Jika di Survey, Siapa sih Orang yang Paling Bahagia di Indonesia? Ini Jawabannya

Kamu termasuk kaum bahagia? Cek di sini

Kebahagiaan memang hal relatif yang tak bisa ditentukan dengan pasti besarannya. Namun belakangan ini Badan Pusat Statistik (BPS) telah melaporkan Indeks Kebahagiaan tahun 2017 dimana masyarakat Indonesia mencapai angka 70,69 pada skala 0-100. Indeks Kebahagiaan Indonesia tahun 2017 merupakan indeks komposit yang disusun oleh tiga dimensi.

Baca juga : Jika Uang Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan, Lalu Apa yang Bisa?

Ketiga dimensi ini terdiri dari Kepuasan Hidup (Life Satisfaction), Perasaan (Affect), dan Makna Hidup (Eudaimonia). Hasil survey BPS ini juga telah merilis kelompok-kelompok masyarakat yang dinilai paling bahagia. Survey ini dilihat dari wilayah, jenis kelamin hingga status pernikahan.

Siapa sih Orang yang Paling Bahagia di Indonesia? (gtasimport.com)

Menurut Kepala BPS, Suhariyanto, penduduk yang belum menikah justru menempati urutan pertama sebagai penduduk paling bahagia dengan indeks kepuasan hidup sosial tertinggi sebesar 74,05. Sebaliknya, orang dengan status cerai memiliki hidup paling tidak bahagia dengan indeks sebesar 67,83.

Selain dari status pernikahan, BPS juga merilis Maluku Utara sebagai provinsi dengan indeks kebahagiaan tertingi di Indonesia. Selebihnya dirangkum dalam informasi berikut.

Kepuasan hidup sosial di desa lebih tinggi daripada di kota

Dengan berbagai macam perbandingan seperti tingkat kenyamanan dan juga keamanan, kepuasan hidup di desa terbukti lebih tinggi daripada di kota. Kepuasan hidup di desa mendapatkan indeks sebesar 71,64% sementara di kota hanya 69,75%.

Kepuasan hidup sosial di desa lebih tinggi daripada di kota (aaroninjapan09.files.wordpress.com)

Ada banyak penyebab kenapa kepuasan hidup di desa lebih unggul. Diantaranya adalah tingkat stres di kota karena tekanan dari berbagai hal atau karena lingkungan yang tidak sepenuhnya tidak mendukung untuk hidup nyaman.

Kepuasan hidup perempuan lebih tinggi daripada laki-laki

Jika kepuasan hidup ini diukur dari gender, maka perempuan memiliki indeks yang lebih besar dari laki-laki. Yang artinya perempuan lebih bahagia dengan indeks sebesar 71,12% daripada laki-laki yang hanya sebesar 70,30%.

Kepuasan hidup perempuan lebih tinggi daripada laki-laki (indiannewsqld.com.au)

Provinsi paling bahagia

Telah disebutkan di atas bahwa Maluku Utara menjadi provinsi paling bahagia di Indonesia. Sementara urutan kedua ada Provinsi Maluku dan diikuti Provinsi Sulawesi Utara. Sementara itu, indeks kebahagiaan di Papua menjadi yang paling rendah. Yang lebih mengejutkan, Jawa Barat menjadi Provinsi yang paling tidak bahagia.

Seorang nelayan di Kabupaten Pulau Taliabu di Provinsi Maluku Utara (mongabay.co.id)

Single vs menikah, siapa yang lebih bahagia?

Selama ini stigma di masyarakat seringkali menilai bahwa jomblo maupun single adalah makhluk paling nggak bahagia di muka bumi karena nggak punya pasangan. Padahal menurut hasil survey BPS, kepuasan hidup justru jatuh kepada mereka yang single dengan indeks 71,53%.

Jomblo lebih bahagia (mmc.tirto.id)

Sedangkan kepuasan hidup mereka yang menikah hanya sebesar 71,09%. Berbeda tipis sih. Dan menurut survey ini juga, seseorang yang bercerai dengan pasangan yang masih hidup lebih tidak bahagia dibandingkan mereka yang bercerai karena kematian.

Tua vs muda

Dan data terakhir menyebutkan bahwa kepuasan hidup kaum muda lebih tinggi dibandingkan mereka yang sudah tua. Semakin seseorang memasuki usia tua terutama yang berusia 65 tahun, indeks kepuasan hidup personal semakin menurun 69,18%, berbeda dengan kaum muda berusia 24 tahun sebesar 71,29%.

Tua vs muda (blogdetik.com)

Nah itulah orang-orang yang paling bahagia di Indonesia, kamu termasuk golongan yang mana nih? Yuk bagikan kebahagiaan kamu di kolom komentar.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Jika Punya 10 Pemikiran Ini, Kamu Adalah Kelas Menengah Yang Susah Kaya

Belajar Sabar dari Customer Service Provider Seluler yang Punya Kesabaran Level Dewa