Punya Kebiasaan Suka Ngomong Sendiri? Selamat, Kamu Termasuk Orang Ber-IQ Tinggi

Tag temen kamu yang suka ngomong sendiri..

Buat kamu yang sering disangka gila sama teman-teman akibat memiliki kebiasaan suka ngomong sendiri, mulai sekarang kamu patut berbangga diri. Menurut sebuah penelitian, kebiasaan ngomong sendiri merupakan indikasi orang tersebut memiliki IQ diatas rata-rata dan dianggap cerdas.

Suka ngomong senidir? Mungkin kamu termasuk cerdas (marcuspearce.com.au)

Penelitian yang dilakukan oleh Quarterly Journal of Experimental Psychology yang diprakasai seorang psikolog, Daniel Swigley dan Gary, menemukan fakta luar biasa. Jika sebelumnya orang yang memiliki kebiasaan suka ngomong dengan dirinya sendiri dianggap sebagai gangguan mental, nyatanya hal demikian memiliki dampak positif yang sangat baik bagi kecerdasan otak.

Sebagaimana dilansir dalam elitedaily.com, orang yang suka ngomong dengan dirinya sendiri atau dalam psikologi disebut Self Talk, merupakan indikasi sebagai orang yang cerdas. Dimana dia memiliki penilaian terhadap dirinya sendiri yang sangat luas. Ia juga memahami siapa dirinya, apa kekurangannya, dan bagaimana berinteraksi dengan dirinya.

Self talk sebagai indikasi orang cerdas (cenetrionline.org)

Hal ini juga yang terjadi pada ilmuan terkenal di dunia Albert Einstein, ia memiliki kebiasaan berdialog dengan dirinya sendiri. Mulai dari mempertanyakan pada dirinya sendiri mengapa hal ini bisa begini, dan mengapa bisa begitu. Bagaimana bisa hal ini menjadi seperti ini dan seperti itu.

Bahkan orang cerdas seperti Enstein lebih sering tampak menghabiskan waktu sendiri. Dengan siapa lagi kira-kira ia berinteraksi selain dengan dirinya sendiri?

Orang yang suka berdialog dengan dirinya sendiri memiliki kinerja otak jauh lebih baik

Masih hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Quarterly Journal of Experimental Psychology, dalam sebuah eksperimen terhadap 20 orang. Mereka diuji untuk mencari benda di supermarket. Hasilnya, mereka yang memiliki kebiasaan ngomong sendiri lebih cepat menemukan benda di rak-rak.

Mereka lebih efektif berfikir (fitbottomedzen.com)

Hal tersebut terjadi karena kebiasaan berdialog dengan diri sendiri, membuat otak bekerja lebih cepat dan membuat ingatan lebih efektif. Selain itu, berbicara dengan diri sendiri juga membuat ingatan lebih kuat.

Orang yang suka ngomong sendiri memiliki perbendaharaan kata lebih banyak

Salah satu tolak ukur kecerdasan manusia ialah melalui tes verbal, atau berbicara. Semakin banyak kosa kata yang dimiliki seseorang, maka hal tersebut bisa menjadi indikasi ia memiliki kecerdasan diatas rata-rata.

Perbendaharaan kata didapatkan dari dialog dengan diri sendiri (indonesiaone.org)

Kabar baiknya, orang yang memiliki kebiasaan suka ngomong dengan dirinya sendiri ternyata memiliki perbendaharaan kata lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kebiasaan tersebut. Hal ini kemudian menjadikan mereka yang suka ngomong dengan dirinya sendiri memiliki kecerdasan verbal diatas rata-rata orang pada umumnya.

Sebagai luapan emosi dan proses pembelajaran paling efektif

Orang yang suka ngomong sendiri ternyata lebih mudah memahami pelajaran baru, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kebiasaan ini. Hal tersebut karena orang yang suka ngomong sendiri lebih mudah memahami persoalan dan memecahkannya.

Anak kecil belajar berbicara dan mengekspresikan diri dengan self talk (liputan6.com)

Mungkin kita sering melihat anak kecil yang sedang bermain dan ngomong sendiri? Hal tersebut merupakan proses ia belajar untuk merangkai persoalan yang kemudian ia pecahkan. Pada waktu bersamaan, ngomong dengan diri sendiri juga merupakan media meluapkan emosi yang paling efektif.

Contoh lain ialah saat kamu sedang belajar pidato, atau belajar bahasa asing. Hal paling efektif untuk bisa berbahasa asing ialah dengan terbiasa berdialog dengan diri sendiri menggunakan bahasa asing tersebut.

Self talk menjadi luapan emosi terbaik (wajibbaca.com)

Nah, jika sudah tahu ternyata orang yang memiliki kebiasaan ngomong sendiri merupakan indikasi orang cerdas, mulai sekarang jangan minder kalau kamu memiliki kebiasaan tersebut ya guys.

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *