Persamaan Tak Terduga Antara 7 Hokage dan 7 Presiden Indonesia

Kok bisa pas banget gini ya…?

Siapa yang tak kenal Naruto? Di Indonesia, film anime ini bahkan tidak hanya digandrungi oleh anak-anak saja, namun juga orang dewasa yang sudah punya anak. Dan ternyata, ada yang unik lho dari film asal Jepang ini jika disandingkan dengan figur presiden-presiden Indonesia.

Baca juga : Meski Lulusan SD, Wartawan Senior Ini Disegani Oleh para Jurnalis Indonesia Karena Kemampuannya

Dalam film Naruto, ada istilah ‘hokage’ yang merupakan sebutan untuk pemimpin desa Konoha, desa kelahiran Naruto. Jika dibandingkan, hokage punya kedudukan yang sama persisi dengan presiden Indonesia.

Nah, entah sengaja atau tidak, selain sama-sama berjumlah tujuh, para hokage Konoha dan presiden Indonesia punya kesamaan yang aneh untuk disebut kebetulan. Apa saja? Dimulai dari Hashirama Senju dan Ir. Soekarno, inilah persamaan-persamaan yang sangat tak terduga itu.

1. Hashirama Senju (hokage pertama) dan Ir. Soekarno (presiden RI pertama)

Hashirama dan Soekarno punya kesamaan yang sangat jelas, yaitu sama-sama sebagai tokoh pendiri desa atau negara. Selain itu, keduanya juga sama-sama dihormati dan dikagumi karena kharismanya, dari awal menjabat sebagai pemimpin hingga masa hokage atau presiden ketujuh.

2. Tobirama Senju (hokage kedua) dan Soeharto (presiden RI kedua)

Dua tokoh ini sama-sama ikut berandil besar dalam membantu hokage atau presiden pertama untuk membangun dan memimpin desa atau negara. Persamaan lain, Tobirama dan Soeharto sama-sama memiliki sifat yang tegas.

3. Hiruzen Sarutobi (hokage ketiga) dan B.J Habibie (presiden RI ketiga)

Sarutobi dan Habibie punya kesamaan pada fisiknya yang kecil. Di sisi lain, keduanya juga terkenal karena kejeniusan mereka yang di atas rata-rata.

4. Minato Namikaze (hokage keempat) dan Abdurrahman Wahid (presiden RI keempat)

Sama-sama punya masa jabatan yang sebentar adalah persamaan Minato dan Gus Dur –panggilan akrab Abdurrahman Wahid– namun menyumbang kontribusi yang besar terhadap desa atau negara masing-masing. Persamaan lain, dua tokoh ini juga sama-sama humorisnya.

5. Tsunade Sama (hokage kelima) dan Megawati Sukarnoputri (presiden RI kelima)

Selain sama-sama menjadi pemimpin wanita pertama di desa atau negaranya, Tsunade dan Megawati lahir dari keturunan yang sama. Tsunade merupakan cucu dari Hashirama Senju, sedangkan Megawati adalah anak kandung Ir. Soekarno.

6. Hatake Kakashi (hokage keenam) dan Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden RI kelima)

Jauh sebelum menjabat sebagai hokage atau presiden, Kakashi dan Susilo Bambang Yudhoyono sama-sama tumbuh besar di kalangan militer.

7. Uzumaki Naruto (hokage ketujuh) dan Joko Widodo (presiden RI ketujuh)

Saat masih kecil, Naruto begitu ambisius untuk menjadi hokage. Sayangnya, hal itu hanya dianggap guyonan oleh teman-temannya. Ini, sama dengan Jokowi yang dianggap tidak mampu memimpin Indonesia. Namun nyatanya, Konoha dan Indonesia benar-benar berkembang di tangan mereka.

Bagaimana, semua persamaan di atas sangat aneh untuk disebut kebetulan, kan? Apakah sebelum mengarang jalan cerita Naruto, Masashi Kishimoto mempelajari sejarah Indonesia terlebih dulu Hm, siapa tahu…


Rekomendasi #SobatInovasee:

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

4 Alasan Kenapa Lagu Jadul Jauh Lebih Berfaedah Daripada Lagu Kekinian

Ladies, Ini Lho 7 Jenis Senyum Pria dan Makna di Baliknya