Pecahkan Rekor MURI, Pria Ini Punya 29 Gelar Akademik

Punya satu gelar aja carinya setengah mati, eh orang ini punya 29…..

Selepas kelulusan SMA, banyak remaja yang menyambutnya dengan sukacita. Mereka merasa bahagia karena akan segera melepas seragam putih – abu-abunya dan berganti dengan pakaian yang lebih bebas di perguruan tinggi. Sayangnya mereka selalu lupa bahwa ada masa-masa terakhir di mana seorang mahasiswa akan dihadapkan pada tugas akhir atau skripsi yang terkadang membuat patah arang.

Banyak mahasiswa yang mengorbankan begitu banyak waktu agar bisa lulus. Ya, perjuangan untuk lulus memang tidak mudah dan penuh rintangan berliku. Oleh karenanya, banyak pula mahasiswa yang akhirnya begitu membangakan kelulusan dan gelar akademiknya itu. Punya satu gelar akademik dan bangga karenanya? Oh, kamu pasti belum kenal dengan Welin Kusuma, ya? Begitu kenal dengannya, kamu akan segera merasa malu karena terlalu menyombongkan satu gelar akademikmu itu.

Pemilik 29 gelar akademik

Welin Kusuma adalah seorang pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 36 tahun lalu yang luar biasa. Betapa tidak, di pertengahan usia kepala tiganya ini ia telah berhasil mengumpulkan 29 gelar akademik! Secara rinci, keduapuluh sembilan gelar Welin tersebut terdiri atas 11 gelar S1, 3 gelar S2, dan 15 gelar profesi.

Welin Kusuma memiliki 29 gelar akademik di usianya yang ke-36 (facebook)

Kalau mau ditulis lengkap, maka begini gelarnya: Welin Kusuma ST, SE, SSos, SH, SKom, SS, SAP, SStat, SAkt, SIkom, SIP, MT, MSM, MKn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA, CBV. Bagaimana, mulai merasa satu gelar akademikmu tak ada artinya?

Membagi waktu bukan perkara sulit baginya

Welin lulus SMA pada tahun 1999 di Kendari, Sulawesi Tenggara, dan lantas melanjutkan pendidikan di salah satu universitas swasta di Surabaya. Uniknya, pria yang memang hobi belajar ini juga memilih untuk kuliah di beberapa jurusan lain di kampus yang berbeda dalam waktu bersamaan sejak semester 5.

Menurut Welin, sesuatu itu pasti bisa kita capai kalau kita mau berusaha (facebook)

Welin mengambil aneka jurusan dari lintas disiplin, mulai dari teknik, ekonomi, hukum, statistika, dan lain sebagainya. Ia terus berkuliah dari satu kampus ke kampus lain selama 18 tahun lamanya. Perlu diketahui, Welin juga bekerja selama menyelesaikan kuliah-kuliahnya itu, sehingga ia mengambil kelas untuk karyawan.

Welin mengaku tidak sulit membagi waktu antara kuliah dan bekerja

Welin pun mengaku tidak menemui kendala dalam membagi waktu. Hal ini dikarenakan ia biasanya mengambil kelas malam hari maupun via pertemuan online. Welin mencontohkan, saat ia bekerja dan kuliah di Universitas Terbuka, ia tidak perlu datang langsung ke kelas dan bisa belajar sendiri karena sudah ada tutorial belajar online.

Rekor MURI

Atas pencapaiannya dalam bidang akademik, Museum Rekor Indonesia (MURI) mengganjarnya sebagai pemegang rekor peraih gelar multidisiplin terbanyak di Indonesia di tahun 2012 silam. Saat mendapat rekor MURI tersebut, Welin masih berusia 31 tahun dan ‘baru’ mendapat 18 gelar akademik. Welin pun boleh dibilang memecahkan rekornya sendiri saat ini, karena ia telah menambah deretan gelar akademiknya hingga mencapai 29 gelar.

Welin dan rekor MURI yang didapatnya (facebook)

Berhubung Welin punya banyak gelar akademik, tentunya ia bisa lebih leluasa menggunakannya dalam mencari pekerjaan. Saat ini Welin bekerja di sebuah perusahaan rokok yang berada di Surabaya dengan memanfaatkan gelar teknik industri yang ia punya. Meski begitu, Welin juga mempunyai pekerjaan sampingan sebagai konsultan pajak, loh.

Wah, jangan-jangan Welin juga akan berencana memiliki 29 pekerjaan nantinya?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Jadi Ini Lho Alasan Kenapa Anjing dan Kucing Nggak Pernah Bisa Akur

6 Jalan Rusak Ini Buktikan Bahwa Orang Indonesia Ahli Bikin Fakta Miris Jadi Komedi Gratis