Bunda yang Lagi Hamil Muda, 8 Sensasi Ini Pasti Sudah Tuntas Dirasa

Mungkin ini juga menjadi seglintir alasan kenapa surga ada di telapak kaki ibu

324
SHARES

Kehamilan menjadi salah satu fase yang dilalui oleh seorang calon ibu. Menjadi kodrat yang paling membahagiakan dan juga mendebarkan dalam waktu yang bersamaan. Mungkin rasanya tak bisa diungkapkan dengan kata-kata ketika tau bahwa di perutmu sedang tumbuh seorang anak manusia. Yang kemudian kamu lakukan adalah menjaganya sebaik mungkin hingga saatnya si bayi melihat dunia.


Kehamilan tak hanya tentang kebahagiaan yang tiada tara, kehamilan juga tentang perjuangan. Kamu melewati masa-masa tak nyaman yang -mau tak mau- harus kamu rasakan. Banyak tantangan yang akan kamu hadapi, tantangan yang akan memberimu pengalaman berharga yang mungkin akan kamu ingat seumur hidup. Apalagi masa hamil muda atau yang juga disebut trimester pertama. Kamu yang saat ini sedang hamil muda, 8 sensasi ini pasti sudah tuntas kamu rasa.

Bunda yang lagi hamil muda (parents.com)

1. Rasa mual dan pening

Setelah mendapat kabar bahagia, perlahan tapi pasti kamu akan merasakan perubahan pada fisik. Terutama perut yang semakin lama semakin membesar. Di masa awal kehamilan ini, rasa mual dan pening menjadi teman akrab yang bisa menghampiri kapan saja. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen dan progesteron yang meningkat. Indra penciuman ibu hamil juga bisa meningkat. Tak heran jika kamu gampang mual karena mencium aroma tajam.

Rasa mual dan pening (SheKnows)

2. Rajin ke kamar mandi

Untuk ibu hamil, uterus yang membesar akan semakin menekan kandung kemih sehingga memperkecil kapasitasnya. Hal ini menyebabkan kamu lebih sering buang air kecil dan bolak-balik kamar mandi. Bahkan bisa keluar urin saat sedang bersin ataupun ketawa. Meski awalnya sangat merepotkan, lama-kelamaan kamu terbiasa dengan hal ini.

Rajin ke kamar mandi (parentsneed.com)

3. Mudah lelah dan pegal

Meskipun tidak melakukan pekerjaan berat, tubuh seorang ibu yang sedang hamil akan mudah mengalami lelah dan pegal. Hal ini karena hormon progesteron sedang tinggi-tingginya sehingga kamu dituntut untuk banyak istirahat. Tapi bukan berati tak bergerak, kamu tetap harus olahraga ringan untuk menjaga kesehatan. Jangan lupa jaga asupan zat besi dan juga protein.

Mudah lelah dan pegal (sheknows.com)

4. Ngidam sampai nggak doyan makan

Ibu hamil pasti akrab banget ya sama istilah ngidam. Saat masa kehamilan, nafsu dan selera makan memang bisa berubah drastis. Ada kalanya kamu ngidam makanan yang sebelumnya kamu benci, atau malah kamu nggak doyan makan meskipun disuguhkan makanan kesukaan. Dalam hal ini suami harus benar-benar sabar dan juga cerdas. Iya, cerdas menghadapi kamu kalau lagi ngidam yang aneh-aneh.

Ngidam sampai nggak doyan makan (cambridge.org)

5. Gampang begah dan pencernaan susah

Saat hamil mungkin kamu merasakan sensasi ini. Perut yang gampang begah dan juga pencernaan yang tak lancar. Karena memang saat hamil, pergerakan makanan akan melambat agar nutrisi benar-benar terserap dan sampai ke janin. Tapi hal ini bisa menyebabkan konstipasi. Kamu harus ubah pola makan ke porsi yang lebih kecil dan lebih sering. Perbanyak makanan bergizi dan berserat juga penting lho bun.

Gampang begah dan pencernaan susah (SheKnows)

6. Suasana hati yang tak menentu

Tak hanya mempengaruhi fisik, kehamilan juga bisa mempengaruhi psikologis dan suasana hati. Mood ibu hamil sungguh tak menentu. Sekarang dia tertawa lepas, beberapa menit kemudian bisa nangis sesenggukan. Tadi pagi bahagia, siang emosi nggak ketulungan. Suami harus benar-benar sabar dalam hal ini.

Suasana hati yang tak menentu (vishwagujarat.com)

7. Ibu hamil juga ingin bermesraan

Mungkin poin ini nggak berlaku untuk semua, karena ada beberapa orang yang justru tak ingin didekati ketika hamil muda. Tapi untuk sebagian orang, kehamilan membuat perasaan ingin dicintai begitu membara. Kamu perlu merasa disayangi dan dilindungi oleh pasangan. Hal ini juga akan membantu menjaga psikologis hubungan suami istri.

Ibu hamil juga ingin bermesraan (grinningweasel.com)

8. Perubahan drastis pada trimester pertama

Bagi yang pertama mengalami ataupun belum pernah sama sekali merasakan, kehamilan mungkin menjadi momok menakutkan. Kehamilan akrab dengan rasa tidak nyaman dan berbagai perubahan baik fisik maupun mental. Mungkin kamu terkadang merasa terpuruk dan begitu takut menghadapi kehamilanmu, tapi membayangkan buah hati yang ada dalam kandungan membuatmu semakin kuat. Kamu belajar menerima semua perubahan yang terjadi dan mulai menikmati ketidaknyamanan.

Perubahan drastis pada trimester pertama (kellidease.com)

Menjadi ibu hamil memang bukan hal yang mudah, apalagi hamil muda. Kamu harus percaya, pengorbanan dan perjuanganmu ini tak akan sia-sia. Jadi, tetap semangat ya bunda!

324
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"