Guys, Sebenarnya Biaya Nikah Itu Murah. yang Mahal Itu Gengsinya!

Jangan tunda kehalalan cintamu hanya gara-gara persoalan biaya.

2k
SHARES

Banyak kaum muda yang harus terpaksa menunda menikah karena persoalan biaya, bahkan untuk saat ini biaya pernikahan bisa mendekati ratusan juta. Inilah kemudian yang menjadi persoalan tersendiri bagi kaum muda untuk memberanikan diri duduk dipelaminan.


Menikah gak harus mewah asal berkah (debtsolutions-gatineau.ca)

Namun apakah sebuah pernikahan harus bergantung pada uang? Jika jawabannya ia, maka benar, jika cinta tanpa materi itu hanya ilusi. Namun jika jawabannya tidak, maka memang tidak ada yang lebih berharga daripada sebuah cinta.

Kisah pemuda menikah dengan modal 200 Ribu

Jika kita masih beranggapan menikah itu mahal, ada sedikit cerita tentang seorang pemuda yang menikah hanya modal 200 ribu rupiah. Ceritanya seorang pemuda menyukai seorang gadis, orang tua gadis tersebut pun tahu akan rasa yang dimiliki anak muda tersebut kepada anak gadisnya. Lalu dipanggillah sang pemuda untuk menghadapnya.

Menikah gak perlu mewah asal berkah dan sah (bocahbancar.files.wordpress.com)

Saat pemuda tadi menghadap kepada orang tua gadis, sang ayah gadis memberikan tantangan sebagai cobaan keseriusan pemuda tadi untuk mendapatkan anaknya. Tantangannya ialah ia harus menikahi anaknya saat itu juga. Tantangan tersebut dengan syarat tidak meninggalkan rukun dan sunahnya nikah.

Sang pemuda pun menyanggupinya, ia pulang dan memberi tahu keluarganya akan perihal tersebut. Namun saat itu sang pemuda hanya memiliki uang 200 ribu. Akhirnya pernikahan pun berlangsung, hanya bermodal 200 ribu, sang pemuda membeli Al Qur’an dan pulsa.

Menikah sederhana yang penting rumah tangga bahagia (elmina-id.com)

Acara ijab qabul pun berlangsung, pemuda tersebut memberikan mas kawin Al Qur’an yang ia belinya seharga 70 ribu, dan uang tunai 10 ribu. Adapun uang sisa yang ia miliki untuk membeli beberapa jenis buah sebagai hidangan acara tersebut.

Pernikahan dilakukan dengan Wali orang tua gadis tersebut, dan dua orang saksi dari kerabat yang hadir. Sebagai pemenuh syarat sunah, sang pemuda memberitahukan pernikahan tersebut kepada teman dan kerabat yang jauh, dengan menggunakan pesan singkat atau sms. Dengan demikian syarat wajib dan sunah pernikahan telah dilakukan pemuda ini.

Kisah pernikahan diatas hanyalah cerita fiktif. Namun dari kisah tersebut, kita bisa mengambil pelajaran jika sebenarnya biaya pokok menikah itu sangatlah murah. Tidak harus mengeluarkan uang berjuta-juta. Lalu apa yang membuatnya terasa mahal, sehingga sangat memberatkan?

Gengsi yang membuat biaya menikah melambung tinggi

Mahalnya biaya pernikahan tidak terlepas dari persoalan gengsi kedua mempelai, dan kedua keluarga besar yang ada di belakang acara tersebut. Persoalan menyewa gedung megah, rias pengantin yang mewah, mas kawin yang waah, catering yang berkelas, sampai acara hiburan artis papan atas, menjadi pernikahan terdengar sangat menakutkan bagi anak muda.

Hal-hal yang tidak begitu penting menjadi biaya menikah membengkak (keepo.me)

Pernikahan bukan hanya soal cinta dan sex, namun juga ada syari’at agama yang sangat erat kaitannya dengan pernikahan. Jadi, untuk melakukan pernikahan kita tidak bisa memungkiri peraturan-peraturan agama, sebagai syarat sahnya sebuah pernikahan.

Mahalnya biaya pernikahan. Bagaimana menurut agama?

Sebagaimana dijelaskan diatas, pernikahan bukan melulu persoalan cinta dan sex, namun juga persoalan agama. Bahkan dalam Islam, belum dikatakan sempurna agama seseorang jika belum melakukan pernikahan. Jadi dalam membahas persoalan pernikahan, kita tidak bisa mengesampingkan persoalan agama. Termasuk dalam soal mahalnya biaya pernikahan.

Menikah yang sederhana justru yang berkah (griyapernikahan.files.wordpress.com)

Dalam agama Islam, persoalan pernikahan dianjurkan dilakukan dengan semudah-mudahnya, termasuk dalam urusan mas kawin. Ada beberapa hadist yang menerangkan hal ini, seperti hadist yang berbunyi خَيْـرُ النِّكَـاحِ أَيْسَـرُهُ yang artinya sebaik-baiknya pernikahan ialah yang mudah. Dalam hadist lain disebutkan, إِنَّ أَعْظَمَ النَّكَـاحِ بَرَكَةً أَيَْسَرُهُ مُؤْنَة yang artinya pernikahan yang paling besar keberkahannya ialah yang paling mudah maharnya.

Kedua Hadist tersebut jelas memberikan pesan jika dalam pernikahan tidaklah perlu dipersusah dengan biaya yang mahal, bahkan pernikahan lebih besar barokahnya jika maharnya mudah. Bahkan dalam suatu kisah, pada jaman Rasulullah ada seorang pemuda yang menikah dengan mas kawin sandal jepit, dan Rasulullah membolehkannya.

Dalam persoalan pernikahan hendaklah dipermudah biar berkah (satujam.com)

Jadi, pada hakikatnya persoalah nikah yang diperintahkan agama itu sangat murah dan mudah. Cukup ada mempelai putri, mempelai putra, wali nikah, saksi nikah, dan lafadz ijab qobul, pernikahan sudah sah. Adapun sebagai sunah kita bisa memanggil sanak saudara dan kerabat untuk berkumpul menikmati hidangan seadanya sembari mendoakan kedua mempelai.

Jadi jangan takut dengan persoalan pernikahan guys, jika kamu merasa sudah siap dan sudah waktunya menikah, maka menikahlah. Jangan tunda kehalalan cintamu hanya gara-gara persoalan biaya.

2k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,