Prediksi Lahiran saat Lebaran? Persiapkan 4 Hal Ini Mulai Sekarang

Tenang dan jangan panik, kamu bisa atasi dengan 4 hal ini

Bulan puasa tak hanya spesial bagi mereka yang merindukan pahala. Namun juga masa-masa menegangkan bagi calon ibu yang kandungannya sudah memasuki bulan akhir. Apalagi jika dokter mengatakan prediksi kelahiran terjadi ketika lebaran. Pasti lebih mendebarkan kan, mengingat di waktu tersebut banyak yang libur dan cuti panjang. Jadi, harus bagaimana?

Jangan panik, tetap tenang dan persiapkan segalanya mulai dari sekarang. Agar proses persalinan berjalan lancar meski saat lebaran, beberapa hal ini harus diperhatikan.

Tahan dulu keinginan untuk pergi jauh apalagi mudik ke luar daerah

Orang tua dan kerabat di kampung halaman memang sangat merindukan kehadiranmu di hari raya, namun tahanlah dulu keinginan untuk pulang. Masa kelahiran hanya tinggal menghitung hari. Artinya sangat berisiko jika memaksakan pergi jauh. Karena bisa saja air ketuban pecah, atau terjadi kontraksi saat perjalanan. Kondisi tersebut tentu bisa menyulitkan proses melahirkan sehingga membahayakan dirimu dan si bayi.

Tahan dulu keinginan untuk pergi jauh apalagi mudik ke luar daerah (timedotcom.files.wordpress.com)

Begitu pula dengan jadwal silaturahmi. Meski berada di satu kota, lebih baik kurangi dan jangan buat jadwal yang terlalu padat. Kunjungi saja sanak saudara yang dekat dengan rumah atau sekitar rumah sakit. Jadi kalau sewaktu-waktu tanda kelahiran muncul, kamu bisa bergegas ke dokter.

Tanyakan pada dokter tentang kesediaan di hari lebaran

Jika kamu ingin kelahiran dibantu oleh dokter yang selama ini memeriksa ketika hamil, maka tanyakan jauh-jauh hari. Apakah dia bersedia jika misalnya membantu kelahiran ketika malam takbiran atau saat hari lebaran. Karena tak semua dokter bisa selalu berjaga saat libur panjang.

Tanyakan pada dokter tentang kesediaan di hari lebaran (tourtooth.com)

Beruntung jika dia bersedia membantu, tapi jika tidak kamu harus segera mencari pengganti. Diskusikan dengannya siapa yang bisa menggantikan. Dokter rekomendasi biasanya lebih mudah memahami keadaanmu, dibanding harus mencari dokter yang benar-benar baru.

Cari rumah sakit bersalin untuk cadangan

Sebisa mungkin jangan hanya mengandalkan satu rumah sakit saja untuk momen kelahiran nanti. Cari juga cadangan yang memungkinkan menangani pasien ketika hari raya. Tanyakan juga apa apakah rumah sakit tersebut bisa melakukan tindakan operasi sesar jika diperlukan meski saat lebaran?

Cari rumah sakit bersalin untuk cadangan (Instagram @spannenburg_photography)

Iya, semua ibu pasti menginginkan kelahiran normal. Hanya saja mempersiapkan situasi terburuk juga perlu dilakukan. Tak ada yang tau jika nanti ada kondisi tertentu yang mengharuskan kamu melahirkan dengan cara sesar.

Atur jadwal besuk sedemikian rupa agar kamu tidak kelelahan

Melahirkan saat lebaran, artinya kamu harus siap kedatangan tamu yang lebih banyak dibanding hari biasa. Banyak keluarga yang akan memanfaatkan momen tersebut untuk bersilaturahmi sekalian menjenguk di rumah sakit atau bahkan setelah pulang. Sekalian merayakan kegembiraan karena kehadiran keluarga baru.

Atur jadwal besuk sedemikian rupa agar kamu tidak kelelahan (proactivehealthgroup.net)

Seorang ibu yang baru melalui proses kelahiran pasti membutuhkan banyak waktu untuk istirahat. Bijak-bijaklah mengatur waktu kunjungan agar si kecil juga bisa tidur dengan tenang. Memulihkan tenaga menjadi prioritas utama, kamu juga ingin menikmati waktu berdua saja dengan si bayi kan?

Nah itulah 4 hal yang setidaknya harus mulai di atur dari sekarang. Agar kamu bisa melalui proses kelahiran dengan aman dan nyaman.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *