Nih Sejarah Hantu Indonesia yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Jadi, udah pernah ketemu yang mana?

Hantu-hantu Indonesia memang dikenal paling nyentrik dengan penampilannya yang cukup mengerikan. Bahkan ada yang menilai hantu Indonesia jauh lebih menyeramkan dibanding hantu negara lain. Nggak salah sih, saking horornya hantu Indonesia bahkan menjadi tokoh utama dalam film-film bergenre horor.

Baca juga : Nggak Cuma Indonesia, Bahasa Jawa Juga Digunakan 6 Negara Ini Untuk Percakapan Sehari-hari

Sejarah hantu Indonesia (Info Serem – blogger)

Tapi nggak cuma sekedar serem, hantu Indonesia juga sering dikaitkan dengan legenda-legenda maupun mitos dan cerita yang tak jarang bikin merinding. Meskipun begitu banyak orang yang justru penasaran ingin melihat dimana hantu berada. Sebelum kamu ketemu sama salah satu dari mereka, nggak ada salahnya lho tau sejarah asal muasal hantu-hantu berikut ini.

Pocong

Makhluk yang juga dikenal sebagai hantu ‘Sugus’ ini rupanya jadi yang paling populer dan paling ditakuti oleh orang-orang. Konon menurut rumor yang beredar, pocong ini gentayangan karena manusia yang meninggal tali pocongnya lupa dilepas saat akan dikuburkan.

Pocong (keepo.me)

Kemudian dia berkeliling untuk meminta bantuan agar tali pocongnya dibuka. Sosok pocong ini juga dipercaya menghuni lahan yang dipenuhi dengan pohon pisang. Nggak masuk akal sih tapi masyarakat sudah terlanjur percaya dengan mitos ini.

Tuyul

Hingga saat ini, tuyul digambarkan sebagai sosok anak kecil yang suka mencuri uang manusia. Menurut mitosnya sih, hantu tuyul ini berasal dari janin yang gagal dilahirkan atau keguguran. Ada juga yang bilang, tuyul adalah anak hasil aborsi.

Tuyul (novel.id)

Sosok tuyul ini menurut kepercayaan Jawa sering digunakan untuk pesugihan. Mereka dipelihara untuk mencuri uang masyarakat sekitar. Bahkan kamu bisa menemukan situs jual beli tuyul di internet.

Kuntilanak

Faktanya, kata ‘Kuntilanak’ sudah muncul dalam KBBI yang artinya hantu wanita yang suka mengganggu wanita-wanita yang akan melahirkan. Menurut legendanya sih kuntilanak ini adalah hantu seorang wanita yang meninggal saat akan melahirkan hingga mengganggu wanita yang hendak melahirkan karena mencari anaknya tersebut.

Kuntilanak (idntimes.com)

Meskipun begitu, ada juga yang menuturkan bahwa kuntilanak adalah hantu wanita perawan yang meninggal secara tak wajar. Sosok kuntilanak ini biasanya menunggu pohon-pohon besar nan rindang. Terkadang juga di bangunan-bangunan kosong yang lama tak terpakai.

Wewe gombel

Sosok wewe gombel ini awalnya muncul dari tradisi suku Jawa Kuno untuk menakut-nakuti anak yang bermain hingga malam hari. Awalnya para orang tua takut anak mereka dimakan binatang buas, mengingat jaman dulu belum ada listrik dan penerangan lainnya.

Wewe gombel (beritabrantas.com)

Wewe gombel sering digambarkan sebagai wanita tua yang memiliki payudara besar dan panjang hingga menyentuh tanah. Sosok ini dipercaya pertama kali muncul di daerah bukit Gombel, Semarang, Jawa Tengah.

Suster Ngesot

Tak seperti hantu lainnya, suster ngesot bisa dibilang baru dalam dunia perhantuan. Salah satu versi mengatakan, suster ngesot berasal dari panti jompo di Jawa Barat. Ceritanya ada seorang wanita keturunan Belanda yang menganut ilmu hitam. Wanita ini kemudian emmbunuh semua penghuni panti karena dendam.

Suster ngesot (seruni.id)

Warga yang marah kemudian menghakimi wanita tersebut dan memukuli kakinya hingga hancur. Lalu suster tersebut muncul sebagai hantu wanita mengesot karena tak bisa berjalan. Legenda suster ngesot ini juga dipercaya muncul di beberapa rumah sakit.

Kamu boleh percaya dan boleh juga tidak tergantung keyakinan masing-masing saja. Yang jelas sih ini hanya legenda yang belum tentu terbukti kebenarannya.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

“You can if you think you can”

Meninggalkan atau Ditinggalkan: Dualisme Kegalauan yang Mustahil Diabaikan

Inilah 5 Prediksi Ilmuwan Tentang Kecanggihan Teknologi di Tahun 2050