Unik, Resepsi Pernikahan di Tasikmalaya Ini Bisa ‘Nyumbang’ Pakai Uang Digital

Nggak perlu repot-repot cari amplop atau mampir ATM dulu deh…

Di dunia yang sudah serba canggih seperti saat ini, rasa-rasanya peran uang tunai sebagai alat pembayaran sudah perlahan berganti ke metode-metode praktis berbasis digital. Ibaratnya, kita tidak lagi perlu membawa banyak uang tunai jika sudah memiliki kartu-kartu ataupun aplikasi pembayaran di ponsel.

Hal ini juga yang kemudian menginspirasi pasangan pengantin di Tasikmalaya, Jawa Barat yang telah mengadakan resepsi pernikahan hari Sabtu (23/9/2017) lalu. Tidak seperti resepsi lain yang menyediakan kotak untuk tempat menaruh uang sumbangan dari para tamu, kedua pasangan ini justru memanfaatkan fasilitas scan QR Code uang digital Telkomsel T-Cash bagi tamu undangan. Alhasil, tamu tak lagi perlu khawatir kalau ingin menyumbang tapi lupa bawa amplop atau malah lupa membawa uang sumbangannya.

Mengenalkan lebih luas tentang transaksi cashless

Ide untuk menerapkan transaksi cashless dengan T-Cash Telkomsel ini datang dari mempelai pria, Trendy Bergantoro, yang juga diketahui merupakan karyawan dari Telkomsel. Menurut Trendy, konsep unik ini ia perkenalkan untuk memberikan kemudahan bagi tamu undangan yang ingin berbagi ‘tanda kasih’ di pernikahannya. Berdasarkan pengalaman pribadinya, Trendy mengaku kadang merasa ribet saat akan menyumbang, mulai dari lupa beli amplop hingga harus repot mampir ATM dulu untuk mengambil uang.

Ketimbang menyiapkan amplop dan uang tunai, cara seperti ini lebih praktis kan? (dok. Trendy Bregantoro)

Selain itu, Trendy ingin memberikan pengalaman bertransaksi tanpa uang tunai secara luas kepada masyarakat agar lebih terbiasa. Ia meyakini bahwa penggunaan alat transaksi uang digital macam T-Cash ini perlu diperluas lagi, tidak sebatas hanya memperbanyak merchant saja. Itulah sebabnya ia menerapkan konsep tersebut di pernikahannya untuk menunjukkan ke masyarakat bahwa transaksi digital itu mudah dan bisa diterapkan di berbagai gaya hidup masyarakat, termasuk dalam resepsi pernikahan sekalipun.

Mengenai T-Cash

Bagi yang belum familiar dengan T-Cash, T-Cash merupakan layanan nontunai berbasis smartphone dan kode QR yang disediakan oleh Telkomsel. Layanan dengan QR Code ini adalah inovasi terbaru Telkomsel setelah sebelumnya Telkomsel menyediakan layanan transaksi dengan fitur UMB *800# dan stiker NFC. Penggunaan fitur QR Code ini terintegrasi dengan layanan T-Cash melalui aplikasi T-Wallet yang bisa diunduh di semua jenis smartphone berbasis Android dan iOS.

Bagaimana menurutmu, lebih mudah menyumbang dengan T-Cash atau cara konvensional? (dok. Trendy B)

Dalam resepsi pernikahannya, Trendy mengaku setidaknya ada 10 persen tamu undangan yang memanfaatkan T-Cash untuk memberikan uang sumbangan. Bahkan, menurutnya banyak tamu yang sudah memasukkan amplop kemudian penasaran dan mencoba untuk juga memberikan uang sumbangan melalui T-Cash. Uang sumbangan yang diberikan melalui T-Cash pun akan otomatis masuk ke rekening Trendy.

Transaksi uang digital saat ini memang sudah akrab dan digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai keperluan. Bahkan, kabarnya orang juga sudah bisa membayar biaya sekolah atau kuliah hingga rumah dengan uang digital Bitcoin! Praktis, ya?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *