Banyak yang Ingin Nikah Setelah Lulus Kuliah, Tapi Kenapa Akhirnya Malah Putus Paska Wisuda? Ini Alasannya

Padahal pas masih kuliah berangan-angan ingin segera menikah begitu lulus, lah kok malah putus? :(

Dalam hubungan cinta, putus adalah hal yang sangat biasa. Putus bisa kapan saja menimpa, entah itu pasangan yang baru saja jadian, bahkan mereka yang menjelang pernikahan. Karena memang jalan hidup sudah ada yang mengatur dan manusia hanya bisa menjalani, termasuk ketika dibolak-balikkan hatinya. Termasuk juga pasangan yang merencanakan pernikahan setelah lulus kuliah, sayangnya malah putus abis wisuda.

Putus setelah lulus, mengapa ya? (news.cgtn.com)

Mungkin kamu pernah mengalami pengalaman pahit ini? Atau teman-temanmu ada yang seperti itu? Nyatanya, putus setelah lulus kuliah banyak dialami. Setiap pasangan pasti punya alasan masing-masing kenapa hubungan bubar jalan justru setelah selesai pendidikan. Kalau kamu penasaran, mungkin sekian poin ini bisa memberikan jawaban atas pertanyaan, “kok malah putus sih?”.

Pacaran hanya untuk isi waktu senggang di tengah jadwal kuliah yang acak-acakan

Kamu yang pernah merasakan jadi mahasiswa pasti paham betul kalau jadwal kuliah sangat berbeda dengan zaman sekolah. Apalagi semakin tinggi semester, SKS akan semakin berkurang sehingga pelajaran di kelas semakin berkurang pula. Meski tak bisa dipungkiri kalau tugas juga semakin menumpuk.

Pacaran hanya untuk isi waktu senggang di tengah jadwal kuliah yang acak-acakan (thecollegeview.com)

Ditengah jadwal yang acak-acakan tersebut pasti banyak yang mencari kegiatan untuk mengisi waktu luang, salah satunya dengan pacaran. Tujuannya hanya sebatas biar ada teman ketika jalan, saat bikin tugas, atau ada yang selalu siap diajak berbagi cerita. Kalau masalah perasaan sih cuma sekadar suka, bukan rasa cinta yang terlalu menggebu. Oleh karena itu ketika lulus, tak ada lagi alasan untuk tetap bersama.

Berbeda daerah membuat kalian bingung, mau LDR tapi nggak tau kapan bisa ketemu

Anak rantau pasti paham dengan hal ini. Punya pacar yang beda daerah memang jadi cobaan bagi hubungan. Apalagi jika orang tua mendesak untuk segera pulang setelah selesai menyelesaikan pendidikan. Mencari pekerjaan pun harus yang dekat dengan kampung halaman agar tak lagi membuat khawatir.

Berbeda daerah membuat kalian bingung, mau LDR tapi nggak tau kapan bisa ketemu (businessinsider.com)

Hal tersebut tentu berpengaruh kepada hubungan yang dijalin, apalagi jika si dia juga mengalami hal serupa. Ingin LDR-pun kalian tidak bisa memastikan kapan akan bertemu. Mengingat jarak dan kesibukan yang terkadang menjadi penghalang. Kalau sudah begitu, putus jadi pilihan.

Karena orang ketiga di lingkungan baru, terutama kantor

Dimanapun, kapanpun, orang ketiga selalu bisa menjadi sumber masalah utama dalam hubungan termasuk juga penyebab putus setelah lulus kuliah. Setelah wisuda kalian berjauhan sementara karena harus kesana-kemari berburu pekerjaan. Setelah dapat kerja, kesibukan membuat kalian sulit bertemu.

Karena orang ketiga di lingkungan baru, terutama kantor (glitterinc.com)

Perbedaan aktivitas tersebut yang kemudian membuka peluang bagi orang ketiga untuk masuk dalam hubungan. Apalagi ketika mulai bekerja kalian akan bertemu orang-orang baru, kenalan dan bisa jadi saling tertarik. Ini yang kemudian membuat hubungan hancur paska lulus.

Kedewasaan mengubah cara pandang tentang kehidupan

Tanpa kamu sadari ada banyak sekali hal yang berubah ketika kamu lulus kuliah, salah satunya adalah kedewasaan. Merasakan betapa susahnya mencari pekerjaan, status sebagai pengangguran/lulusan baru, hingga beban hidup yang dirasa bertambah bisa jadi mengubah pola pikir. Termasuk juga sudut pandang tentang pacar.

Kedewasaan mengubah cara pandang tentang kehidupan (pexels.com)

Saat kuliah sih tak masalah mencari pacar hanya untuk teman senang-senang, jemput kesana-kemari atau yang hanya modal tampang. Namun semua itu akan berubah ketika lulus, pandangan hidup semakin luas sehingga tipe pasangan bisa berubah. Mungkin kamu mulai mencari yang mapan, bertanggung jawab atau bisa dipercaya untuk teman hidup dalam pernikahan.

Nah itulah beberapa alasan yang biasanya menjadi latar belakang putusnya hubungan paska lulus kuliah. Kamu mengalami yang mana?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *