Sebelum Tinggal Sama Mertua Siapkan Dulu 5 Hal Ini Ya, Biar Nggak Konflik Setelahnya

Nggak semengerikan itu kok~

396
SHARES

Menentukan tempat tinggal paska pernikahan memang tak boleh main-main. Beruntunglah pasangan yang sudah menyiapkan rumah sendiri, tapi juga kabar baik untuk mereka yang berencana tinggal dirumah mertua untuk sementara. Percayalah, ini termasuk kabar baik karena kamu bisa jauh lebih dekat dengan mertua dan keluarga pasangan.


Tinggal dengan mertua (huffpost.com)

Meskipun begitu, tinggal dengan orang tua paska pernikahan tidaklah mudah. Bahkan menjadi momok bagi sebagian orang. Bukan tanpa alasan, banyak yang bilang tinggal sama mertua itu ribet, sering “makan hati” hingga tak bisa memiliki privasi. Tapi jika memang kamu sudah menentukan akan tinggal dengan mertua, akan lebih baik kamu menyiapkan beberapa hal. Berikut ini yang perlu kamu siapkan sebelum tinggal sama mertua.

1. Tak hanya jadi istri, kamu juga jadi menantu dari mertuamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah adaptasi. Inilah mengapa kamu harus mengenal keluarga pasangan bahkan jauh sebelum kalian menikah. Agar setelah menikah kamu bisa adaptasi dengan mudah. Saat tinggal dirumah mertua, kamu tak hanya jadi istri suamimu, kamu juga seorang menantu dari mertuamu.

Tak hanya jadi istri, kamu juga jadi menantu dari mertuamu (huffpost.com)

Karena kamu orang baru dalam rumah tersebut, kamu harus tau apa saja “peraturan” yang diterapkan, apa saja kebiasaan dan kesukaan mertua serta bagaimana sifat-sifat penghuni lainnya. Mungkin di awal terasa sangat berat, tapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa.

2. Jangan malas!

Orang tua pasangan akhirnya akan menjadi orang tuamu juga, rumahnya pun akan menjadi tempat tinggal bagimu. Meskipun begitu akan terasa sangat berbeda ketika kamu tinggal di rumah mertua dengan di rumah sendiri. Menghilangkan kebiasaan malas harus kamu lakukan. Jangan hanya diam dikamar sementara tumpukan piring kotor menjadi pemandangan.

Jangan malas (huffpost.com)

Latihlah kepekaanmu untuk urusan rumah. Karena gerak-gerik dan tindak-tandukmu akan menjadi penilaian tersendiri untuk mertua. Tunjukkan kamu berubah secara positif setelah menikah, terutama dalam urusan rumah agar mertua tak ragu lagi kepadamu.

3. Akan selalu ada kecemburuan antara kamu dan mertua

Sebelum menikah, suamimu adalah anak laki-laki kesayangan ibunya. Anak laki-laki yang dibesarkan hingga kini telah menikah denganmu. Meskipun sudah menjadi suamimu, dia tetap saja ingin anaknya selalu memperhatikannya. Oleh karena itu rasa cemburu seringkali muncul.

Akan selalu ada kecemburuan antara kamu dan mertua (huffpost.com)

Mertuamu mungkin berusaha keras agar bisa menghabiskan waktu bersama pasanganmu atau sekedar mencuri-curi perhatiannya. Untuk masalah ini lebih baik kamu bicarakan dengan pasangan agar tak menimbulkan pertikaian.

4. Mertua yang suka nyuruh, siapin kesabaran ya!

Di beberapa kasus kadang sering ditemui mertua yang suka menyuruh-nyuruh menantu. Menurut beberapa orang tindakan mertua ini termasuk memanfaatkan kamu sebagai orang baru dalam rumahnya. Tapi sesungguhnya ini adalah tanda bahwa kamu sudah menjadi orang yang dekat bagi mertua.

Mertua yang suka nyuruh (huffpost.com)

Mereka merasa kamu sudah menjadi anaknya dan bagian dari keluarga. Oleh karena itu mereka menyuruh karena sudah percaya padamu. Lakukan saja selama kamu mampu, toh kamu juga bisa nabung pahala dengan melaksanakan perintah orang tua.

5. Siapkan privasi, kamu tetap butuh itu

Menjaga privasi di rumah orang tua bisa dibilang susah-susah gampang. Meskipun kamu dengan sangat rapat menutupi masalah, orang tua akan tau juga pada akhirnya. Beruntung jika mertua membiarkanmu menyelesaikan masalahmu sendiri. Parahnya jika mereka juga ikut campur.

Tetap butuh privasi (rd.com)

Lebih baik bicarakan dengan pasangan bagaimana kalian akan mengatur privasi nantinya. Jangan sampai ada campur tangan dari pihak lain yang justru akan membuat masalah semakin runyam. Kalian juga butuh privasi yang lebih luas sebagai pasangan suami istri.

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu siapkan mulai sekarang. Bagaimanapun juga mertua adalah orang tua yang harus kamu hormati layaknya orang tua sendiri. Jaga sikap dan bangunlah hubungan yang baik dengan mertua ya!

396
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"