Google Maps Sedang Merekam Setiap Gerakanmu, dan Sebuah Website Sanggup Buktikan Kebenarannya

Sekarang, bagaimana cara menghentikannya?

Apa kamu masih ingat film Minority Report? Dalam film itu, ada satu adegan dimana Tom Cruise sedang berlari menghindari sesuatu, namun menjadi sia-sia karena ada sebuah “mata” yang secara konstan melacak lokasinya dan mengirim ke database pusat. Nah, ternyata sekarang Google juga sedang mengembangkan teknologi serupa.

Ya, saat ini Google sudah bisa mengetahui di mana saja tempat yang pernah dan sedang dikunjungi pengguna smartphone dengan sebuah program berindikator warna merah pada peta. Hal ini tentu saja memudahkan mereka mengidentifikasi setiap individu dan apa yang harus mereka lakukan.

google-tracking-1
anonews.co

Masih tidak percaya? Nyatanya, bahkan kamu bisa melacak dirimu sendiri jika mau. Cukup klik link ini dan login dengan akun Google yang sama yang kamu gunakan pada smartphone-mu. Kamu akan melihat catatan di mana saja sejak tanggal 1 dari bulan yang sedang berjalan.

Hebatnya lagi, tidak peduli pengaturan privasi apa yang kamu pilih, informasi ini akan terus dikumpulkan dan disimpan di suatu tempat oleh Google! Kabar baiknya adalah bahwa kamu pun bisa meminimalisir pelacakan Google dengan mengikuti prosedur di bawah ini.

Cara menonaktifkan pelacakan Google dan menghapus history lokasi

Untuk memeriksa apakah history lokasi diaktifkan pada akunmu, pergi ke halaman Google Maps Location History dan klik tombol setting untuk mengakses pengaturan history. Di halaman ini kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan layanan pelacakan Google dan menghapus history lokasi yang pernah kamu kunjungi.

androidcentral.com
androidcentral.com

Dan jika kamu ingin menghapus lokasi Google Maps yang sudah tersimpan selama 30 hari terakhir, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menuju halaman Location History. Periode waktu default akan menunjukkan riwayat lokasi untuk hari ini, jadi mungkin kamu tidak akan melihat hasil apapun di peta. Untuk itu, gunakan menu pull-down di bawah kalender di sebelah kiri untuk menampilkan history selama 30 hari.

phonearena.com
phonearena.com

Jika kamu memilih periode waktu di mana Google Maps melacak lokasimu, kamu akan melihat semua titik merah yang menunjukkan tempat yang pernah kamu kunjungi. Di bawah kalender, kamu akan melihat pilihan untuk menghapus riwayat dari periode waktu yang telah kamu pilih atau menghapus semua riwayat.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *