4 Persiapan Penting Sebelum Ikut Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri

Nunggu hasil SMBPTN? Jangan bengong! Sambil belajar dong sembari persiapkan UMPTN

Saat ini semua orang sedang fokus memulai ramadan dengan melakukan banyak kebaikan. Hingga lupa bahwa lulusan SMA dan SMK di luar sana sedang berjuang memperebutkan bangku di perguruan tinggi negeri. Setelah beberapa hari lalu digelar ujian SBMPTN secara serentak, kini saatnya menyambut ujian mandiri bagi mereka yang masih ingin berusaha mendapatkan PTN favorit.

Persiapan ujian mandiri (Malesbanget.com)

Pengumuman SBMPTN memang masih lama, namun jangan sampai kamu hanya berdiam diri menunggu hasil. Gunakan waktu sebaik mungkin dengan mempersiapkan ujian mandiri jika dirasa perlu untuk mengikuti. Nah untuk kalian yang ingin ikut, beberapa hal ini harus disiapkan sejak dini.

Selalu update dan cari informasi tentang pelaksanaannya

Pertama-tama cari tahu informasi tentang ujian mandiri yang akan dilaksanakan masing-masing universitas. Secara berkala update tentang kapan pelaksanaannya, persyaratan pendaftaran, biaya, hingga tempat diadakan. Jangan sampai kamu salah informasi sehingga menggagalkan ujian yang diikuti.

Selalu update dan cari informasi tentang pelaksanaannya (hydroncorp.com.ph)

Paling penting, cek secara langsung melalui website resmi ya. Jangan percaya informasi apapun yang beredar apalagi di akun abal-abal. Menanyakan informasi secara langsung ke pihak kampus justru sangat dianjurkan.

Rajin belajar

Klasik? Tentu saja, karena memang tak ada yang bisa kamu lakukan selain belajar, belajar, dan terus belajar. Jangan menyerah dan bosan, tetap semangat memperluas pengetahuan demi masuk universitas. Evaluasi kemampuan dari SBMPTN yang diikuti karena soal yang akan keluar tidak jauh beda dengan ujian mandiri.

Rajin belajar (studentworldonline.com)

Cobalah menyelesaikan soal yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Perbanyak . latihan dan terus tingkatkan target, jangan biarkan satu hari berlalu dengan sia-sia tanpa belajar. Jika perlu uji kemampuan dengan mengikuti try out yang sering diadakan oleh lembaga pendidikan.

Hobi dan olahraga untuk meningkatkan mood

Terus menerus belajar terkadang membuat kamu merasa jenuh dan penat. Untuk mengembalikan semangat dan meningkatkan mood, refreshing perlu dilakukan. Bisa dengan olahraga ringan atau lakukan hobi yang kamu gemari. Misalnya saja nonton film, main game, membaca, menulis dan sebagainya.

Hobi dan olahraga untuk meningkatkan mood (Listovative)

Dengan catatan, jangan keterusan! Kebanyakan orang terlalu asyik ‘istirahat’ sehingga lupa dengan tugas yang sesungguhnya. Batasi dan atur waktunya sampai rasa bosan hilang. Setelah itu kembali belajar agar segera tercapai target yang diinginkan.

Jangan lupa berdoa

Setelah semua usaha yang kamu lakukan, jangan lupa untuk selalu berdoa. Minta kepada-Nya dengan sungguh-sungguh agar dimudahkan apa yang kamu usahakan. Karena sesungguhnya seluruh dunia ada dalam kuasa Tuhan yang Maha Esa dan niatkan mencari ilmu sebagai ibadah.

Jangan lupa berdoa (aboutislam.net)

Jika doa saja dirasa tak cukup, perbanyak amalan yang lainnya. Misalnya saja dalam Islam ada puasa sunah, infaq, bersedekah, hingga sholat tahajud. Berserah diri karena manusia hanya bisa berencana sementara Allah yang menentukan hasilnya.

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu siapkan mulai sekarang. Semakin matang persiapan, maka semakin baik hasil yang akan didapatkan. Semangat ya!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *