Gonjiam : Haunted Asylum Akan Tayang di Indonesia, Intip Seramnya di Dalam Rumah Sakit Jiwa

Berani nonton?

Korea Selatan nyatanya tak hanya dikenal karena eksistensi boyband dan girlband-nya saja yang berwajah rupawan. Kemajuan industri drama dan film di Negeri Gingseng ini juga patut mendapat apresiasi publik. Salah satunya film bertema horor yang baru saja menghiasi layar kaca Korea beberapa waktu yang lalu adalah Gonjiam: Haunted Asylum.

Gonjiam Haunted Asylum (ytimg.com)

Film ini diperkirakan menjadi salah satu horor terseram yang pernah ada. Ceritanya  diangkat dari sebuah urband legend setempat tentang rumah sakit jiwa tak berpenghuni bernama Gonjiam. Sejak resmi ditayangkan pada 28 Maret 2018 lalu di bioskop Korea, film ini berhasil menjaring banyak penonton di hari pertama.

Kalau kamu penasaran, sabar ya. Rencananya pada tanggal 30 Mei 2018 akan rilis di layar kaca Indonesia. Tapi sebelum itu yuk intip seramnya rumah sakit yang jadi latar belakang cerita.

Dari kisah nyata yang menyeramkan

Dibalik gemerlapnya dunia hiburan Korea Selatan, ternyata negeri para oppa ini menyimpan lokasi mengerikan yang jarang diketahui. Bahkan menurut CNN World, tempat ini termasuk salah satu dari 7 lokasi paling angker di planet bumi. Gonjiam sendiri terletak di Gwangju yang merupakan salah satu kota besar disana.

Rumah sakit Gonjiam (Chris & Sophie’s Suji Blog)

Menurut cerita yang beredar, Rumah Sakit Jiwa Gonjiam didirikan pada tahun 1950an. Tempatnya berada di perbukitan dengan dikelilingi hutan yang cukup lebat. Semuanya berjalan baik-baik saja, hingga akhirnya tahun 1996 rumah sakit ini resmi ditutup. Dari rumor yang beredar, ada seorang dokter yang membantai seluruh pasien dan staf yang bekerja disana. Dokter tersebut dinilai punya kelainan jiwa.

Salah satu koridor rumah sakit (Instagram @bc3000)

Rumor lain mengatakan kalau pengelolaan limbahnya kurang baik sehingga tak layak untuk ditempati. Sementara ada pula cerita yang mengisahkan semua pasien di bunuh oleh kepala rumah sakit karena kehabisan dana dan tak mampu merujuk pasien ke RS lain. Kemudian si kepala rumah sakit melarikan diri ke Amerika.

Banyak barang berserakan (Instagram @caraifriedaman)

Lama ditinggalkan, kesan horor mulai muncul. Bangunannya mulai menua, gelap dan sangat lembab. Bagian dalamnya sangat berantakan seperti ditinggalkan secara buru-buru sehingga semua peralatan medis, jas dokter, kursi bahkan dokumen dan barang pasien masih bisa ditemukan.

Banyak kisah seram yang beredar

Karena dikenal angker, maka banyak warga yang datang untuk ‘uji nyali’ dalam rumah sakit tersebut. Mereka ingin membuktikan eksistensi hantu penghuni dan roh-roh jahat yang tinggal disana. Menurut penuturan beberapa pengunjung, mereka mendengar suara teriakan dan tangisan dari lorong rumah sakit tersebut. Suara keramaian layaknya tempat pengobatan yang masih beroprasi secara normal.

Banyak kisah seram yang beredar (Saigoneer)

Selain itu ada beberapa orang yang mendapatkan luka cakaran secara misterius. Luka tersebut seakan dibuat oleh binatang dengan kuku tajam yang panjang. Beberapa orang mengaku mengalami trauma mendalam setelah masuk ke bangunan tersebut dan bertemu dengan hantu penghuni.

Cerita film yang bikin merinding

Dalam film garapan sutradara Jeong Beom Sik ini mengisahkan tentang 7 orang yang tergabung dalam komunitas channel Youtube bernama Horror Times. Mereka melakukan uji nyali ke rumah sakit terseram tersebut sembari menyiarkannya secara live. Semua demi mendapatkan satu juta penonton dan uang sebanyak-banyaknya.

Cerita film yang bikin merinding (bloody-disgusting.com)

Di film ini penonton tak akan menemukan gambaran hantu mengerikan yang menuntut balas dendam, atau latar musik khas yang bikin merinding. Namun berbagai pengalaman mistis dan teror kasat mata yang menimpa para pemain cukup membuat takut tak berkesudahan.

Selain di Korea, film yang dibintangi oleh Wi Ha Joon, Park Sung Hoon, Lee Seung Wook, Oh Ah Yeon, Park Ji Hyun, Yoo Je Yoon, dan Moon Ye Won ini rencananya juga tayang di 47 negara. Sudah pasti Indonesia masuk salah satunya. Jika kamu penasaran, tunggu kehadirannya di layar kaca pada 30 Mei mendatang ya!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *