Nggak Cuma Pacar, Punya Sahabat yang Jauh Lebih Tua Juga Membawa Keuntungan!

Dan sekian hal ini tak akan kamu dapatkan jika berteman dengan teman sebaya

Pada dasarnya kamu bisa mencari teman dari berbagai latar belakang termasuk juga usia. Namun kebanyakan orang cenderung memilih teman yang usianya sama atau tidak terpaut jauh. Padahal, sama seperti memilih jodoh, teman yang jauh lebih tua juga tak kalah menyenangkan.

Tak cuma sekedar menyenangkan, berteman dengan orang yang lebih tua juga membawa keuntungan untuk dirimu maupun persahabatan kalian. Apa saja sih keuntungan tersebut?

Hidupmu bisa jauh lebih positif

Perubahan yang terjadi dalam hidupmu bisa jadi karena pengaruh teman-teman yang ada di sekelilingmu. Oleh karena itulah kamu harus pandai-pandai memilih teman dan sahabat. Jika kamu bisa memilih orang yang tepat, maka hidupmu yang semula biasa-biasa saja bisa jadi lebih berwarna. Pun bisa lebih belajar sehingga hidup jauh lebih positif.

Hidupmu bisa jauh lebih positif (Southern Living)

Termasuk saat kamu berteman dengan orang yang jauh lebih dewasa dan matang dalam usia. Mereka pasti memiliki lebih banyak pengalaman yang siap dibagikan. Ada banyak hal menarik yang akan kamu rasakan, misalnya dimintai pendapat tentang persiapan pernikahan, atau banyak cerita tentang pengalaman setelah menikah.

Pertemanan kalian nggak cuma tentang main kemana-mana

Berteman dengan yang sebaya pasti rasanya ingin pergi kemana-mana bersama. Main kesana-kemari sesuka hati, hingga melakukan apapun yang diinginkan. Namun jika berteman dengan orang yang lebih tua, pertemanan bukan hanya tentang “dolan” atau bersenang-senang saja.

Pertemanan kalian nggak cuma tentang main kemana-mana (keepinspiring.me)

Orang yang jauh lebih tua biasanya sudah bisa membedakan mana keinginan dan kebutuhan. Termasuk mana saja yang menjadi prioritas dalam hidup. Dengan begitu kamu akan sadar kalau hidup butuh perjuangan, sayang kalau waktu cuma dihabiskan untuk main-main doang.

Punya gambaran tentang masa depan

Seseorang yang usianya matang cenderung memiliki lebih banyak pengalaman soal kehidupan. Misalnya saja tentang pekerjaan, finansial hingga masalah jodoh. Nah jika berteman dengannya, kamu juga bisa ikut merasakan perjuangan dan proses hidup. Kamu bisa dapat banyak petuah sehingga tidak kebingungan lagi di masa depan.

Punya gambaran tentang masa depan (rd.com)

Setidaknya kamu bisa dapat “pegangan” apa yang harus dilakukan, tujuan apa yang akan dicapai atau bagaimana untuk mencapainya. Pun kamu bisa belajar dari kesalahan yang dia lakukan sehingga hidupmu lebih baik. Tentu berbagai hal di atas tak akan kamu dapat jika berteman dengan yang sebaya.

Jika kamu memilih orang yang tepat, maka semua keuntungan di atas akan kamu rasakan. Sama seperti pepatah yang mengatakan, “Jika kamu dekat-dekat dengan penjual parfum, maka kamu akan tertular wanginya. Namun jika dekat-dekat dengan penjaja ikan, maka bisa tertular bau amisnya”.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *