Rambut Keriting Itu Cantik, Asal Kamu Bisa Merawatnya dengan Baik

Yuk rawat rambut keritingmu yang unik itu

Selama ini rambut lurus dianggap lebih cantik daripada rambut keriting. Tak heran banyak wanita yang memutuskan untuk meluruskan rambut dengan berbagai cara seperti rebonding dan smoothing. Tren meluruskan rambut ini bahkan dimulai sejak era tahun 2000-an ketika banyak film Asia yang masuk ke Indonesia. Keinginan memiliki rambut lurus nan halus bak bintang Korea, China dan Jepang pun sangat tinggi kala itu.

Rambut keriting itu cantik (pexels.com)

Tren ini membuat mereka yang berambut keriting merasa tersisih. Rambut keriting dianggap ‘berbeda’ dan sering menjadi bahan olokan. Padahal, jika dirawat dengan baik, rambut keriting bisa jadi lebih keren dan eksotis daripada yang lurus. Karakter rambut keriting juga terlihat lebih kuat dari yang lainnya.

Biar rambut keriting bisa terlihat cantik, kamu harus tau langkah-langkah untuk merawatnya dengan baik. Berikut ini tips merawat rambut keriting yang bisa kamu coba.

Gunakan sedikit shampoo saat keramas

Selama ini, berapa banyak kamu menuang shampoo ketika keramas? Utamanya untuk kamu yang ingin merawat rambut keriting, mulai sekarang kurangi pemakaian shampoo. Kandungan sulfat, garam, dan detergen dalam shampoo memang efektif membersihkan minyak dan kotoran di kulit kepala. Tapi bahan tersebut justru bisa ‘menyiksa’ rambut keriting.

Gunakan sedikit shampoo saat keramas (lovelace-media.imgix.net)

Apalagi jika kamu tidak menggunakan kondisioner, rambutmu akan terasa kering karena penggunaan shampoo yang berlebihan. Sebagai opsi, kamu bisa menggunakan shampoo dengan bahan alami yang bisa melembabkan rambut.

Selalu gunakan kondisioner

Jika ingin rambut tetap indah dan sehat, jangan lupa selalu gunakan kondisioner. Semakin keriting rambut, minyak alami dari kulit kepala akan semakin lama berpindah ke ujung rambut. Sehingga setengah rambut bisa terlihat kering bahkan kasar. Dengan bantuan kondisioner, batang rambut dari akar hingga ujung akan terlapisi dan menjadi lebih lembut.

Selalu gunakan kondisioner (sazan.me)

Menata rambut ketika masih basah

Alih-alih menatanya saat kering, kamu harus kepal rambut selama satu menit ketika masih basah. Hal ini bisa mencegah rambut kusut dan kaku. Gunakan jari untuk meraup produk penata rambut seperti styling gel.

Menata rambut ketika masih basah (rebelcircus.com)

Tata mulai dari bagian akar hingga ke ujung rambut, lalu remas ke atas menuju ke kulit kepala. Dengan begitu, rambut tidak akan terasa lengket akibat produk yang terperangkap di sela-sela rambut keritingmu.

Jangan keringkan rambut dengan menggosok

Jika ingin rambut terlihat lebih cantik, kamu tak boleh sembarangan merawatnya. Salah satunya dengan memperhatikan cara mengeringkan rambut. Sebisa mungkin hindari gesekan pada rambut karena bisa membuatnya semakin kering.

Jangan keringkan rambut dengan menggosok (rd.com)

Hal ini karena kutikula rambut yang rusak bisa menghasilkan rambut bercabang dan juga kasar. Usahakan jangan menggosok rambut basah dengan handuk. Kamu bisa menggunakan microfiber cloth sebagai gantinya. Hindari juga gesekan dengan scarf, sweater hingga sarung bantal. Pilih bahan satin yang tidak menyiksa rambut.

Potong ketika kering

Jika sebagian orang menganggap rambut basah adalah kondisi terbaik untuk dipotong, sebaliknya bagi rambut keriting. Ketika dalam keadaan kering, rambut keriting akan menunjukkan pola terbaik hingga memudahkan penata rambut melihat bagian mana yang harus dipotong.

Potong ketika kering (Youtube)

Nah, saat keadaan basah, rambut keriting akan sedikit “menipu”. Rambut terlihat menggantung dan lebih lurus sedikit dibanding saat kering. Hal ini tentu bisa menyebabkan salah potong dan sebagainya.

Dengan menerapkan tips di atas kamu bisa buktikan bahwa rambut keriting juga bisa terlihat cantik. Karena cantik tidak selalu tentang rambut lurus.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *