Keren, Cina Punya Perpustakaan Modern dengan 1,2 Juta Koleksi Buku

Kalau perpustakaannya seperti ini, pengunjung bisa betah membaca di sini

Sampai detik ini, Inovasee percaya bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang punya minat baca tinggi. Indonesia nampaknya masih jauh dari kata maju, karena berdasarkan riset, minat baca Indonesia berada di posisi ke-60 dari 61 negara yang diteliti. Menyedihkan, bukan?

Hal itu bisa dilihat pula dari kesan yang selalu muncul tentang perpustakaan: sebuah ruang penuh buku yang pengap dan berdebu. Kalau sudah begini, tak heran kalau orang lebih suka menghabiskan waktunya nongkrong di mall ketimbang membaca buku di perpustakaan. Andaikan saja perpustakaan di Indonesia bisa semenarik dan semodern perpustakaan di China berikut ini….

Perpustakaan masa depan

Sebuah perpustakaan megah nan modern baru saja selesai dibangin di China. Perpustakaan bernama The Tianjin Binhai Public Library itu nampak futuristik dan betul-betul membuat pengunjung terpukau. Betapa tidak, arsitekturnya saja elegan dan terasa mewah.Di tengah-tengah auditorium, ada bola mata raksasa di tengahnya yang memberikan aksen tersendiri.

perpustakaan tianjin (newsweek.com)

Berhubung ini adalah sebuah perpustakaan, tentu saja penting membahas koleksi bukunya. Perpustakaan seluas 34.000 meter persegi berlantai lima ini kabarnya memiliki 1,2 juta koleksi buku yang boleh dibilang cukup lengkap (sebagai pembanding, cabang utama New York Public Library di Amerika Serikat memiliki koleksi 2,5 juta buku).

‘bola mata’ di ruang auditorium (newsweek.com)

Perpustakaan ini dirancang oleh perusahaan asal Belanda, MVRDV dan bekerjasama dengan Tianjin Urban Planning and Design Institute (TUPDI). Meski desainnya terlihat rumit dan futuristik, namun proyek ini bisa selesai dalam 3 tahun saja. Pengunjung bisa menikmati fasilitas ruang baca di lantai dasar, lounge area di lantai tengah, serta kantor, ruang rapat dan ruang komputer di lantai atas.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Jangan Menyesali Sebuah Pertemuan, Karena Sama Saja Kamu Menentang Takdir Tuhan

Kisah Inspiratif Ria Irawan dalam Melawan Kanker Ini Layak Diacungi Jempol