Sudahi Debat Kalian di Medsos, Karena Rich Brian Jelas Lebih Terkenal dari Agnez Mo!

Sebenarnya ngga penting siapa yang lebih terkenal. Tapi pembelaan fans militan mereka kian menyebalkan di media sosial!

Gara-gara karirnya kian moncer di kancah musik internasional, rapper Brian Immanuel yang dikenal sebagai Rich Chigga (kini Rich Brian) pun kemudian menjadi bahan pembanding untuk karier internasional Agnes Monica (dikenal juga sebagai Agnez Mo) yang dianggap ‘gitu-gitu aja~’ oleh banyak orang di Indonesia.

Sebenarnya tidak penting siapa yang lebih terkenal, apakah Rich Brian atau Agnez Mo. Namun masing-masing fans militannya saling serang di media sosial dan mengagung-agungkan idolanya. Saya sendiri cenderung ngga mau ambil pusing oleh hal sepele ini. Tapi kalau para fans tersebut masih ingin panjang berdebat menyebalkan di medsos, mari kita amati beberapa fakta yang akan menunjukkan siapa yang lebih terkenal diantara Brian atau Agnez! Saya sih #TeamRichBrian.

Jumlah subscribers di YouTube

Bagi banyak musisi, jumlah subscribers, views dan watch time di YouTube adalah hal yang penting. Maraknya pembajakan dan turunnya minat orang untuk membeli rilisan CD atau kaset musisi idolanya membuat platform digital menjadi salah satu solusi terbaik untuk memperkenalkan dan menjual musik. YouTube juga bisa menjadi sarana yang cukup relevan untuk mengetahui seberapa terkenal seseorang.

Rich Brian vs Agnez Mo (tribunnews)

Jika melihat jumlah subscribers-nya (per tanggal 12 Februari 2018), Rich Brian mempunyai 848.275 subscribers. Sedangkan Agnez Mo punya 281.235 subscribers. Kenapa Rich Brian bisa punya lebih banyak subscribers dibanding Agnez Mo yang sudah lebih dulu menggeluti dunia tarik suara? Ya, karena Brian memang lebih terkenal ketimbang Agnez~

Jumlah orang yang menonton video klip

Jumlah penonton di channel Agnez Mo (YouTube)

Kamu belum puas dengan perbandingan jumlah subscribers YouTube keduanya? Baiklah, sekarang kita bahas lagunya. Kalau kamu melihat masing-masing channel, video lagu ‘Long As I Get Paid’ milik Agnez Mo ‘hanya’ mampu mencatatkan jumlah penonton sebanyak 21 juta orang selama empat bulan terakhir. Padahal itu adalah video Agnez yang paling banyak ditonton.

Jumlah penonton video klip di channel Rich Brian (YouTube)

Bandingkan dengan ‘Dat $tick’ milik Brian yang berhasil mengumpulkan 85 juta penonton! Oh, ini kamu anggap tidak adil karena video tersebut sudah rilis setahun sebelumnya? Baiklah, kita pakai video ‘Glow Like Dat’ yang baru rilis lima bulan lalu, alias hanya sebulan lebih lama dari video lagu ‘Long As I Get Paid’ milik Agnez. Yup, video itu sudah ditonton oleh 44 juta pasang mata di seluruh dunia!

Album

Sebagai seorang musisi pendatang baru, Rich Brian membuktikan bahwa dirinya bukan sekedar musisi dengan bekal one hit wonder. Terbukti dengan album perdananya ‘Amen’ yang sukses merajai puncak iTunes kategori Hip Hop sekaligus menobatkannya sebagai satu-satunya penyanyi Asia yang pertama kali mampu menempati posisi teratas di tangga lagu iTunes.

Cuitan Brian di Twitter (twitter)

Bahkan musisi sekelas Kendrick Lammar pun bisa dikalahkan Brian. Tak heran jika nama Brian pun kian melambung dan masuk pemberitaan Billiboard (salah satu parameter musik dunia), Time, Forbes, Vice, NBC News, BBC, The Guradian, ABC News, dan yang masih segar: Late-Late Show asuhan James Corden.

Pendengar Spotify

Spotify Agnez Mo (spotify)

Sebagai salah satu platform digital untuk mendengarkan lagu yang favorit di kalangan anak muda, jumlah pendengar masing-masing di Spotify juga bisa jadi tolok ukur seberapa terkenal Rich Brian dan Agnez Mo. Kalau kita amati, Agnez Mo mampu meraih 82 ribu pendengar rutin perbulannya di Spotify. Sedangkan Rich Brian mampu menembus angka 4 juta pendengar perbulannya. Selain lebih dikenal, boleh jadi jika Rich Brian juga punya lagu-lagu yang lebih digemari ketimbang Agnez Mo.

Spotify Rich Brian (spotify)

Walaupun banyak sekali fakta yang menunjukkan bahwa Rich Brian lebih terkenal dibanding Agnez Mo (meskipun konon Agnez Mo memiliki lingkar pertemanan selebritis yang mengagumkan di industri musik internasional), namun saya tetap memegang pendapat awal bahwa tidak penting siapa yang lebih terkenal dari keduanya. Cukuplah kita para penggemar mendukung mereka sebisa mungkin agar terus berkarya dan membuka mata dunia bahwa Indonesia juga punya segudang talenta berbakat lainnya yang siap untuk bertarung di kancah internasional. Setuju?

Tulis Komentarmu
Dozan Alfian

Written by Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Sunat Perempuan: Pro, Kontra, dan Hal-Hal Ambigu di Dalamnya

5 Karakter Pemain Mobile Legend yang Paling Menyebalkan dan Menyebabkan Kekalahan