Jangan Pernah Memanaskan Sayur Bayam Lebih dari Sekali, Resikonya Ngeri!

Padahal kan sayang ya? Lha wong masih seger-seger legit gitu…

Pernahkah kamu mendengar atau membaca informasi bahwa kita tidak boleh memanaskan sayur bayam lebih dari sekali? Katanya sih, kalau kita sampai nekat memanaskan lagi sayur bayam yang kebetulan belum habis, maka bisa dipastikan sayur yang banyak digemari itu akan menjadi beracun!

Benarkah sayur bayam yang dipanaskan lagi bisa langsung beracun? | maggi.com.my

Benarkah demikian?

Sebelum mengetahui jawabannya, mari kita kaji dulu apa saja kandungan yang terdapat pada bayam. Perlu diketahui bahwa bayam memiliki kandungan nitrat yang sangat tinggi, dan para pakar kesehatan mengatakan, pemanasan yang terlalu sering akan mengubah nitrat menjadi penyebab kanker.

Dipercaya, kandungan nitrat yang sangat tinggi pada bayam akan menjadi penyebab kanker apabila dipanaskan berkali-kali. | cintaihidup.com

Di balik kabar mengerikan yang dipercaya banyak orang itu, sebenarnya, nitrat juga merupakan senyawa yang cukup stabil sehingga tidak mungkin berubah hanya karena pemanasan. Dengan kata lain, mengkonsumsi sayur bayam tidak akan menyebabkan kanker atau penyakit mengerikan lainnya.

Tapi, tetap hindari memanaskan lebih dari sekali

Sekarang, kekhawatiran tentang sayur bayam yang mendadak bisa berubah beracun sudah terselesaikan. Jadi, apa itu berarti kita boleh memanaskan sayur bayam dua kali atau lebih? Sayangnya, jawabannya tetap saja tidak boleh. Bukan karena kanker, tapi alasan yang lain.

Meskipun tidak menyebabkan kanker, tapi tetap saja, kita harus menghindari pemanasan sayur bayam lebih dari sekali. | resepkoki.id

Dalam bukunya yang berjudul ‘Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan’, tim Nutrifood Research Center  menyarankan agar kita menghindari pemanasan sayur bayam dua kali atau lebih. Alasannya, pemanasan yang terlalu sering akan mengurangi kandungan vitamin pada bayam itu sendiri.

Karena itu, mulai sekarang kamu harus membiasakan diri untuk menikmati sayur bayam sesaat setelah matang ya! Lagi pula, menurut saya, lebih baik bolak-balik ke warteg yang penjaganya jelas-jelas cakep, ketimbang harus makan lagi sayur yang dilihat saja sudah membuat perut eneg.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Manusia Hanya Memakai 10 Persen dari Kemampuan Otaknya, Mitos Atau Fakta?

Awas! Ternyata Terlalu Narsis di Media Sosial Juga Termasuk Gangguan Kejiwaan yang Serius Loh.