Selain Rencana Liburan, Inilah 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Akhir Tahun

Persiapkan dirimu menjalani tahun yang baru…

Mendekati akhir tahun, biasanya kebanyakan dari sudah menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan liburan. Baik itu tempat wisata mana yang mau dituju, ataupun mau mengisi acara apa saat liburan akhir tahun tiba.

Liburan akhir tahun (tribunnews.com)

Namun sebenarnya, bukan hanya persoalan liburan yang bisa kita lakukan saat akhir tahun tiba. Ada hal-hal lain yang lebih penting untuk kita lakukan saat akhir tahun sudah di depan mata. Hal-hal apa saja yang penting kita lakukan selain liburan akhir tahun?

Akhir tahun moment yang tepat untuk introspeksi diri

Hal yang lebih penting dari sekedar ngomongin liburan saat akhir tahun ialah soal instrospeksi diri. Introspeksi diri sangat baik kita lakukan sebagai evaluasi hal-hal apa saja yang sudah kita capai selama satu tahun ini, dan kekurangan apa saja yang harus dibenahi agar tahun depan bisa lebih baik.

Introspeksi diri pada akhir tahun (asritadda.com)

Introspeksi diri saat akhir tahun perlu dilakukan agar kita mengetahui kekurangan apa saja pada tahun tersebut. Selain itu, introspeksi diri juga akan mengenal diri dengan segala capaian yang sudah dilakukan selama satu tahun ini. Jika ada yang belum tercapai, maka bikin strategi baru untuk menggapainya di tahun baru nanti.

Membuat resolusi untuk tahun baru

Selain melakukan introspeksi diri, penting kiranya kamu membuat sebuah resolusi untuk menghadapi tahun baru nanti. Apa itu resolusi tahun baru? Resolusi tahun baru sendiri bermakna pernyataan komitmen yang kita buat mengenai apa yang akan kita lakukan ataupun cita-cita yang akan kita capai di masa yang akan datang.

Artinya, saat akhir tahun tiba sebaiknya kamu membuat rencana hidup untuk tahun baru nanti. Tidak hanya berupa rencana, namun juga harus berupa komitmen dalam diri untuk merealisasikan rencana tersebut di tahun yang akan kamu jalani nanti.

Resolusi di tahun baru (liputan6.com)

Contoh bentuk resolusi yang bisa kamu buat ialah, semisal di tahun 2018 nanti saya harus menurunkan berat badan sehingga memiliki tubuh ideal. Atau bisa juga, di tahun 2018 nanti saya harus bisa lancar berbicara bahasa asing.

Resolusi akan berhasil tercapai jika dalam pembuatannya dibarengi dengan langkah-langkah strategis yang harus dilakukan, target yang jelas, serta keinginan dan komitmen yang kuat untuk menggapainya.

Resolusi sangat perlu kamu buat, manfaatnya apa? Dengan resolusi kamu sudah memiliki arah yang jelas terkait hal-hal apa yang akan kamu tuju di tahun baru nanti. Selain itu, resolusi juga bisa menjadi motivasi kamu untuk perkembang menjadi individu yang semakin lebih baik dari tahun sebelumnya.

Merencanakan keuangan kamu di tahun baru nanti

Persoalan keuangan juga menjadi hal yang penting untuk kamu rencanakan. Agar nantinya kamu tidak merasa boros dalam pengeluaran, alangkah lebih baiknya kamu melakukan perencanaan keuangan terlebih dahulu di akhir tahunmu.

perencanaan keuangan di akhir tahun (bisnisukm.com)

Perencanaan keuangan juga bisa mencakup persoalan pekerjaan, bisnis, atau investasi apa yang akan kamu jalani di tahun baru nanti. Hal ini perlu dilakukan agar jika kamu melakukan evaluasi keuangan akhir tahun nanti tidak merasa “uangku selama satu tahun ini kemana yah?”

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat akhir tahun tiba. Jadi jangan habiskan sisa akhir tahunmu hanya untuk berlibur dan bersenang-senang yah, tapi lakukan juga hal-hal baik untuk dirimu dan masa depanmu.

Amin Aulawi (Aw)

Written by Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

5 Hal Penting Tentang Difteri yang Sedang Mewabah di 20 Provinsi

Menuliskan Gelar Akademis di Undangan Pernikahan: “Kamu Mau Nikah Apa Seminar?”