Persoalan Ngidam Ibu Hamil, Modus Atau Serius? Ini Penjelasan Ilmiahnya.

Apa sih ngidam itu?

Bagi sebagian orang, masa hamil merupakan masa yang paling menyenangkan. Meskipun tidak dipungkiri, masa kehamilan merupakan masa yang paling berat bagi seorang wanita. Betapa tidak, saat hamil kondisi fisik maupun psikis seorang wanita akan mengalami perubahan yang bisa membuatnya stres.

ibu hamil ngidam (klikdokter.com)

Salah satu yang hal yang bisa membuat stres seorang wanita saat hamil, ialah persoalan ngidam. Meskipun tidak semua orang hamil mengalami ngidam yang membuat stres, namun kebanyakan mereka yang mengalami ngidam akan menghadapi persoalan tersendiri, khususnya bagi mereka yang ngidam dengan hal-hal yang tidak biasa atau susah didapatkan.

Lalu bagaimana sebenarnya persoalan ngidam itu terjadi, benarkan dalam dunia medis ada istilah ngidam, atau hanya modus ibu hamil saja agar keinginannya terturuti.

Ngidam ditinjau dari perspektif dunia medis

Jika ditinjau dari segi dunia medis, persoalan ngidam masih menjadi misteri dan belum ada teori khusus yang menjelaskan fenomena secara spesifik. Sampai hari ini, para pakar kehamilan dan pakar kesehatan menganggap fenomena ngidam hanya sebuah fenomena kekurangan nutrisi dan zat besi pada tubuh ibu hamil.

Menurut Dr. med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K)., Konsultan Fetomaternal di Departemen Obsteri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Univesitas Indonesia mengatakan, adanya keinginan terhadap sesuatu yang kadang di luar nalar disebabkan kondisi ibu hamil kekurangan zat besi.

Ngidam menurut dokter (tanyadokter.com)

Kekurangan zat besi memang membuat seseorang berfikir menjadi kurang logis. Hal ini juga menjadikan alasan kenapa wanita cenderung tidak suka berfikir secara logis dibandingkan dengan pria, sebab wanita mengalami menstruasi setiap bulannya yang mana hal itu berdampak pada penurunan zat besi pada wanita.

Selain kekurangan zat besi pada ibu hamil yang membuatnya memiliki keinginan terhadap sesuatu yang aneh atau di luar nalar, pada ibu hamil juga mengalami dimana tubuhnya saangat terkuras nutrisinya. Kekurangan nutrisi pada tubuh ibu hamil membuatnya merasa “bergairah” terhadap sesuatu, baik makanan ataupun benda. Hal inilah yang kemudian dalam masyarakat dikenal dengan fenomena ngidam.

Mitos ngidam dan bayi ngileran

Jadi, jika ditinjau dari dunia medis, ngidam hanya sebuah gejala dimana ibu hamil mengalai kekurangan nutrisi dan zat besi. Namun, jika ditinjau dari kepercayaan masyarakat, ada mitos unik terkait persoalan ngidam. Konon katanya jika ibu hamil ngidam sesuatu dan suami tidak memenuhinya, maka bayi yang lahir akan mengalami kelainan pada air liur yang berlebihan atau dikenal ngileran atau juga ngecesan.

Mitos terkait ngidam (klikdokter.com)

Terlepas dari benar atau tidak persoalan mitos ngidam itu, masyarakat kita sudah terlanjur mempercayai jika ngidam itu harus dipenuhi, dan jika tidak terpenuhi maka pasangan suami istri tersebut siap-siap menerima konsekuensinya.

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *