Biar Nggak Berantakan, Ini Tips Mempersiapkan Pernikahan Untuk Kamu yang LDR-an

Jangan khawatir, persiapan pernikahan bisa tetap lancar meski terpisah jarak dengannya~

Pernikahan adalah momen penting yang melibatkan dua orang dan juga dua keluarga. Sudah sewajarnya jika pernikahan disiapkan bersama dan sebaik mungkin agar sesuai dengan keinginan kedua belah pihak. Perbedaan pendapat, argumen hingga pertengkaran pun tak bisa dilepaskan dari prosesnya. Pasangan yang tinggal di satu kota dan selalu berdekatan saja bisa mengalami kesulitan ketika mempersiapkan pernikahan. Bagaimana dengan mereka yang terpisah jarak?

Persiapan pernikahan bagi LDR (inspiringtips.com)

Pasti tantangannya dua kali lebih besar ya daripada pasangan yang tinggal berdekatan. Namun tak perlu khawatir, kamu yang LDR-an juga bisa kok mempersiapkan pernikahan dengan lancar. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar rencana kalian nggak berantakan apalagi berakhir perpisahan!

Atur waktu untuk bertemu

Karena persiapan memang harus dilakukan bersama-sama maka langkah pertama adalah mengatur waktu yang tepat untuk bertemu serta berdiskusi. Atur jadwal untuk bertatap muka langsung, bicarakan tentang pembagian tugas atau mematangkan deadline-deadline diantara kedua belah pihak. Jika memungkinkan sekalian datangi vendor-vendor yang terlibat atau selesaikan sesuatu yang penting dimana keputusan berdua sangat diperlukan.

Atur waktu bertemu (powerofpositivity.com)

Tak perlu terlalu sering bertemu. Misalnya saja dalam masa persiapan selama 3 bulan, pertemuan bisa dilakukan dua atau tiga kali namun secara berkualitas. Artinya kalian harus menggunakan waktu sepenuhnya untuk fokus dengan persiapan pernikahan. Untuk keperluan lainnya bisa dilakukan via telepon atau video call untuk berdiskusi.

Pembagian tugas

Nah pada poin ini kerjasama kalian diuji. Pembagian tugas harus disesuaikan dengan kekuatan maupun kelemahan masing-masing. Misalnya saja pasangan kamu menyukai fotografi, maka biarkan dia yang memilih vendor foto sementara kamu menangani bagian dekorasi atau makeup jika bisa. Namun tetap saja persetujuan kedua belah pihak sangat dibutuhkan.

Pembagian tugas (glamour.com)

Jika pembagian tugas dirasa berat, kamu bisa meminta pihak ke tiga untuk membantu. Dalam hal ini bisa kepada wedding organizer atau keluarga yang dipercaya dengan membentuk susunan panitia acara. Dengan begitu tugas kalian bisa jauh lebih mudah.

Batasi pembicaraan tentang persiapan pernikahan

Mungkin persiapan yang sedang kalian jalani sekarang ini sangat menyita perhatian. Sehingga obrolan sehari-hari hanya seputar “Wah aku ingin gaun yang ini”, “apa saja yang sudah kamu siapkan?”, “Vendor A sepertinya kurang, pilih vendor B saja” atau pembicaraan serupa. Apalagi semakin mendekati hari H, obrolan seputar persiapan akan semakin sering dilontarkan.

Batasi pembicaraan tentang persiapan pernikahan (cloudfront.net)

Bukan tak mungkin pembicaraan tersebut akhirnya menyita semua perhatian kita kepada pasangan. Tak ada lagi bertanya kabar, mengingatkan makan, perhatian ketika sakit atau bahkan ucapan selamat pagi. Bisa-bisa hubungan kalian justru semakin renggang karena hal ini. Ada baiknya batasi pembicaraan, tunggu ada titik terang atau keputusan selanjutnya barulah bicarakan persiapan lagi.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk persiapkan pernikahan meski sedang berjauhan. Jangan lupa hubungan agar tetap hangat sampai pernikahan tiba ya. Selamat mencoba!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *