Dari Sekian Banyak Pekerjaan, Kenapa Sih PNS Masih Jadi Primadona?

Bahkan juga jadi primadona bagi para orang tua dan calon mertua!

Beberapa waktu lalu, saya telah menuliskan sejumlah pekerjaan yang menjadi impian para generasi milenial. Mereka yang besar di era ini kebanyakan menolak mentah-mentah pilihan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Alasannya, PNS dianggap sebagai pekerjaan yang ‘kurang keren’ dan membosankan. Namun benarkah demikian?

Pada kenyataannya, profesi ini masih banyak diburu. Hal ini terbukti ketika pemerintah membuka lowongan CPNS 2017 batch 1 dengan jumlah formasi 19.210 orang. Ketika pendaftaran dibuka pada tanggal 1-31 Agustus 2017 lalu, jumlah pelamar yang masuk tembus angka 1.146.853 orang. Sebenarnya kenapa sih orang masih tertarik untuk menjadi PNS? Padahal kita semua tahu, gaji PNS terbilang pas-pasan.

Ternyata ini beberapa alasannya:

1. Mengincar tunjangan pensiun

Tunjangan pensiun menjadi alasan terbesar orang mau jadi PNS (poskotanews.com)

Sudah menjadi cerita lama jika pekerjaan ini menawarkan kompensasi menarik sebagai ganti gaji yang pas-pasan. Kompensasi tersebut adalah tunjangan pensiun yang diharapkan dapat menopang hari tua saat diri sudah tak lagi mampu bekerja. Alasan ini pula yang sering membuat para orang tua memaksa anaknya untuk ikut tes CPNS. Apakah orang tuamu juga salah satunya?

2. Ada gaji ke-13

Gaji ke-13 menjadi salah satu iming-iming menggiurkan yang bakal diterima oleh PNS (CNN)

Salah satu iming-iming yang dijanjikan oleh pemerintah melalui pekerjaan ini adalah gaji ke-13. Padahal, seperti kita tahu, dalam setahun hanya ada 12 bulan. Siapa sih yang nggak mau dapat gaji 13 kali dalam setahun? Menurut pemerintah, gaji ke-13 diberikan untuk membantu PNS membayar kebutuhan pendidikan keluarga atau anaknya saat memasuki tahun ajaran baru. Oh ya, gaji ke-13 ini beda dengan THR, ya!

3. Pekerjaan ini masih dianggap membanggakan

Meilisa Onibala, salah satu dari sekian banyak PNS cantik yang makin bikin para lelaki tertarik jadi PNS (donlucka.wordpress.com)

Selain perkara tunjangan pensiun dan gaji ke-13, PNS juga masih dianggap sebagai pekerjaan yang membayangkan, sama membanggakannya seperti kalau kita mendaftar di perguruan tinggi negeri favorit dan diterima. Seperti sudah saya ulas di awal, pendaftaran CPNS tahun ini mencapai angka 1.146.853 pelamar, padahal lowongan yang tersedia hanya 19.210 orang. Bisa dibayangkan sendiri bukan, betapa bangganya bisa jadi ‘orang-orang terpilih’d i kantor pemerintahan?

4. Cenderung lebih aman dari PHK

PNS tidak perlu takut terkena PHK karena perusahaan bangkrut (oketekno.com)

Berhubung PNS berada di bawah naungan pemerintah, maka mereka yang bekerja sebagai PNS cenderung lebih merasa aman dari kemungkinan pemecatan. Tentu saja ini tidak berarti seorang PNS lantas bisa berbuat seenaknya, ya! Mereka tetap wajib bekerja dan berperilaku tertib sesuai aturan yang ada. Setidaknya, mereka merasa lebih tenang karena kemungkinan perusahaan yang mempekerjakannya jatuh rugi dan melakukan pemangkasan karyawan besar-besaran.

5. Banyak waktu luang karena tidak dibebani target

Pekerjaan sebagai PNS masih dipandang sebagai pekerjaan yang lebih santai ketimbang pekerjaan di sektor swasta (ayobandung.com)

Sudah bukan rahasia umum jika pekerjaan sebagai PNS adalah pekerjaan yang dianggap santai dan minim ketegangan. Ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan perusahaan swasta yang mewajibkan seluruh karyawannya memenuhi aneka target. Coba bandingkan jika kita bekerja di perusahaan swasta semisal di sektor perbankan. Kita akan diminta memenuhi taget tertentu dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Ini membuat karyawan swasta lebih mudah stres dan tertekan.

Memang sih, pekerjaan sebagai PNS ‘semenyenangkan’ itu. Tapi, saya sih tetep nggak mau. Kurang tantangan! Kalau kamu bagaimana?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Wajahnya Sering Dijadikan Meme, Latar Belakang Orang Ini Ternyata Bikin Kagum Banyak Orang

5 Kalimat Sederhana yang Paling Ingin Didengar Setiap Wanita dari Pasangannya