Resmi Pakai Putih Abu-abu? 4 Hal ini Mungkin Akan Menghantuimu

Selamat kamu sudah masuk SMA, tapi hati-hati dengan beberapa hal ini ya.

Apa yang bersemi di putih abu-abu? Tuh kan, jadi inget salah satu lagu Blink yang berjudul Putih Abu-abu. Banyak yang bilang jika masa SMA adalah masa yang penuh dengan kenangan juga saat yang tidak bisa dilupakan. Ada kenakalan hingga kisah percintaan di sana. Ya, begitulah tentang SMA di benak beberapa alumninya. Selamat jika saat ini kamu sudah resmi menyandang status sebagai siswa SMA, SMK atau lembaga pendidikan yang sederajat. Bukan tidak mungkin kamu juga akan merasakan dan mengalami hal-hal baru saat memakai seragam putih abu-abu.

Berwarnanya masa SMA, juga disebabkan oleh siswa-siswanya yang mulai menginjak masa remaja penuh gejolak. Ada beberapa hal yang lumrah terjadi saat SMA, namun juga harus kamu hadapi dengan bijaksana. Kamu harus ingat, jika tujuanmu berada di sana adalah untuk belajar. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin ditakuti dan bikin para siswa baru SMA ketar-ketir. Langsung saja ini ulasan selengkapnya.

1. MOS

MOS atau masa orientasi siswa memang beragam dan hadir dengan cara-cara yang unik. Setiap sekolah juga memiliki cara tersendiri yang berbeda satu sama lain. Tujuannya adalah untuk menempa para siswa baru dan membiasakan mereka dengan kebiasaan sekolah menengah atas yang tentunya berbeda degan SMP. Kegiatan belajar dikenalkan pada saat itu, namun tak jarang kesempatan tersebut dijadikan ajang untuk memberikan tugas-tugas dan peraturan yang unik pada siswa baru. Ada yang disuruh membawa barang yang sulit ditemukan. Bukan hanya siswa yang dibikin pusing, tapi juga orang tuanya lho.

MOS SMA [via sma3.sekolahdonbosco.org]
MOS SMA [via sma3.sekolahdonbosco.org]
Tapi kamu yang jadi siswa baru tahun ini, jangan khawatir. Kamu tidak akan lagi menemukan apa yang disebut dengan MOS, karena kegiatan tersebut sudah ditiadakan oleh pemerintah yang berwenang. Sebagai gantinya, setiap sekolah diintruksikan untuk menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pelaksanaannya tentu berbeda dengan MOS, karena siswa senior dilarang dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Tujuannya juga untuk mengenalkan kultur sekolah dan agar siswa baru terbiasa dengannya.

2. Geng-gengan Saat SMA

Masa SMA adalah masa remaja, yaitu waktu di mana seseorang mengalami transisi menuju tahap kedewasaan. Di bilang kecil itu enggak, mau dikatakan dewasa juga belum sepenuhnya matang. Tak heran jika banyak sekali gejolak dan rasa penasaran yang mengelilingi para siswa SMA. Belum lagi sifat egois dan maunya menang sendiri. Itulah mengapa di SMA banya ditemui sekelompok siswa yang membentuk geng-geng. Ke mana-mana selalu bersama, ada geng paling cantik, ganteng, geng preman sekolah, hingga geng yang katanya kutu buku dan hobinya belajar mulu.

Geng SMA [via twitter.com]
Geng SMA [via twitter.com]
Mungkin kabar seperti ini juga membuat kamu khawatir memikirkan dengan geng seperti apa kamu nanti akan eksis di sekolah. Sekali lagi tugasmu adalah belajar, maka kamu tidak perlu merisaukan hal tersebut. Pasti ada banyak sekali teman-teman baik yang bisa kamu jadikan sebagai partner belajar banyak hal.

3. Pacaran

Jujur saja, waktu masih SMP kamu juga mulai lirik-lirik teman satu sekolah kan? Lalu bagaimana saat kamu nanti akan masuk SMA dan bertemu dengan teman-teman baru, kakak tingkat dengan segala rupa dan kelakuan, serta masih banyak yang lainnya. Baru hari pertama sekolah saja, mungkin kamu sudah menemukan target PDKT.

SMA [via hipwee.com]
SMA [via hipwee.com]
Tak jarang sekolah malah dijadikan ajang cari gandengan dengan dalih sebagai penyemangat. Sebelum masuk saja kamu pasti sudah bayangin seperti apa teman-temanmu nanti, termasuk juga senior-seniormu. Mikirin itu nggak akan ada selesai-selesainya kok, mending kamu mulai menentukan dan mempersiapkan di jurusan manakah nanti kamu akan masuk di SMA.

4. Ujian dan Pelajaran

Masih ingat ketika kamu mau masuk SMP dulu? Memang waktu itu kamu nggak kepikiran soal pacaran dan asmara. Jangankan cari pacar, mau kenalan aja tingkahnya sok malu tapi sebenarnya mau kan? Salah satu hal yang akan kamu takutkan kembali adalah pelajaran dan ujian.

Ujian [via rmolsumsel.com]
Ujian [via rmolsumsel.com]
Kamu telah melewati tahap menengah pertama, dan kali ini kamu telah naik tingkat. Tentu saja tantangannya akan lebih berat. Pelajaran yang kamu terima jadi makin banyak dan sulit. Belum lagi ujian akhir yang selalu saja jadi momok menakutkan.

Itulah beberapa hal yang kadang ditakuti oleh siswa baru SMA. Apakah kamu juga merasakannya? Atau ada hal lain yang lebih menakutkan? Coba bagikan komentarmu di bawah ini ya.

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *