Inilah Proses yang Terjadi Pada Tubuh Saat Detik-detik Kematian Sampai Tubuh Mengalami Pembusukan

Sejenak kita mengingat kematian yuk.

Kematian merupakan hal yang pasti dilewati oleh semua makhluk hidup. Tidak terkecuali manusia, manusia dalam waktu dekat atau lama juga pasti mengalami salah satu fase dalam kehidupan ini. Meskipun banyak yang tidak menginginkan, namun kematian merupakan sebuah kepastian.

Banyak orang yang merasa takut dengan kematian, bahkan untuk membicarakannya saja banyak yang merasa merinding. Padahal, sebagai pengingat kita tentang kepastian kematian kita juga perlu tahu bagaimana nasib tubuh kita setelah kematian. Inilah perjalanan tubuh kita jika nyawa sudah tidak bersemayam lagi di dalam tubuh, atau saat kematian tiba.

1. Saat kematian sudah di depan mata, jantung akan berhenti berdetak, nafas tertahan dan tubuh bergetar.

Saat detik-detik menjelang kematian, jantung akan mulai berhenti berdetak, nafas mulai tertahan di dada, dan tubuh akan mengalami goncangan yang sangat besar. Fase ini biasa dikenal dengan istilah sakaratul maut.

Saat sakaratul maut jantung berhenti berdetak, dan tubh bergetar hebat (wajibbaca.com)

Hal ini berlanjut dengan badan merasa dingin khususnya bagian telinga, saat itu darah berubah menjadi asam dan tenggorokan mengalami kontraksi, dan nafas secara total akan terasa berhenti.

2. Pada detik pertama kematian, secara medis dinyatakan benar-benar meninggal saat otak kehabisan supply oksigen

Meskipun pada masa sakaratul maut jantung mulai sedikit demi sedikit tidak berdetak, namun hal tersebut belum bisa dikatakan sebuah kematian secara medis. Tubuh baru disebut sudah mati saat otak kehabisan supply oksigen. Pada saat ini kesadaran kita akan mulai tiada, dan rasa sakit yang sangat amat saat sakaratul maut pun mulai berkurang.

Kematian secara medis ketika otak kehabisan supply oksigen (ayonews.com)

3. Saat menit pertama setelah dinyatakan meninggal, darah dalam tubuh akan berubah warna dan otot mengalami kontraksi

Mungkin kamu pernah melihat kulit orang meninggal cenderung berubah warna agak pucat dan gelap. Hal tersebut terjadi karena darah dalam tubuh juga mengalami perubahan warna. Proses ini terjadi sejak menit pertama kematian dibarengi dengan kontraksi pada otot. Selain itu isi kantung kemih juga akan keluar dengan sendirinya.

Kontraksi pada otot saat kematian (ahloo.com)

4. Menginjak tiga menit pertama, otak benar-benar tidak bekerja dan saraf otak berhenti secara masal

Pada tiga menit setelah kematian semua saraf otak akan berhenti bekerja secara masal. Hal ini akan mempengaruhi organ tubuh lainnya yang mulai berhenti juga. Disinilah tubuh mulai tidak berdaya menghadapi kehancuran di depan mata.

Otak akan berhenti bekerja dan sarafnya berhenti secara masal (googleusercontent.com)

5. Pada empat sampai lima menit setelah kematian secara medis, pupil mata akan membesar dan berselaput

Pada empat menit setelah kematian, organ tubuh kita mulai mengalami perubahan karena sudah tidak lagi aktif. Organ tubuh yang paling terlihat mengalami perubahan ialah mata. Pada menit ini pupil mata mulai membesar dan berselaput, sedangkan bola mata akan mengkerut karena kehilangan tekanan darah.

Organ tubuh akan mengalami perubahan bentuk pasca kematian (ayotaubatsekarang.blogspot.com)

6. Setelah satu sampai empat jam, semua otot tubuh akan mengalami kaku dan rambut berdiri

Jenazah akan mengalami tubuh yang sangat kaku menginjak satu sampai empat jam setelah kematian atau dalam medis disebut dengan istilah rigor mortis. Pada fase ini rambut jenazah akan berdiri kaku. Ini yang biasanya dikira jika rambut masih bisa tumbuh setelah kematian, atau rambut akan terlihat panjang setelah kematian. Padahal itu tidak.

Jenazah akan mengalami kaku yang terjadi akibat kontraksi otot (pasarkaki5.blogspot.com)

7. Saat empat sampai enam jam, darah akan berubah warna menjadi gelap, dan kulit akan mulai menghitam

Setelah empat sampai enam jam pasca kematian, tubuh akan berubah menghitam. Hal tersebut terjadi karena darah dalam tubuh mulai berubah warna menjadi lebih gelap. Pada fase ini tubuh sudah tidak memiliki antibodi mencegah bakteri perusak sel tubuh.

Jenazah akan mengalami perubahan kulit, yaitu semakin gelap (3.bp.blogspot.com)

 

8. Menginjak enam jam setelah kematian, otot masih berkontraksi, dan efek penghancuran toksin dalam sel tubuh sedikit demi sedikit mulai berjalan

Enam jam setelah kematian otot masih mengalami kaku keras. Sedangkan organ tubuh mulai mengalami kerusakan, khususnya organ tubuh yang banyak menyisakan toksin seperti zat kimia dan sisa alkohol.

Sel-sel dalam tubuh mulai terjadi kerusakan, khususnya sisa bahan kimia dalam tubuh seperti alkohol (hybridmedicalanimation.com)

9. Pada 24 jam sampai 72 jam setelah kematian, isi perut mulai akan mengalami pembusukan oleh mikroba

Pada keadaan normal atau tanpa formalin, organ dalam tubuh manusia mulai mengalami kehancuran menginjak 27 jam sampai 72 jam setelah kematian. Pada waktu ini isi perut akan mengalami pembusukan yang diakibatkan mikroba mulai menggerogot sel-sel tubuh. Selain itu pankreas juga akan mencerna dirinya sendiri.

Pembusukan pada jenazah (shamawar.files.wordpress.com)

10. Memasuki 36-48 jam, Rigor mortis berhenti dan tubuh akan mengalami pelenturan yang sangat lentur

Saat memasuki 36 sampai 48 jam, tubuh jenazah akan mengalami kelenutran yang sangat teramat. Hal ini merupakan berakhirnya Rigor mortis atau kaku yang dialami tubuh. Saat ini seluruh sel tubuh sudah tidak berdaya, dan tinggal menunggu pembusukkan.

Tubuh setelah kematian (soktau.com)

11. Ketika kematian sudah 3-5 hari, pembusukan akan semakin besar. luka besar mulai nampak dan mulut serta hidung akan mengeluarkan darah.

Pembusukan besar terjadi saat 3-5 hari pasca kematian. Pada masa ini luka-luka besar akan nampak di tubuh jenazah, mikroba di dalam tubuh juga akan memutuskan protein-protein besar pada jaringan tubuh. Kumpulan hasil pemutusan protein yang disebut amino akan dicerna berbagai bakteri. Asam amino dan oksigen yang direaksikan oleh bakteri inilah yang kemudian memunculkan bau yang tidak sedap.

Pembusukan pada jenazah (trendingtopicstation.blogspot.com)

12. Saat 8 sampai 10 hari warna tubuh akan kembali berubah dari hitam ke merah sejalan dengan membusuknya darah

Saat darah miai membusuk warna tubuh akan mulai merah kembali dengan nampak kulit yang mulai terkelupas. Pada masa ini pembusukkan tubuh, darah, dan organ dalam sedang mengalami proses yang sangat cepat.

Darah akan membusuk dan membuat tubuh kita penuh dengan darah (i2.wp.com)

13. Setelah beberapa minggu setelah kematian, rambut, kuku dan gigi akan mulai terlepas dari tempatnya

Setelah kulit mulai terkelupas, daging mulai tidak beraturan, dan organ tubuh mulai rusak, kini giliran kuku, rambut, dan gigi akan mulai meninggalkan tempatnya. Satu persatu perlahan tapi pasti kuku kita yang cantik, rambut kita yang selalu perawatan, dan gigi kita yang dulunya putih bersih kini terlepas daru tempatnya.

Saat kulit sudah mengelupas, saatnya rambut, kuku, dan gigi yang lepas (yesmuslim.blogspot.com)

14. Saat satu bulan setelah kematian kulit akan mencair karena pembusukan, dan organ dalam akan mengalami kehancuran

Kulit putih bersih saat masih hidup akan jauh berbeda saat kita sudah meninggal lebih dari satu bulan. Sebab, kulit yang mengelupas kini mencair karena pembusukkan, semua tubuh menganga penuh luka. Tubuh kita pun secara sendirinya akan hancur dan nantinya hanya akan menyisakan tulang belulang.

Episode terakhir ialah mencarnya kulit kita dan rusaknya organ tubuh kita secara total (elshinta.com)

15. Seiring berjalannya waktu, setelah satu tahun kematian tubuh anda akan tinggal tulang belulang

Setelah satu tahun kematian, normalnya tubuh manusia tidak akan menyisakan apa-apa dalam tanah kecuali tulang belulang dan tengkorak. Inilah akhir episode kehidupan di dunia dan kita memulai cerita lain di alam yang berbeda.

Pada akhirnya tubuh kita yang dulunya cantik dan ganteng hanya akan menyisakan tulang belulang (eattourandtravel.blogspot.com)

Itulah perjalanan tubuh kita nanti saat ditnggalkan oleh ruh nya. Apapun yang terjadi pad tubuh kita nantinya, semoga ruh kita bisa lebih baik dan ditempatkan di alam yang penuh keindahan dan kenikmatan. Silahkan share sebagai pengingat tentang kematian kepada saudara dan teman kita semua.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *