Bicara Tentang Presiden Terkorup Sepanjang Sejarah, Nomor Satu Kamu Pasti Tau!

Kamu pasti terkejut!

Pada awal tahun ini, Transparency Internasional mengeluarkan tinjauan terbaru tentang negara paling korup di muka bumi. Dari hasil tinjauan ini, Somalia, Sudan Selatan, Korea Utara dan Suriah dianggap sebagai negara yang paling korup di dunia. Nomor satu ditempati oleh Somalia yang telah memegang rekor ini selama sepuluh tahun terakhir, dengan skor 10 pada Indeks Persepsi Korupsi 2016. Indeks ini memuat tentang peringkat pelayanan publik dari nol sampai 100.

Baca juga : Bermula Sebagai Pembantu Rumah Tangga, Wanita Ini Sekarang Jadi Jutawan yang Dermawan

Ilustrasi korupsi (kabar.news)

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Dalam data pada indeks Persepsi Korupsi 2016 yang dilansir Transperancy Internasional, Indonesia berada di peringkat 90 dari 176 negara dengan skor 37. Entah harus bangga atau bagaimana, peringkat ini sungguh sangat bertolak belakang dengan daftar yang dikeluarkan oleh Forbes tentang pemimpin negara yang dianggap sebagai pemimpin yang paling korup di dunia berdasarkan jumlah uang yang ‘dicuri’.

Dari hasil yang sangat mengejutkan ini, Inovasee yakin kamu tau siapa yang berada di peringkat pertama.

6. Jean-Claude Duvalier, Haiti

Presiden Haiti, Jean-Claude Duvalier, diketahui telah melakukan korupsi sejak tahun 1971 hingga 1986. Aksi korupsi yang dilakukan oleh Duvalier ini terhitung sangat besar hingga banyak pihak yang curiga padanya.

Jean-Claude Duvalier (independent.co.uk)

Dengan menggunakan jabatan dan menyalahgunakannya, Duvalier berhasil ‘mencuri’ uang negara sebesar 300 hingga 800 juta dolar Amerika. Jika dihitung dengan rupiah, angka ini mencapai 10,6 triliun rupiah.

5. Slobodan Milosevic, Serbia Yugoslavia

Milosevic menjabat sebagai presiden Serbia selama 11 tahun lamanya dimulai dari tahun 1989 dan berakhir pada tahun 2000. Selama masa pengabdiannya tersebut, Milosevic telah terlibat kasus korupsi dengan jumlah yang terbilang sangat fantastis.

Slobodan Milosevic (thestar.com)

Selama 11 tahun jabatannya, Milosevic telah melakukan korupsi sebesar satu miliar dolar Amerika. Coba deh kamu hitung sendiri berapa miliar atau bahkan triliun jika dikurs ke rupiah.

4. Sani Abacha, Nigeria

Dari daftar ini, mungkin hanya Sani Abacha yang masa jabatannya paling pendek yaitu hanya sekitar 6 tahun saja dihitung sejak 1993 hingga 1998. Saat itu, Nigeria sedang mengalami masa perang berkepanjangan hingga membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk bisa memperbaiki perekonomian negara.

Sani Abacha (sundiatapost.com)

Namun presiden yang diharapkan bisa memperbaiki perekonomian ini justru mencuri uang negara yang tak sedikit. Tercatat Abacha telah mengkorup uang sejumlah sekitar 2-5 miliar dolar Amerika atau setara dengan 66,5 triliun.

3. Mobutu Sese Seko, Zaire

Hampir sama dengan mantan presiden Indonesia, Soeharto, Mobutu Sese Seko terbilang memiliki masa jabatan yang cukup lama yaitu 32 tahun, sejak 1965 sampai 1997. Dan nyatanya selama itu juga Seko melakukan pencurian uang negara.

Mobutu Sese Seko (youtube.com)

Hingga kini masih tidak diketahui cara apa yang digunakan Seko hingga bisa mencuri uang sebesar 5 miliar dolar Amerika atau sekitar 66,5 triliun rupiah. Dia juga dinobatkan sebagai pemimpin paling korup 3 dalam dua dekade terakhir dan pemimpin Afrika yang paling korup selama periode yang sama.

2. Ferdinand Marcos, Filipina

Ferdinand Marcos telah menjabat sebagai presiden Filipina sejak tahun 1972 hingga 1986. Selama 14 tahun masa kepemimpinannya, Marcos memimpin Filipina dengan sifat diktatornya. Selama masa jabatannya ini pula Marcos mampu menjalin kedekatan dengan Amerika.

Ferdinand Marcos (independent.co.uk)

Namun secara diam-diam Marcos juga melakukan korupsi yang sangat merugikan negara. Jumlahnya tak main-main, Marcos melakukan korupsi dengan nilai 5 hingga 10 miliar atau sekitar Rp 133 triliun.

1. Muhammad Soeharto, Indonesia

Seperti judul di atas, kamu pasti mengenal siapa yang berada di urutan pertama. Iya, mantan presiden Indonesia ini dinobatkan Forbes sebagai pemimpin paling korup dalam sejarah. Soeharto telah menjabat sebagai presiden semenjak tahun 1967 dan berakhir pada tahun 1998. Selama 32 tahun masa kepemimpinan, beliau telah banyak menempatkan anggota keluarga kursi kementrian dan memberikan sejumlah perusahaan besar untuk ditangani oleh anaknya.

Soeharto (tirto.id)

Menurut Transparansi Internasional Korupsi Laporan Global 2004, korupsi yang telah dilakukan Soeharto juga tak main-main jumlahnya. Suharto berhasil melakukan korupsi sebesar 15-35 miliar Dolar Amerika, atau sekitar Rp 465 triliun. Bahkan jumlah korupsi Seko dan Marcos yang digabungkan masih tak bisa menandingi jumlah yang ‘dicuri’ oleh Soeharto.

Terkejut? Sama.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Belajar Dari Kasus Bos First Travel, Tidak Perlu Memaksakan Sesuatu Jika Kita Memang Tidak Mampu

Menurut Penelitian, Orang Ganteng dan Cantik Lebih Rentan Terkena Depresi dalam Hidupnya