Nih Persiapan Lamaran yang Harus Dilakukan Pihak Cowok Sebelum Datang Kerumah Camer

Jangan sampai ada yang kelupaan ya!

Tunangan atau lamaran menjadi salah satu tradisi yang dilakukan sebelum menuju pernikahan. Acara yang tak kalah sakral ini sebagai tanda permohonan ijin kepada orang tua wanita untuk meminang anak gadis mereka. Meski acaranya sederhana namun banyak hal yang harus dipersiapkan terutama oleh pihak laki-laki. Apa saja ya persiapan lamaran sebelum datang ke rumah calon mertua?

Cincin atau tanda “pengikat” lain sesuai kesepakatan

Dalam lamaran, cincin biasanya digunakan sebagai simbol untuk mengikat hubungan sebelum pernikahan. Perhiasan ini nantinya akan disematkan oleh ibunda atau perwakilan pihak laki-laki ke jari wanita yang di lamar. Namun sebelum kamu membeli tanda “pengikat” ini lebih baik diskusikan dulu bersama apakah tetap cincin atau akan diganti dengan yang lain.

Cincin atau tanda “pengikat” lain sesuai kesepakatan (idntimes.com)

Karena tidak semua pasangan menggunakan cincin untuk lamaran. Banyak juga yang menggantinya dengan kalung atau gelang sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Bahkan ada yang menggunakan cincin lamaran sekaligus untuk pernikahan agar hemat biaya. Namun usahakan pilih modelnya bersama-sama ya agar si wanita dengan senang hati menggunakannya.

Kotak cincin

Kotak cincin (idntimes.com)

Agar momen lamaran lebih apik jangan lupa siapkan kotak cincin atau perhiasan agar lebih berkesan. Banyak toko emas yang juga menyediakan tempat cincin dengan bentuk yang standar. Atau kalau kamu mau lebih menarik, pilih saja desain yang unik misalnya kotak kaca, kau-kayuan atau terarium seperti yang sedang hits belakangan ini.

Makanan untuk buah tangan

Selain pernak-pernik untuk perhiasan dan wadahnya, jangan lupa siapkan buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga wanita. Namanya berkunjung ke rumah orang dengan membawa maksud dan tujuan, tak etis jika datang dengan tangan kosong. Nggak mau dong dicap pelit sama calon mertua?

Makanan untuk buah tangan (aneerzarn.blogspot.com)

Siapkan saja aneka makanan ringan, buah-buahan, kue atau oleh-oleh khas daerah. Kamu bisa membawanya begitu saja atau bisa dikemas agar lebih cantik. Umumnya sih oleh-oleh ini bisa disendirikan, atau digabung dengan seserahan.

Seserahan atau hantaran

Ada beberapa pendapat terkait pemberian hantaran. Sebagian menganggap hantaran harus diberikan sesaat sebelum ijab, tapi ada juga yang diberikan ketika lamaran atau pengajian. Sesuai dengan adat dan tradisi masing-masing daerah. Nah jika kamu ingin memberikannya ketika lamaran, maka jangan lupa persiapkan.

Seserahan atau hantaran (idntimes.com)

Hantaran yang diberikan bisa berupa perlengkapan ibadah, atau apa saja yang nantinya akan digunakan oleh calon mempelai wanita. Atau jika kamu bingung, boleh cek pada artikel ini. Isi hantaran ini tidak ada yang wajib, semua sesuai selera dan kebutuhan saja. paling penting sesuaikan dengan budget yang dimiliki ya.

Nah itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum lamaran. Oh ya pastikan juga berapa orang dari keluarga cowok yang akan hadir sebagai informasi kepada pihak wanita untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Paling utama persiapan mental, sudah yakin kan ingin melamar si dia?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *