Kebahagiaan, Satu Hal Sederhana Ini Menjadi Rahasia Agar Bisa Hidup Sehat

Selamat berbahagia!

Selama ini orang-orang selalu mencari berbagai cara agar bisa hidup sehat dan berumur panjang. Mulai dari mengubah gaya hidup, pola makan hingga mengkonsumsi berbagai makanan yang dianggap mampu membuat awet muda. Namun ternyata, hanya ada satu rahasia agar bisa hidup sehat dan umur panjang, yaitu kebahagiaan.

Dikutip dari nationalgeographic.co.id, sebuah studi selama 30 tahun menemukan bahwa orang yang menderita (dari segala usia) pada akhirnya sebanyak 14% cenderung meninggal dunia dibandingkan mereka yang punya kehidupan bahagia.

Hidup bahagia (timedotcom.files.wordpress.com)

Hasil ini tanpa memandang penghasilan, status pernikahan dan kesehatan. Dalam penelitian, mereka yang mendeskripsikan diri sangat bahagia cenderung hidup lebih lama dibandingkan yang tidak bahagia.

Dibanding yang mengaku bahagia, orang-orang yang tidak bahagia sebanyak 6% cenderung meninggal sewaktu-waktu. Inilah hasil dari studi yang dilakukan terhadap 30ribu orang dewasa. Para ilmuwan dari University of North Carolina juga menanyai pria dan wanita selama 30 tahun dengan pertanyaan, “Memasukkan segala hal, bagaimana pendapat kamu soal hari ini, sangat bahagia, cukup bahagia atau tidak terlalu bahagia?

Bahagia membuat panjang umur (health.com)

Peneliti kemudian mengakses database catatan kematian untuk melihat adakah kaitan antara jawaban yang diberikan oleh responden dan kemungkinan meninggal dunia selama 30 tahun penelitian. Dan hasilnya adalah data di atas. Ada satu penjelasan yang sangat mungkin terkait kebahagiaan bisa membantu memperpanjang usia. Seseorang yang lebih bahagia akan lebih mampu menangani stres dengan baik dan memiliki jaringan pertemanan yang kuat dengan orang lain.

Selain itu, bahagia juga ternyata memiliki efek nyata terhadap kesehatan fisik. “Studi ini telah mengkonfirmasi, dengan hampir tidak diragukan lagi, bahwa kebahagiaan benar-benar dapat mempengaruhi kesehatan,” kata penulis utama Edward Diener, profesor psikologi sosial di University of Utah seperti dikutip dari laman Time.

Bahagia membuat kamu lebih sehat (timedotcom.files.wordpress.com)

Ada beberapa teori yang diungkapkan terkait studi ini. Seseorang yang bahagia akan lebih memperhatikan dirinya sehingga memilih berperilaku sehat seperti olah raga, makan dengan teratur dan tidur dengan nyenyak. Dan inilah faktor-faktor penting untuk membuat hidup lebih sehat dan membuat panjang umur karena bisa jauh dari penyakit.

Ada juga bukti lainnya bahwa bahagia memiliki efek menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh, mempengaruhi hormon dan mempercepat penyembuhan luka. Hal ini bahkan dikaitkan dengan protein di ujung kromosom yang semakin pendek seiring bertambahnya usia.

Penelitian ini cukup menjadi alasan bahwa, kamu harus bahagia agar bisa hidup panjang umur dan juga sehat selalu. Namun sayangnya, bahagia menjadi hal paling rumit bagi sebagian orang.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *