Hal Buruk yang terjadi Pasca Peluncuran Pokemon Go

Pokemon Go ternyata memicu beberapa aksi kejahatan, benarkah?

Saat ini hadirnya fitur Pokemon Go sedang ditunggu-tunggu di Indonesia, sedangkan di beberapa negara lain aplikasi tersebut sudah rilis dan bisa dinikmati. Sejak dikenalkan saja, Pokemon Go sudah menyita perhatian, tak heran setalah ada di Play Store, banyak pengguna samartphone yang menggunakannya dan menjadikan Pokemon Go sebagai trend tersendiri.

Kemunculannya ternyata menyulut kontroversi. Ada yang mengungkapkan segala manfaatnya sebagai trobosan aplikasi smartphone baru. Namun di sisi lain ada juga yang mengumumkan keburukannya. Pokemon Go sendiri adalah sebuah permainan dengan teknologi terbaru yang memungkinkan kamu berburu pokemon di dunia nyata, tentunya dengan mengandalkan smartphone yang ada di tanganmu.

Pokemon Go [via youtube.com]
Pokemon Go [via youtube.com]
Game tersebut dibuat dengan teknologi terbaru berbasis augmented-reality. Sebuah sistem yang dikembangkan oleh tim bentukan Pokemon Company, Nintendo dan Niantic. Bisa dibilang Pokemon Go meraih kesuksesan dan dinantikan di banyak negara, termasuk Indonesia. Sebenarnya sebelumnya, sistem augmented-reality sudah diterapkan oleh Niantic untuk game Ingress. Kamu bisa keluar rumah dan mengunjungi lokasi tertentu untuk berburu pokemon yang besar dan lucu.

Aplikasi Pokemon Go di smartphone juga dilengkap dengan fitur tambahan untuk memanjakan para gamer. Salah satunya adalah ketersediaan item berbayar, dengan membayar sejumlah tagihan, kamu bisa mengembangkan pokemonmu dengan lebih cepat. Selain itu ada juga event-event yang seru untuk diikuti. Tunggu saja sampai game Pokemon Go ada di Layar smartphonemu. Jika sudah, kamu bisa langsung melihat dunia Pokemon.

Pokemon Go [via techcrunch.com]
Pokemon Go [via techcrunch.com]
Layar Smartphone akan menampilkan objek-objek 3D yang bisa kamu tangkap. Jika kamu pergi ke daerah sungai, maka kamu bisa menangkap Pokemon jenis air. Tidak cukup sampai di situ saja, kamu bisa bertukar pokemon dengan pengguna lain atau mengadu Pokemon untuk menaikkan level mereka.

Saat ini Pokemon Go masih belum ada di Indonesia dan kamu harus bersabar ya. Setelah rilis pertama kali, hingga saat ini, fitur tersebut baru tersedia untuk beberapa negara saja seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Belum ada kepastian kapan Indonesia akan mendapatkan jatah perilisan dari Niantic Labs. Kabar terbaru menyebutkan jika perilisan berikutnya baru akan dilakukan di Kanada, Eropa, dan Amerika Selatan.

Pokemon Go [via polygon.com]
Pokemon Go [via polygon.com]
Hadirnya Pokemon Go ternyata juga mengundang banyak sekali tindak kejahatan. Salah satunya adalah munculnya berbagai program jahat atau malware yang menyamar sebagai Pokemon Go. Memang di beberapa negara lain, Pokemon Go tetap bisa dimainkan meski belum ada di Google Play Store maupun App Store. Caranya dengan mengunduh file APK-nya. Namun kamu harus hati-hati karena bisa saja yang kamu download bukannya Pokemon Go melainkan virus atau malware.

Pokemon Go juga sempat diisukan sebagai penyebab kecelakan parah di suatu tempat, namun setelah diselidiki ternyata kabar tersebut hanya bohongan belaka. Foto yang beredar diketehui menampilkan kecalakaan yang terjadi pada tahun 2014 silam, meski begitu beberapa netizen sempat menyuarakan penolakan terhadap Pokemon Go. Namun hingga saat ini belum ada tanggapan dari Niantic dan lainya.

Pokemon Go [via theverge.com]
Pokemon Go [via theverge.com]
Di belahan bumi yang lain, Pokemon Go dimanfaatkan oleh sejumlah remaja untuk melakukan tindakan kejahatan. Melalui fitur geolocation di Pokemon Go, pelaku yang berjumlah empat orang melacak dan mengetahui posisi korban. Setelah korban ada dalam keadaan terpojok, pelaku mengancam dengan senjata api dan meminta korban menyerahkan hartanya. Pelaku berhasil ditangkap setelah korban melaporkan tindakan mereka pada polisi.

Mengetahui beberapa kejadian buruk yang terjadi, pihak Pokemon Company International dan Niantic menghimbau semua pengguna aplikasinya untuk waspada dan memperhatikan lingkungan sekitar. “kami mengimbau semua pemain Pokemon Go untuk waspada terhadap sekeliling dan bermain dengan teman saat datang ke tempat yang belum pernah didatangi.” tulis Pokemon Company melalui email

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *