan dengan HP, maka bicarakan baik-baik dan jelaskan alasannya. Hal ini dilakukan agar pasangan tidak merasa diabaikan.

Yuk hilangkan kebiasaan main HP saat sedang bersamanya~

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *