7 Pertanyaan Ini Bisa Membuat Momen Lebaranmu Jadi Galau, Siapin Jawabannya Ya!

Jangan lupa jawab sambil senyum ya…

Lebaran tinggal menghitung hari. Antusiasme untuk mudik dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman sudah mulai sangat terasa. Memang, lebaran menjadi momen paling tepat untuk berkumpul bersama orang-orang tercinta. Tak ketinggalan saling mengunjungi dan berkumpul dengan keluarga besar juga tak boleh dilewatkan. Namun, terkadang momen kumpul keluarga besar ini menjadi momen “galau” bagi sebagian kamu yang berusia 20tahunan. Sesi saling tanya kabar terkadang menimbulkan banyak pertanyaan yang terkadang susah untuk dijawab.

Entah kenapa pertanyaan-pertanyaan menggalaukan ini hanya muncul dikala lebaran. Mulai pertanyaan tentang jodoh hingga pekerjaan. Mungkin kamu perlu menyiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul berikut ini.

(Via hipwee.com)
(Via hipwee.com)

Untuk si mahasiswa: “Kapan lulus?”

Untuk kamu mahasiswa yang memasuki tahun terakhir, lebih baik mulai menyiapkan jawaban untuk pertanyaan satu ini daripada kamu mati kutu nantinya. Bagi yang berstatus mahasiswa akhir, pertanyaan ini bisa dibilang cukup sensitif. Siapa sih yang ngga mau cepat lulus kuliah? Namun terkadang masalah yang dihadapi untuk meraih kelulusan itu yang membuat pertanyaan satu ini jadi cukup menyebalkan.

(Via huffingtonpost.com)
(Via huffingtonpost.com)

Ada beberapa cara untuk menjawab pertanyaan satu ini agar mereka berhenti bertanya. Yang pertama, seriuslah kerjakan skripsimu agar segera lulus. Yang kedua, jawaban klise “Segera kok, doakan saja” dengan dibarengi senyum manis dan segera ganti topik pembicaraan.

Untuk si jomblo: “Mana calonnya?”

Mblo, lebih baik kamu siapkan mental untuk pertanyaan sadis macam ini. Entah siapa yang mulai memunculkan pertanyaan ini saat lebaran. Terkadang saudara hanya ingin tau apa kamu sudah ada calon atau belum. Kalau sudah ada pasangan sih jawab saja jujur apa adanya kalau pasanganmu mudik atau semacamnya.

(Via depressiontoexpression.com)
(Via depressiontoexpression.com)

Kalau yang jomblo coba aja jawab  “Jodoh saya belum lahir om, tante” atau “Jodoh saya masih dipinjam orang lain, belum nemu jalan baliknya ke saya” jangan lupa sambil pasang senyum manis walaupun hati nangis. Yang sabar ya mblo, memang sulit memahami orang lain.

Untuk si pacaran bisa juga si jomblo: “Kapan nikah?”

Nah ini nih yang bikin galau setengah hidup. Pertanyaan yang bisa dibilang tak pandang bulu. Entah kamu yang sudah punya pasangan atau untukmu yang jomblo, pertanyaan satu ini pasti sering dilemparkan kepadamu kalau dirasa usiamu sudah memasuki usia menikah.

(Via wajibbaca.com)
(Via wajibbaca.com)

Mau tak mau kamu harus menjawabnya, apalagi yang bertanya adalah yang dituakan dalam keluarga. Jawab saja dengan jujur tentang bagaimana kesiapanmu, siapa tau kamu mendapatkan wejangan yang bisa diikuti. Untukmu yang jomblo, lebih baik minta didoakan saja agar segera mendapat jodoh. Sekali lagi, yang tabah ya mblo.

Untuk si pengagguran: “Kapan kerja?”

Bagi yang sudah bisa menjawab pertanyaan kapan lulus, badai belum berlalu. Pertanyaan satu ini pasti mengikuti. Sudah sewajarnya jika setelah lulus kuliah kamu melanjutkannya dengan bekerja. Tapi banyak alasan yang membuat pertanyaan satu ini terdengar cukup nyelekit. Selain ingin bersantai sebentar sebelum masuk kedunia kerja, faktanya mencari pekerjaan juga susah dan butuh banyak usaha. Terkadang orang lain tak merasakan perjuangan macam apa yang kita lalui demi mendapat pekerjaan sehingga dengan entengnya bertanya kapan kerja? atau kerja dimana?

(Via selaras.id)
(Via selaras.id)

Yang tak kalah menyebalkan ketika ditanya “Udah ngelamar dimana aja?” Iya kalau perusahaan yang dilamar hanya satu atau dua, kalau sepuluh? Yakali harus menjelaskan satu-satu. Yang ada kamu hanya akan menjawab “Wah banyak om, tante sampai lupa udah masukin kemana aja”.

Untuk pelajar: “Lanjut kuliah dimana?”

Tak hanya kaum mahasiswa saja yang bisa galau dtanya kapan lulus, atau kaum lulus yang ditanya kapan kerja. Kamu yang baru saja bahagia karena lulus sekolah bisa juga mendapatkan jatah pertanyaan yang tak kalah menggalaukan. Abis lulus sekolah lanjut kuliah dimana?

(Via educationone-indo.com)
(Via educationone-indo.com)

Bersyukurlah yang sudah mendapat perguruan tinggi sebelum lebaran datang karena jawabannya sudah pasti. Namun, terkadang kamu dibikin sebel kalau ternyata perguruan tinggi yang kamu masuki tak dikenal namanya. Siap aja ditanya “Itu perguruan tinggi apa?” Sakiiiittt coy. Untuk kamu yang masih belum tau dimana, ini bisa bikin hati sedih. Kamu hanya harus terus berjuang agar bisa menjawab pertanyaan itu.

Untuk si pengantin baru: “Kapan dapat momongan?”

Sungguh pertanyaan sensitif yang hanya bisa dijawab oleh Tuhan. Mungkin niatnya baik menanyakan bagaimana perkembangan kamu dan pasangan dan ingin agar keluargamu semakin lengkap, namun dengan cara yang berbeda (mungkin). Jangan dibawa stress ya kalau kamu mendapat pertanyaan satu ini.

(Via onionstatic.com)
(Via onionstatic.com)

Karena pada dasarnya kamu tak bisa menentukan kapan akan mendapat momongan. Hanya menunggu saja saat yang tepat dimana kamu dipercaya untuk menjadi orang tua.

Untuk siapa saja: “Kamu gendutan ya?”

Entahlah apa jawaban untuk pertanyaan mengerikan ini. Mungkin kamu lebih paham harus menjawab bagaimana. Sudah ya, bye!

(Via huffingtonpost.com)
(Via huffingtonpost.com)

Nah itulah beberapa pertanyaan legenda yang sering muncul dikala lebaran tiba. Momen berkumpul bersama keluarga besar memang menyenangkan dan banyak kejutan. Nikmati saja. Udah mau lebaran nih, segera siapkan jawaban ya! Yuk share biar temanmu juga ‘siaga’ menghadapi lebaran 😀

 

Written by Erinda

"You can if you think you can"

3 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *