Demi Kelahiran Si Buah Hati, Seorang Ibu Harus Merasakan Sakit yang Setara dengan Patah 20 Tulang Sekaligus

Setelah tahu faktanya, rasa cinta dan sayang kita pada ibu pasti makin bertambah!

Bagi seorang ibu, proses melahirkan tentu dinanti dengan perasaan campur aduk. Ada rasa haru dan bahagia karena akan segera bertemu dengan si buah hati yang sudah dikandung selama sembilan bulan, dan ada rasa cemas yang menegangkan karena tahu bahwa melahirkan adalah proses yang amat menyakitkan.

 

Untuk membantu kelahiran si buah hati, seorang ibu memerlukan energi yang begitu banyak selama proses persalinan. Belum lagi kenyataan bahwa melahirkan juga bisa menjadi pertaruhan nyama yang menyangkut hidup-mati ibu dan anaknya. Maka tak heran kalau cinta kasih seorang ibu pada anaknya akan selalu tulus dan tak tergantikan dengan apapun jua.

Tahap persalinan

Bagi calon ibu yang belum mengetahui, proses persalinan dilakukan dalam empat tahap, yaitu tahap pembukaan, tahap mengeluarkan bayi, tahap mengeluarkan plasenta, lalu tahap pengawasan terhadap resiko bahaya pendarahan. Untuk mengeluarkan bayi, ada dua jenis proses yang akan dilakukan sesuai kebutuhan, yakni secara normal melalui vagina (pervaginam) atau melalui bedah sesar yang menyayat dinding perut dan dinding rahim (perabdominam).

Ada beberapa tahapan yang perlu dijalani seorang calon ibu saat akan melahirkan – merries.co.id

Menurut data, 90 persen wanita di dunia bisa melahirkan secara normal (pervaginam), dan hanya sedikit saja yang membutuhkan operasi sesar. Anehnya, saat ini justru banyak wanita yang memilih untuk melakukan operasi sesar ketimbang melahirkan secara normal dengan aneka alasan, mulai dari tidak ingin sakit, hingga menjaga bentuk vagina tetap seperti semula.

Melahirkan normal vs sesar – katalogibu.com

Padahal, melahirkan secara normal mempunyai banyak manfaat bagi ibu dan anaknya, mulai dari lebih cepat pulih, lebih cepat bebas bergerak, ikatan batin ibu dan anak yang lebih kuat, dan bayi jadi lebih sehat karena memiliki paru-paru yang lebih kuat. Hal ini dikarenakan saat ia lahir melewati vagina, ada proses pengangkutan oksigen ke jaringan-jaringan tubuh bayi yang menyebabkan bayi memiliki risiko gangguan yang lebih rendah.

Dengan manfaat sebanyak itu, kenapa seorang ibu masih ragu untuk melahirkan normal?

Sakitnya melahirkan sama seperti patah 20 tulang sekaligus

Saat waktu kelahiran mulai tiba, calon ibu akan merasakan nyeri di punggung, pangkal paha, serta mual dan ada dorongan yang terasa semakin besar. Secara alami, otot-otot di daerah rahim akan berkontraksi untuk membuka jalan lahir bagi bayi. Kontraksi tersebut akan membuat otot mengerut kencang dan mengakibatkan aliran darah di dalamnya terhambat. Rahim pun mengembang hingga 500 kali lebih besar dari semula karena menampung kandungan.

nakita.grid.id

Dalam sebuah persalinan, seorang ibu biasanya kehilangan hampir setengah liter darah. Tak hanya itu, rasa sakit yang teramat sangat hebat juga bisa terjadi. Meski demikian, masing-masing wanita akan mengalami tingkat rasa sakit yang berbeda-beda, tergantung ketahanan tubuhnya. Jadi jangan jadikan rasa sakit sebagai momok yang membuat calon ibu merasa takut untuk melahirkan normal, ya.

Sakitnya melahirkan setara dengan 20 tulang dipatahkan serentak – babygaga.com

 

Ketakutan seorang wanita melahirkan normal biasanya didasari oleh fakta bahwa ia akan mengalami rasa sakit sebesar 57 Del. Kalau kamu tidak tahu bagaimana menggambarkan sakitnya 57 Del, maka bayangkanlah ada 20 tulang dalam tubuhmu yang dipatahkan secara bersamaan. Kira-kira seperti itulah sakitnya. Manusia sendiri pada umumnya hanya mampu menahan rasa sakit hingga 45 Del. Oleh karenanya tidak mengherankan kalau sampai ada wanita yang pingsan atau bahkan meninggal dalam persalinan karena tak kuasa menahan rasa sakit.

Setelah mengetahui fakta ini, saya kian kagum dan menghormati pengorbanan para ibu untuk buah hatinya. Bagaimana denganmu?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Jujur Aja Deh, Sekian Dosa Masa Sekolah Ini Pasti Pernah Kamu Lakukan

Tidak Disangka, Ternyata Orang yang Suka Berkata Kasar Atau Kotor Merupakan Tanda Orang Cerdas