Faktanya, Duduk Adalah Aktivitas yang Bisa Membuatmu Mati Muda

Jadi, ayo budayakan berdiri!

847
SHARES

Selain pasangan, sofa dan kursi yang lembut adalah hal lain yang bisa membuatmu merasa nyaman. Meski begitu, bukan berarti kamu boleh duduk berlama-lama. Bukan karena tanda malas atau semacamnya, namun lebih karena duduk terlalu lama bisa membuatmu mati di usia muda!


Siapa sangka, aktivitas duduk yang nyaman ternyata bisa membuatmu mati di usia muda. – pexels.com

Ya, duduk dengan porsi berlebih adalah salah satu penyebab terkuat menurunnya kesehatanmu. Masih tidak percaya? Ini lima resiko terburuk kalau kamu nekad duduk delapan hingga 10 per hari dengan posisi yang sama.

1. Nyeri punggung

Ini biasa dialami oleh kamu yang bekerja di kantor, dimana duduk lama adalah hal yang harus kamu lakukan selama bekerja. Tidak tangggung-tanggung, kamu akan merasakan nyeri punggung yang teramat sangat pada bagian tulang belakang secara menyeluruh karena otot menjadi kaku.

Nyeri punggung pasti dirasakan oleh kamu yang terbiasa duduk lama saat bekerja. – charlottechironc.com

2. Gangguan fungsi metabolik

Duduk selama berjam-jam juga bisa mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh. Dan, efek yang ditimbulkan adalah terjadinya peningkatan kadar kolesterol yang mengakibatkan masalah kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Peningkatan kolesterol bisa mengganggu metabolisme tubuh secara keseluruhan. – beritasehat.co.id

3. Meningkatkan resiko diabetes

Khusus wanita, kebiasaan duduk selama tujuh jam per hari bahkan bisa meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2. Dan kalau kebiasaan buruk ini terus-menerus dilakukan, maka bersiaplah untuk mengidap penyakit ini di masa mendatang.

Terutama para wanita, kebiasaan duduk berjam-jam bisa meningkatkan resiko diabetes tipe 2. – everydayhealth.com

4. Nyeri di bagian leher

Selain nyeri punggung, kamu yang terbiasa duduk dalam posisi tegak selama berjam-jam juga sangat mungkin mengalami nyeri di bagian leher. Namun berbeda dari nyeri punggung yang disebabkan karena otot yang kaku, nyeri leher disebabkan karena adanya peradangan pada sendi-sendi tulang belakang.

Kamu yang biasa duduk dengan posisi tegak lurus, pasti merasakan nyeri leher yang teramat sangat. – dralexjimenez.com

5. Mati muda

Secara keseluruhan, semakin lama kamu duduk, maka semakin pendek juga usiamu. Ini karena duduk dengan durasi terlalu lama akan mengembangkan lemak darah dan meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Akibatnya, adalah serangan jantung yang bisa membunuhmu kapan saja.

Hati-hati, lemak darah dan kolesterol yang tidak terkontrol bisa membunuhmu kapan saja. – alarabiya.net

Resiko duduk terlalu lama memang terdengar mengerikan. Namun kabar baiknya, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk menghindarinya:

  1. Minumlah lebih banyak air, dan pastikan kamu harus meninggalkan meja kerjamu untuk mengambilnya. Jangan pernah menyediakan minuman di meja.
  2. Berdiri sebentar setiap 30 menit, atau berjalan mengelilingi ruang kerja bila memungkinkan.
  3. Kalau kamu bekerja di gedung bertingkat, selalu gunakan tangga untuk naik dan turun. Lift hanya akan membuat tubuhmu kaku karena kurang bergerak.
  4. Kalau memungkinkan, gunakan meja yang bisa diatur ketinggiannya.
  5. Hampiri langsung rekan kerjamu ketika ingin menyampaikan sesuatu daripada menggunakan telepon atau pesan singkat.

Sudah jelas kan sekarang? Jadi jangan menggunakan alasan nyaman hanya karena ingin duduk berlama-lama ya. Ingat, hidupmu resikonya.

847
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."