Kebalikan dari Pinokio, Kata Peneliti Seseorang yang Sering Bohong Hidungnya Akan Menyusut! Kok Bisa?

Jangan sering berbohong, nanti hidungmu yang mancung itu bisa jadi pesek!

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan tokoh kartun Pinokio kan? Salah satu tokoh dongeng yang terkenal dikalangan anak-anak ini memang memiliki cerita yang unik. Ciri khas yang paling diingat ialah hidungnya yang memanjang ketika berbohong. Banyak orang tua yang menjadikan kisah Pinokio untuk mengajarkan anak-anak dampak buruk bohong.

Pinokio (stmed.net)

Tapi ternyata, fenomena perubahan hidung ini juga bisa terjadi kepada manusia. Dilansir dari brilio.com, hal tersebut sudah dibuktikan dengan penelitian para ilmuwan asal Spanyol di University of Granada. Tapi kebalikan dari Pinokio, hidung manusia justru semakin menyusut ketika berbohong!

Dr Emilio Gómez Milán, seorang ilmuwan yang meneliti hal ini bersama dengan timnya melakukan deteksi tes kebohongan menggunakan termografi. Alat tersebut bisa mendeteksi apakah seseorang berkata jujur atau bohong. Dari percobaan deteksi tersebut mereka menemukan fakta bahwa jika seseorang berbohong, suhu ujung hidung akan turun hingga 1,2 derajat celcius, sementara suhu dahi meningkat hingga 1,5 derajat celcius.

Hidung menyusut (Health Magazine)

Penurunan suhu tersebut menyebabkan ukuran hidung sedikit menyusut meski perbedaannya tidak akan tampak pada mata manusia. Hasil tersebut didapat setelah peneliti meminta 60 relawan untuk melakukan berbagai tugas sembari dipindai oleh teknologi pencitraan termal. Salah satu tugas mereka adalah menelepon orang tua, mitra, atau teman selama 3-4 menit dan menceritakan hal yang dibuat-buat.

Kebohongan tersebut harus diciptakan sendiri selama menelepon dan direkam kamera termal. Penelitian tersebut juga menemukan hal menarik lainnya yaitu, detektor kebohongan termal dianggap lebih berhasil daripada detektor modern. Bahkan detektor termal telah dijuluki pendeteksi paling diandalkan di dunia.

Bohong (Health Magazine)

Jika Pinokio hidungnya bisa semakin panjang ketika berbohong, manusia justru akan semakin menyusut. Nggak mau kan hidung mancung berubah jadi pesek? Jangan kebanyakan berbohong ya!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *