Sebenarnya Tidak Ada Pilihan yang Salah, Kamu Hanya Tak Siap Dengan Konsekuensinya

Sebelum membuat keputusan, pikirkan dulu konsekuensi yang akan kamu hadapi

“Sepertinya aku sudah mengambil keputusan yang salah”
“Aku membuat kesalahan, aku mengambil pilihan yang keliru”

Baca juga : Setiap Orang Memiliki Ujian Hidup Masing-masing, Bukti Bahwa Hidup Benar-Benar Adil

Sebenarnyalah, di dunia ini tidak ada keputusan yang salah dan sebaliknya tidak ada keputusan yang paling benar. Semua keputusan dan pilihan yang sudah kamu ambil memiliki konsekuensinya masing-masing. Konsekuensi inilah yang harus kamu terima dan hadapi dengan lapang. Tapi mungkin kamu pernah merasa mengambil keputusan atau pilihan yang salah? Bukan salah, hanya saja kamu tidak siap dengan konsekuensi dari keputusan yang kamu ambil.

Tidak ada pilihan yang salah (maybusch.com)

Pilihan yang kamu ambil sudah benar, karena kami yakin kamu sudah mempertimbangkannya dengan hati-hati dan sangat matang. Namun konsekuensi di balik pilihan itulah yang ternyata tidak sesuai dengan harapan dan ekspetasi yang kamu bayangkan. Hingga akhirnya kamu menganggap bahwa pilihanmu salah.

Tidak ada jalan lain, kamu harus menghadapinya

Waktu tidak bisa diputar, pun juga keputusan yang telah kamu ambil tidak bisa ditarik lagi. Meskipun tak sesuai harapan, cobalah untuk menerimanya dan bersenang-senang dengan apa yang sudah kamu putuskan. Misalnya saja harus berjauhan dengan pasangan karena profesi yang berbeda atau karena kamu memilih mengutamakan pendidikan. Nikmati saja jarak yang sudah kamu buat, toh nantinya kalian akan bersama lagi jika kamu sabar dan menerima yang sudah kamu ambil.

Tidak ada jalan lain, kamu harus menghadapinya (picjumbo.com)

Atau misalnya kamu menyesal mengambil keputusan untuk menikah sehingga tak bisa sebebas seperti saat kamu masih lajang. Bukankah keputusan menikah ini kamu ambil secara sadar? Toh sebelumnya kamu juga paham bagaimana konsekuensi hidup berumah tangga. Lebih baik nikmati daripada terus-menerus membandingkan kehidupan setelah menikah dan kehidupan lajang.

Karena penyesalan hanya akan membuatmu makin merasa bersalah

Serius, kalau kamu terus saja menyesali keputusan yang telah kamu buat secara sadar, kamu hanya akan makin merasa bersalah. Bersalah kepada diri sendiri dan orang-orang sekitar hingga akhirnya hanya bisa menyalahkan keadaan. Nikmati saja, toh konsekuensi tidak selamanya buruk. Ketika kamu sudah bisa menikmati pilihan yang kamu ambil, kamu akan sadar ada hal-hal baik yang datang.

Karena penyesalan hanya akan membuatmu makin merasa bersalah (picjumbo.com)

Ubah sudut pandang yang selama ini hanya melihat satu sisi saja. Lihatlah dari sisi lain dan coba untuk menikmatinya. Jika kamu merasa senang, hidupmu juga akan berubah menjadi menyenangkan meskipun secara perlahan.

Daripada galau, gelisah, sedih dan merasa bersalah akan keputusan yang sudah kamu ambil. Bagaimana kalau menikmati secangkir kopi sembari mengucap syukur karena masih bisa menikmati kehidupan siang ini?

Selamat beraktivitas, semoga harimu menyenangkan!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Pada Akhirnya, Menghiraukan Kesedihan Hanya Akan Membuatmu Lebih Merana

Apapun Alasanmu, Jangan Meninggalkan yang Baik demi yang Terbaik