Sempat Diremehkan, Pria Gimbal Nan Sangar Ini Bikin Takjub Banyak Orang Saat Jadi Imam Shalat

Seperti kata pepatah, jangan menilai buku dari sampulnya~

Harus diakui, kita masih mudah menilai seseorang hanya berdasarkan penampilannya. Saat melihat seseorang yang berpakaian rapi, mengendarai mobil mewah, kita langsung kagum dan menilainya sebagai orang terhormat. Padahal, bisa jadi ia mendapatkan kekayaan dari hasil korupsi atau menipu.

Sebaliknya, saat melihat orang berpenampilan serampangan dengan banyak sobekan di sekujur pakaian, badan penuh tato dan tampang kriminal, kita langsung menuduhnya berandalan tengik yang gemar berbuat onar. Padahal, penampilan luar belum tentu sebaik apa yang ditampilkan dari hati.

Gubernur Maluku Utara dan Sofyan Alop

Hal serupa juga dialami oleh Sofyan Alop, seorang pria berambut gimbal dan berwajah sangar. Bagi banyak orang, nama Sofyan Alop mungkin terdengar asing, begitu pula yang dirasa oleh Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba. Maklum, meski pernah turut berperan dalam film The Raid dan beradegan kelahi melawan Iko Uwais, kemunculan Sofyan Alop bagaikan angin lalu. Tak heran jika Abdul Ghani Kasuba pun tak mengenali Sofyan yang juga dikenal dengan nama Cupink Topan ini. Abdul Ghani berjumpa Sofyan saat usai menjamak shalat di Hotel Bidakara, Jakarta. Waktu itu, menurut Sofyan ia diminta menjadi imam shalat Isya oleh jamaah berikutnya.

Sofyan Alop – sumut.pojoksatu.id

“Saya disuruh jadi imam, ya sudah saya maju dan kebetulan ada Pak Gubernur Maluku Utara yang sedang salat jamak. Pas saya maju jadi imam, Pak Gubernur ini biasalah dengan ekspektasi negatif atau apa (karena melihat penampilan Sofyan yang gimbal dan sangar). Lalu pas saya baca surat Al-Fatihah beliau kagum dan mundur ke belakang duduk,” demikian ujar Sofyan.

Posted by Iqchalcedony Obi on 28 জুলাই 2017

Melihat fasih dan merdunya Sofyan dalam melantunkan ayat suci, ajudan Abdul Ghani, Ikbal Rahman, akhirnya merekam shalat jamaah yang diimami oleh Sofyan itu mulai dari rakaat kedua, lantas mengunggahnya ke Facebook. Tak dinyana, video tersebut lantas viral dan jadi pembicaraan netizen. Menurut Ikbal, Abdul Ghani yang kadung terkesima pun kemudian mengajak Sofyan bertemu empat mata. Pada pertemuan itulah Sofyan mengatakan bahwa Abdul Ghani meminta maaf kepadanya karena sempat meremehkan Sofyan dengan penampilannya. Tak disangka, suara indah Sofyan saat melantunkan ayat suci Al Quran justru mampu memukaunya.

Terinspirasi para Imam Besar

Bukan tanpa sebab jika Sofyan Alop sanggup menjadi imam shalat dengan bacaan yang bagus. Hal ini dikarenakan Sofyan pernah menempuh pendidikan Bahasa Arab di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar meski tidak tamat dan memutuskan berhenti kuliah di tahun 2006.

Meski bertampang sangar, Sofyan Alop pernah menempuh pendidikan Bahasa Arab di UIN loh – Tribun Wow

Selain itu, Sofyan mengaku kerap menonton video para ulama besar seperti imam besar Masjidil Haram Abdurrahman as-Sudais, Anas Bourak, hingga Syaikh Misyari Rasyid saat melantunkan ayat suci Al Quran di YouTube. Ia pun kemudian mempelajarinya secara otodidak dengan memberikan gaya khasnya sendiri.

Sofyan Alop kerap menonton video para ulama besar di YouTube – kumparan.com

“Saya punya ciri khas sendiri, dan saya kolaborasi suara mereka. Itu kalau salat magrib, biasanya saya di rakaat pertama dan kedua sengaja tidak sama nadanya. Misalnya rakaat pertama saya bikin imam Abdurrahman as-Sudais rakaat kedua imam Syaikh Misyari Rasyid,” ujar Sofyan.

Nah guys, kalau sudah begini, masihkah kita perlu menilai seseorang hanya karena penampilan luar semata?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Pasangan LDR Ini Memilih Menikah Secara Online, Sah Nggak Sih?

Dari Jaman Soekarno Sampai Jokowi, Ternyata Kelakuan Anak Presiden Indonesia Itu Seperti Ini