5 Bus Ini Adalah Raja Jalanan di Indonesia yang Doyan Ngebut dan Ugal-Ugalan

Mungkin, bus-bus ini layak disebut sebagai jet darat yang sesungguhnya

Salah satu sarana transportasi antar kota yang populer di Indonesia adalah bus. Nggak cuma menjadi transportasi antar kota, bus bahkan kerap melayani trayek antar pulau. Meski waktu tempuh yang dicapai jelas lebih lama daripada naik pesawat atau kereta api, namun bus jelas lebih murah dan bisa dijumpai kapan saja.

Beberapa diantaranya bahkan dijuluki raja jalanan karena memiliki kebiasaan ngebut tak peduli jalanan sedang lengang atau macet, siang atau malam. Dengan reputasi seperti itu, wajar kalau deretan bus berikut ini bahkan juga menjadi teror bagi pengguna jalan lainnya. Bus apa sajakah itu?

1. Sumber Kencono / Sumber Selamat / Sugeng Rahayu

Sugeng Rahayu, nama baru dari SUmber Kencono yang legendaris itu- denny7802.blogspot.com

Rasanya tak ada penduduk pulau Jawa yang tak kenal nama angker Sumber Kencono. Boleh dibilang, Sumber Kencono adalah bus paling nekat di Indonesia, khususnya untuk trayek Yogyakarta-Surabaya. Bus yang namanya dulu sering dipelesetkan menjadi Sumber Bencono (sumber bencana) ini sering kali menghiasi halaman utama berita kecelakaan di berbagai daerah di pulau Jawa akibat keganasan supir-supirnya dalam mengemudi. Untuk ‘membuang sial’, Sumber Kencono pun mengubah namanya menjadi Sumber Selamat, dan kemudian Sugeng Rahayu.

2. Akas Green

Akas Green berasal dari Akas Group, salah satu PO terbesar di Jawa Timur – rianharibmc.blogspot.com

Di daerah Jawa Timur, nama Akas group dikenal sebagai salah satu Perusahaan Otobus (PO) terbesar yang membawahi beberapa nama seperti Akas Green dan Mila Sejahtera. Akas Green melayani trayek Malang-Surabaya-Madiun-Ponorogo dengan tarif yang murah dan didukung oleh fasilitas AC dan TV. Akas Green dikenal hobi melaju cepat dan sambil menyalip beberapa bus didepannya, termasuk bus dari PO lawan yang melintas di trayek yang sama.

3. Mila Sejahtera

Mila Sejahtera, salah satu bagian dari Akas Group – capertouring.blogspot.com

Seperti yang sudah diceritakan di atas, Mila Sejahtera merupakan bagian dari keluarga Akas group. Jika Akas Green mengambil trayek Malang-Surabaya-Madiun-Ponorogo, maka Mila Sejahtera melayani rute Banyuwangi-Yogyakarta. Begitu terkenalnya reputasi ngebut bus ini hingga ada ungkapan “Berangkat terakhir sampai duluan, kesalip uang kembali” yang kerap dipromosikan oleh kernet dan kondektur kepada para calon penumpang.

4. ALS (Antar Lintas Sumatera)

Inilah bus AKAP dengan rute terjauh di Indonesia – pembuatanpemasangan30.wordpress.com

Di kawasan Sumatera, nama yang paling legendaris mungkin adalah ALS. Maklum saja, ALS adalah PO bus tertua di Sumatera dan sudah berdiri sejak 1966. Untuk urusan rute, ALS adalah salah satu bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) yang melayani rute terjauh, yakni dari Medan di Sumatera hingga Jember di Jawa Timur. Karena rutin menaklukkan jalur lintas Sumatera yang berkelok dan memiliki akses buruk, nggak heran kalau supir-supir bus ALS merasa cukup percaya diri untuk ngebut setiap saat meski maut taruhannya.

5. Luragung Jaya

Luragung Jaya dikenal di kawasan kabupaten Kuningan – fastrans22.blogspot.com

Di kabupaten Kuningan, Jawa Barat, nyaris tak ada yang tak kenal nama Luragung Jaya. Bus yang mengambil trayek Cirebon-Jakarta ini memang fenomenal, terutama karena kebiasaan supir-supirnya untuk ugal-ugalan di jalan raya. Uniknya, reputasi ini muncul sejak masa keemasannya di tahun 90-an hingga sekarang telah mempunyai dua ‘anak’ yakni Putra Luragung dan Putri Luragung. Meski bus ini kerap terlibat dalam kecelakaan, secara mengherankan masih banyak pelanggan Luragung Jaya yang bertahan dan setia menantinya.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Ini 4 Alasan Mengapa Ketimbang Gadis, Janda Memang Lebih Menggoda

Girls, Jika Cowokmu Masih Mempertanyakan Berat Badanmu, Kamu Patut Mempertanyakan Keseriusan Cintanya Juga!