Setiap Hari yang Kamu Lalui Menjadi “Kejutan” yang Harus Diterima dengan Bahagia

Jangan mengeluh jika “kejutan” yang kamu dapat tak sesuai dengan harapan

Tidak ada yang tau apa yang akan terjadi esok hari. Tapi setidaknya kamu bisa mempersiapkan segala sesuatu agar apa saja yang terjadi besok bisa berjalan baik sesuai dengan harapan. Namun sayangnya, tidak semua hal bisa sesuai keinginan atau ekspetasi yang kamu bayangkan. Terkadang ekspetasi yang terlalu tinggi justru bisa melukai diri sendiri.

Baca juga : 3 Momen Pernikahan Paling Mengharukan di Dunia yang Bakal Membuatmu Banjir Air Mata

Setiap hari penuh dengan kejutan (pro-theme.com)

Contoh sederhananya, saat pagi tadi mungkin kamu sudah belajar tekun untuk ulangan hari ini, atau setidaknya berdoa agar tidak terlambat pergi ke kantor. Namun kenyataan tak berjalan sesuai keinginan. Kamu mendapat nilai jelek untuk ulangan atau terlambat ke kantor karena terjebak kemacetan. Ini tentu membuat kamu kecewa hingga yang terburuk adalah menganggap hidup penuh ketidakadilan.

Padahal, ekspetasi yang terlalu tinggi terkadang menjadi sumber kekecewaan. Kamu terlalu yakin “menebak” apa yang akan terjadi di depan, hingga akhirnya tidak siap dengan “kejutan” yang datang.

Hidup penuh kejutan yang terkadang tak sesuai dengan perkiraan

Bahkan tanpa kamu minta, hidup selalu menyiapkan kejutan untukmu. Entah itu kejutan menyenangkan atau bahkan kejutan yang terbilang mengecewakan. Apapun itu kamu harus selalu menyiapkan hati untuk menerimanya.

Hidup penuh kejutan yang terkadang tak sesuai dengan perkiraan (huffpost.com)

Jika memang kamu dihadapkan pada kejutan berupa kegagalan, terimalah sebagai kenyataan. Daripada terus menyesalinya, lebih baik berusaha bangun dan nikmati setiap proses yang kamu lalui. Jika kamu mampu menghargai kegagalan, maka kamu tak akan pernah menyombongkan keberhasilan.

Hidup selalu penuh dengan kejutan. Apapun yang telah kamu dapatkan tetap bersyukur meski itu bukan yang kamu harapkan. Karena bisa saja apa yang kamu peroleh adalah apa yang sangat diinginkan oleh orang lain. Jadi, terima segalanya dengan bahagia.

Meski bukan yang kamu harapkan, kehidupan akan memberi apa yang kamu butuhkan

Pernahkah saat berulang tahun kamu menginginkan kado tertentu, namun yang diberikan orang tua justru kado yang lain. Kamu merasa kado tersebut tidak sesuai dengan harapan kamu. Namun sebenarnya, kado yang diberi orang tua adalah apa yang benar-benar kamu butuhkan. Seperti itulah kira-kira ‘kado’ yang diberikan kehidupan.

Meski bukan yang kamu harapkan, kehidupan akan memberi apa yang kamu butuhkan (simplereminders.com)

Jika memang sesuai dengan apa yang kamu inginkan, maka itu merupakan keberuntungan. Namun jika tidak, mungkin ‘kado’ tersebut sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Ketika hidup ingin kamu jadi pribadi yang lebih tangguh, maka kegagalan menjadi salah satu pembelajaran terbaik. Atau ketika hidup ingin kamu jadi lebih kuat maka ujian-ujian yang akan diberikan.

Kamu hanya harus menikmati setiap proses, terus berusaha dan jangan menyerah. Karena hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Jadikan setiap kegagalan sebagai satu langkah menuju keberhasilan.

Hargai apapun yang kehidupan berikan padamu, terima dengan lapang dada. Hingga suatu saat kamu akan paham, bagaimana kehidupan membentuk kepribadianmu melalui “kejutan” yang datang setiap hari.

Semangat!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Mari Mengenal Tutut, Keong yang Ramai Diperbincangkan Sebagai Alternatif Daging Sapi Itu

Kecerdasan Sejati Adalah Kemampuan untuk Beradaptasi Terhadap Perubahan