Sebab Tidak Ada Kata ‘Terlanjur’ Dalam Cinta, Maka Berhentilah Mengatakannya

Memahami makna kata terlanjur cinta yang sering diucapkan

Sering orang mengatakan “Sudah terlanjur cinta” dalam sebuah hubungannya. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kata-kata terlanjur, namun jika disandingkan dengan kata cinta, maka makna yang terbentuk pun berkonotasi negatif bagi hubungan tersebut.

Jangan katakan terlanjur cinta (pexels.com)

Mengatakan terlanjur cinta sama saja dengan menyesali rasa cintanya yang tumbuh kepada seseorang. Secara tidak langsung jika kamu mengatakan terlanjur cinta, itu artinya kamu menyesal mencintai seseorang, namun mau gimana lagi rasa cinta terlanjur tumbuh dalam hatimu.

Mengatakan terlanjur cinta sama dengan menyesali sebuah cinta

Tidak dipungkiri, jika kita mendengar seseorang mengatakan terlanjur cinta, maka ada sebuah pesan yang hendak disampaikan jika sebenarnya dia tidak menginginkan cinta itu ada. Namun nyatanya cinta terlanjur mekar du dalam hatinya.

Tidak ada penyesalan dalam cinta (pexels.com)

Pernyataan terlanjur cinta juga bermakna penyesalan dalam cinta yang ia jalani. Tentu jika ini yang kamu rasakan sangat tidak enak, sebab cinta diciptakan bukanlah untuk disesali. Mengatakan terlanjur cinta juga sebagai bentuk sikap pasrah kamu terhadap hubungan yang kamu jalani.

Mengatakan terlanjur cinta berarti kamu tidak benar-benar telah jatuh cinta

Cinta yang tulus tidak akan ada kata terlanjur, ia tidak akan menimbulkan keraguan bagi siapa saja yang merasakannya. Cinta sejati juga tidak mengenal kata terlanjur, sebab jika sudah mencintai, apapun kondisi pasanganmu, atau serumit apapun kondisi hubunganmu, kamu akan mampu menghadapinya dengan kekuatan cinta yang akan membuat apa yang seharusnya berat, dan layak disesali menjadi ringan dan membahagiakan.

Kamu tidak benar-benar sedang jatuh cinta (pexels.com)

Sifat cinta itu tulus, jika masih ada penyesalan dalam hatimu itu artinya masih belum sempurna cinta yang ada dalam dirimu. Itu artinya saat kamu mengatakan terlanjur cinta, bukan cinta yang kamu sesali, namun hubungannya yang kamu sesali. Jadi, sebenarnya selama ini kamu tidak mencintainya namun terlanjur menjalani hubungan dengannya.

Berhentilah membohongi dirimu sendiri dengan kata terlanjur cinta

Selalu mengatakan terlanjur cinta itu artinya kamu memohongi dirimu sendiri soal cinta. Sebenarnya kamu tidak mencintainya, namun kamu sudah memaksakan diri untuk bersamanya. Sebab jika kamu benar-benar mencintainya, sudah tentu tidak akan ada kata terlanjur.

Katakan cinta jika memang cinta, dan katakan tidak jika memang tidk mencintainya (pexels.com)

Jika kamu merasakan perasaan yang membuat kamu ingin mengatakan “Aku terlanjur mencintainya” percayalah, itu artinya kamu sedang membohongi dirimu sendiri untuk terus bersamanya meskipun ketidaknyamanan dan ketidakbahagiaan menyelimutimu.

Ingat, hakikatnya cinta diciptakan kepada manusia untuk menumbuhkan rasa tentram, nyaman, dan bahagia. Bukan sebuah penyesalan yang dibalut kata terlanjur. Jujurlah pada diri sendiri soal jika jika kamu ingin merasakan bahagia dari cinta.

Tulis Komentarmu
Amin Aulawi (Aw)

Written by Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

‘Pikipik’ dan Frasa-Frasa Lucu Lain yang Viral di Kalangan Anak 90’an

Cewek Itu Tetap Haus Rayuan Kok, Nggak Peduli Gombal Atau Beneran