Di Indonesia, 5 Profesi Ini Memiliki Tingkat Stress Paling Tinggi

Apa profesimu termasuk?

385
SHARES

Siapa yang tidak pernah merasa stress saat menjalani profesinya? Sepertinya tidak ada. Bahkan kamu yang memiliki pekerjaan ringan dan gaji lumayan pun, pasti juga pernah merasakan hal yang sama. Pertanyaannya, profesi apa yang memiliki tingkat stress paling tinggi di Indonesia?

Dengan level yang berbeda, siapa pun pasti pernah merasakan stress saat menjalankan profesinya. – marketeers.com

Umumnya, semakin besar tanggung jawab seorang pekerja, semakin besar pula tekanan dan tingkat stres yang dirasakan. Tapi tanggung jawab yang ringan atau jabatan yang lebih rendah juga bukan jaminan seorang pekerja benar-benar merasa nyaman.

Karena dalam dunia kerja, tekanan bisa muncul secara situasional, misalnya saat deadline atau situasi lingkungan yang kurang kondusif. Inilah yang kemudian menyebabkan tingkat stress yang berbeda-beda pada masing-masing pekerja.

Survei untuk mengukur work-life balance pekerja

Mengetahui adanya fenomena unik ini, Jobplanet, sebuah platform komunitas online yang menyuguhkan berbagai informasi seputar perusahaan dan dunia kerja, melakukan survei untuk mengetahui profesi apa yang memiliki tingkat stress paling tinggi di Indonesia.

Jobplanet melakukan survei tentang profesi apa yang memmiliki tingkat stress paling tinggi di Indonesia. – jobplanet.com

Survei yang dilangsungkan sejak Agustus 2015 hingga Januari 2017 tersebut diikuti oleh 86.000 responden yang merupakan karyawan dan pekerja. Mereka berasal dari seluruh Indonesia dan berbagai industri serta profesi.

Dalam survei, mereka diminta untuk menilai kehidupan work-life balance dari skala satu hingga lima. Work-life balance merupakan kemampuan karyawan dalam menghadapi tekanan kerja tanpa mengabaikan berbagai aspek kehidupan pribadi mereka.

Besarnya tanggung jawab dan beban yang dirasakan oleh karyawan berbanding terbalik dengan tingkat work-life balance mereka. Jadi, semakin besar tekanan dan beban pekerjaan, semakin tinggi pula tingkat stres dan work-life balance mereka.

Berdasarkan hasil survei yang dilangsungkan selama kurang lebih satu setengah tahun itu, inilah lima profesi yang mempunyai tingkat stress paling tinggi di Indonesia:

1. Public speaker (skor work-life balance 2,33)

entrepreneur.com

2. Pengasuh anak (2,5)

ibudanbalita.com

3. Petugas kesehatan gigi (2,5)

tribratanewsbantul.com

4. Buruh perusahaan tekstil (2,75)

merahputih.com

5. Petugas medis radiologi (2,85)

rsefarinaetaham.com

Nah, siapa sangka orang yang berprofesi sebagai public speaker, yang kita kira mempunyai kehidupan yang wah dan menyenangkan, ternyata jusru mempunyai tingkat stress paling tinggi?

Bagaimana dengan kamu, apakah kamu bekerja di salah satu dari kelima profesi di atas? Kalau iya, apakah hidupmu memang penuh tekanan dan.. berantakan?

385
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."