4 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Untuk Mempercepat Proses Adaptasi di Lingkungan Baru

Semoga berhasil ya!

3
SHARES

Adaptasi di lingkungan baru memang bukan perkara sepele. Entah itu lingkungan sekolah, lingkungan kerja, atau lingkungan rumah baru. Di awal masa adaptasi semuanya akan terasa sangat canggung. Hal inilah yang terkadang justru membuat kita beralih kepada gadget dan hanya ngobrol dengan teman-teman lama. Padahal di lingkungan baru banyak relasi dan kenalan baru yang akan menjadi ‘teman’ bagi kamu untuk beberapa waktu ke depan.


ibudanbalita.com
ibudanbalita.com

Untuk itulah kamu harus mencoba kiat-kiat beradaptasi berikut ini untuk mempermudah proses adaptasi dengan cepat. Kendala di awal memang sangat wajar kok, tapi kamu harus melaluinya dengan baik. Karena proses di awal adaptasi juga penting untuk proses pengenalan selanjutnya.

1. Bersikap ramah dan pasang wajah ‘terbuka’

Sikap ramah sangat penting dimanapun kita berada. Nah jika kamu sedang berada di lingkungan baru berusahalah untuk selalu bersikap ramah dahn bersahabat. Kamu nggak perlu kok terlalu sering mengumbar senyum, karena justru akan terlihat aneh. Cukup pasang wajah ramah dan ‘friendly’.

squarespace.com
squarespace.com

Sebagai orang baru di lingkungan yang serba baru, kamu belum mengetahui bagaimana sifat orang-orang disekitarmu, bagaimana peraturan yang ada di sana dan juga keadaan sekitar. Jika kamu bersikap ramah dan menyenangkan untuk kesan pertama, orang yang baru mengenal kamu akan respek dan membantumu jika perlu.

2. Ingat nama teman dan kenalan baru

Akan menjadi masalah jika kamu adalah tipe orang yang memiliki ingatan jangka pendek yang buruk. Oleh karena itu kamu perlu mencatanya jika bisa. Mengingat nama orang yang berkenalan dengan kita sangat perlu karena mereka akan merasa dihargai. Ini merupakan cara paling sederhana untuk menunjukkan sikap hormat dan juga membuat orang lain merasa penting.

fastcompany.net
fastcompany.net

Kamu pelupa? Minta saja kontak dari setiap orang yang berkenalan dan langsung berikan nama. Dengan melihat foto dalam kontak yang kita simpan, akan membantu kamu mengingat nama orang tersebut dengan lebih mudah.

3. Apa adanya

Di lingkungan yang baru, kamu hanya harus jadi diri sendiri kok. Nggak usah sok terlihat cerdas, pintar atau apapun. Jadilah natural dan apa adanya dirimu saja. Karena bisa jadi orang-orang justru akan illfeel dan sebel jika kamu terlalu lebay. Apalagi untuk kesan pertama.

usnews.com
usnews.com

Jangan sampai kamu malah dianggap terlalu cerewet atau sombong karena terlalu banyak bicara. Mending bicara sewajarnya dan jangan berlebihan. Apalagi ingin mengunggulkan diri, jangan deh!

4. Jangan anti sosial

Sebagai bagian baru dari lingkungan baru, kamu mungkin ingin secepatnya merasa nyaman dan memiliki teman-teman baru yang menyenangkan. Tapi nyatanya, orang-orang baru di sekitar kamu juga ingin mengenal kamu. Selain menunjukkan sikap ramah kamu juga harus membuka diri agar mudah didekati untuk diajak berteman.

businessinsider.com
businessinsider.com

Tunjukkan kalau kamu terbuka dengan orang baru. Jangan hanya diam dan memegang gadget karena hal ini akan membuat orang enggan untuk menyapa. Saat ngobrol juga tunjukkan respon yang baik dengan obrolan dua arah. Dengan begitu orang lain juga akan nyaman berteman dengan kamu, meskipun kamu baru di lingkungan itu.

Nah itulah 4 tips yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat proses adaptasi di lingkungan baru. Semoga berhasil ya!

3
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"