Demi Mengurangi Pencemaran, Pemuda Bali Ini Ciptakan Plastik yang Bisa Diminum! Seperti Apa ya?

Keren banget inovasinya! Pemuda seperti inilah yang perlu kita contoh

Seperti yang sudah kamu ketahui, saat ini pencemaran karena limbah plastik memang sudah memasuki tahap yang mengerikan. Plastik tidak hanya mencemari lingkungan, namun juga sudah “membunuh” banyak spesies hewan di bumi. Bahkan beberapa diantaranya mendekati kepunahan karena limbah yang dihasilkan manusia ini. Bayangkan saja jika setiap orang memakai satu sedotan dan kantong plastik setiap harinya, sementara penduduk bumi ada milyaran. Berapa jumlah sampah yang dihasilkan?

Polusi sampah plastik (theplaidzebra.com)

Apalagi plastik termasuk bahan yang sulit sekali terurai sehingga membutuhkan waktu sangat lama. Tentu ini menjadi persoalan lingkungan yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Inilah yang kemudian membuat Kevin Kumala, pemuda asal Bali membuat sebuah produk plastik ramah lingkungan.

Kevin dan produk plastiknya (mldspot.com)

Dilansir dari banyak sumber, Kevin telah membangun sebuah perusahaan start-up berbasis sains bernama Avani Eco pada 2013 lalu. Misinya sangat sederhana, yaitu bisa menghasilkan plastik yang tetap praktis dan kuat sekaligus dapat terurai dengan cepat. Paling penting produk tersebut tidak berbahaya bagi makhluk hidup lain.

Plastik aman untuk lingkungan (itjeher.com)

Umumnya, plastik yang bisa terurai memiliki label 3R yaitu reduce, reuse, recycle. Namun sepertinya perlu ditambah satu istilah lagi yaitu replace atau membuat pengganti. Oleh karena itu Kevin memilih singkong sebagai bahan utama produk plastiknya. Apalagi singkong termasuk bahan yang murah serta mudah ditemukan di Indonesia.

Terbuat dari singkong (static1.squarespace.com)

Alih-alih memilih yang mentah, Kevin justru memakai singkong dalam bentuk tepung jenis industrial grade, yang biasa dipakai untuk pakan ternak. Kevin bekerja keras selama hampir 3 tahun dengan melakukan penelitian di laboratorium agar bisa menghasilkan plastik dengan ketahanan tinggi. Hingga akhirnya produk ciptaannya siap dipasarkan pada tahun 2016.

Bahkan bisa diminum! (inhabitat.com)

Inovasi bioplastik ciptaan Kevin ini diklaim sangat aman, bahkan kamu bisa meminumnya! Kok bisa ya? Diketahui jika plastik ini bisa hancur jika dilarutkan dalam air, selain itu juga terurai sempurna di dalam tanah selama 90 hari. Keuntungannya lagi plastik ini bisa menjadi kompos untuk tanaman.

Mudah terurai (static1.squarespace.com)

Impian dan cita-cita yang sangat mulia, kan? Namun semua harapan Kevin tentu tak akan terwujud jika dia bergerak sendiri. Butuh kesadaran dan dan kerjasama dari banyak pihak untuk membuat bumi jadi lebih sehat tanpa plastik. Kamu bersedia mendukungnya?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *