Pria yang Melakukan Hal Ini Ketika Minta Maaf, Artinya Dia Tidak Benar-benar Menyesal

Jangankan menyesal, menyadari kesalahan saja tidak

Kamu dan dia pasti pernah terlibat dalam pertengkaran. Entah itu hanya sebatas adu argumen atau pertengkaran besar karena masalah yang rumit. Setelah itu biasanya ada salah satu pihak yang mengalah dan bersedia meminta maaf. Jika dia yang mengalah, apakah dia benar-benar serius minta maaf dan menyadari kesalahan?

Pria minta maaf (rd.com)

Terkadang minta maaf tidak berarti seseorang mengakui kesalahan, utamanya pria. Alih-alih menyesal, dia menggunakan maaf untuk meredakan emosi kamu sesaat. Agar kamu tidak marah terlalu lama dan segera melupakan masalah yang terjadi. Tapi tidak berarti semua pria seperti itu. Ada juga yang benar-benar tulus minta maaf dan menyesali apa yang sudah dilakukan.

Jika sudah begini artinya kamu yang harus pintar membedakan mana maaf yang serius dan mana maaf yang sekedar ucapan. Bagaimana caranya?

Mengatakan maaf secara terburu-buru dan juga kasar

“Kamu tuh ya nggak pernah ngerti perasaanku. Kamu egois bla bla bla……”
“Iya, iyaaa maaf deh. Maaf!”

Mengatakan maaf secara terburu-buru dan juga kasar (bornrealist.com)

Saat bertengkar, tak jarang pria merasa lelah dengan segala argumen yang dilontarkan wanita. Dan ketika dia sudah merasa lelah dengan semua masalah, dia akan buru-buru mengatakan maaf. Meski sebenarnya dia juga tidak paham apa kesalahannya, apalagi menyesalinya. Karena seseorang yang sadar bahwa dirinya salah, dia akan minta maaf dengan suara yang cenderung lebih lembut.

Mengaku mengerti bagaimana perasaanmu

“Aku minta maaf, aku ngerti kok gimana perasaanmu”

Wanita seringkali mengungkapkan perasaannya ketika dia bertengkar dengan pasangan. Namun secara ajaib, terkadang pria menanggapi bahwa dia paham betul apa yang dirasakan si wanita. Masalahnya adalah, kalau dia benar-benar mengerti maka seharusnya dia tidak melakukan kesalahan tersebut.

Mengaku mengerti bagaimana perasaanmu (static.independent.co.uk)

Akan terasa masuk akal jika dia tidak mengerti apa kesalahannya, lalu dia baru mengerti dan minta maaf. “Aku baru ngerti perasaan kamu sekarang, maaf ya”. Namun kalau dia minta maaf sembari mengaku mengerti apa yang kamu rasakan, maafnya perlu dipertanyakan.

Minta maaf dan mengulangi kesalahan

Ada banyak trik pria untuk menenangkan hati wanita ketika kecewa. Salah satunya adalah “Maafin ya, aku nggak akan mengulanginya lagi, aku janji”. Tapi ternyata dia tetap melakukan kesalahan yang sama berulang kali. Jika begini tandanya dia tidak paham apa kesalahannya.

Minta maaf dan mengulangi kesalahan (thetrentonline.com)

Padahal, perubahan sikap menjadi tanda penting apakah seseorang tulus minta maaf atau tidak. Mampu menepati janji disertai perubahan sikap yang lebih baik, artinya dia benar-benar menyadari kesalahan. Namun jika ucapan berbeda dengan tindakan, artinya maaf hanya omong kosong belaka.

Meminta kamu melupakan kesalahannya segera

Memang, sangat tidak baik jika terus mengingat dan mengungkit masalah dan kesalahan yang telah lalu. Namun jika masalah tersebut belum selesai tapi dia meminta kamu segera melupakan, artinya dia malas untuk membahas dan menyelesaikannya. Hal ini karena dia tak juga paham dimana letak kesalahannya.

Meminta kamu melupakannya segera (daks2k3a4ib2z.cloudfront.net)

Dia hanya berusaha agar kamu segera melupakan kesalahannya dan tidak mempersalahkan lagi. Dan melupakan fakta bahwa wanita adalah makhluk yang tidak mudah melupakan kesalahan pasangan.

Jika pasangan kamu melakukan hal-hal di atas ketika minta maaf, bisa dipastikan bahwa maafnya hanya sekedar ucapan saja untuk meredakan amarahmu. Bukan maaf tulus karena dia sadar akan kesalahan. Jadi, maafin nggak ya?

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *