Satu Pertanyaan Sederhana Ini Akan Membantu Mengukur Kualitas Hubunganmu Dengannya

Nggak perlu belajar, ini pertanyaan mudah kok

Jika ditanya tentang kualitas apa yang harus ada pada pasangan bahagia, mungkin setiap orang akan menjawab dengan berbagai versi yang berbeda. Tak masalah karena setiap manusia diciptakan dengan pikiran dan akal yang berbeda-beda pula. Namun ada satu pertanyaan penting yang bisa kamu gunakan untuk mengukur kualitas hubunganmu secara umum. Pertayaan ini cukup sederhana:

Seberapa sering kamu dan pasangan tertawa bersama?

samhurdphotography.com
samhurdphotography.com

Dengan pertanyaan ini kamu bisa mengukur sendiri seberapa baik dan seberapa berkualitasnya hubunganmu dengan si dia. Ada apa dengan tertawa? Menurut penelitian terbaru, pasangan yang sering tertawa bersama akan cenderung memiliki hubungan yang lebih berkualitas.

Para peneliti dari University of North Carolina di Chapel Hill mencatat ada 71 pasangan yang menceritakan kisah tentang bagaimana mereka pertama kali bertemu. Kemudian para peneliti menghitung berapa kali pasangan tersebut tertawa, dan apakah mereka tertawa bersama-sama atau tertawa sendiri. Hasilnya, pasangan yang tertawa bersama-sama dilaporkan memiliki hubungan dengan kualitas yang lebih tinggi, yang didasarkan oleh perasaan kedekatan mereka dan juga dukungan satu sama lain.

nathanmitchellphotography.com
nathanmitchellphotography.com

Penyebab tertawa juga bisa karena perbedaan gender. Dari hampir 1.400 orang yang tertawa para peneliti mencatat, 62% adalah perempuan. Tapi pria lebih mungkin menularkan tawa, hal ini menyebabkan pasangan wanitanya ikut tertawa bersama-sama. Dan balasan tawa ini memiliki efek khusus pada laki-laki.

Untuk ukuran sampel, 71 pasangan terlalu sedikit untuk mengetahui apakah ada efek sama pada populasi umum, tapi penelitian yang sebelumnya telah mendukung penelitian ini. Hasil penelitian menetapkan bahwa kenangan peristiwa yang positif memiliki efek menguntungkan pada hubungan, dan tertawa memainkan peran yang penting. Pasangan yang mengenang tentang sesuatu dan tertawa bersama-sama memiliki nilai yang lebih tinggi dalam hubungannya.

usnews.com
usnews.com

Para ilmuwan percaya bahwa, tertawa bersama-sama merupakan salah satu cara yang berpotensi membuat hubungan lebih harmonis dan jauh lebih kuat.

Jadi inilah saran paling sederhana untukmu agar hubunganmu dan dia bisa lebih baik: Tertawalah bersama-sama tentang suatu hal, ceritakan lelucon dan bermain bersama sesering yang kalian bisa. Dengan begitu kamu bisa mencapai hubungan yang lebih baik, harmonis dan tentu hubungan yang menyenangkan.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *