5 Pernikahan Kontroversial yang Pernah Bikin Geger Media Indonesia

Mengingat kembali resepsi paling kontroversi

Pernikahan merupakan ritual sakral yang dinantikan setiap orang, kesucian pernikahan yang menyatukan dua hati dalam ikatan resmi, menjadikannya momen yang paling dinanti. Namun tidak semua pernikahan berjalan dengan nuansa kebahagiaan, pesta pernikahan yang seharusnya menghadirkan kebahagiaan justru tidak sedikit yang menimbulkan kontroversi.

Baca juga : Polyamory, Cara lain Merasakan Bahagia dalam Menjalin Hubungan Cinta

Pernikahan yang menuai kontroversi kerap kali terjadi di belahan bumi manapun, tidak terkecuali di Indonesia. Setidaknya di negara kita juga sempat pernah dihebohkan dengan beberapa pernikahan kontroversial yang mewarnai media massa kita. Lalu pernikahan siapa saja yang menjadi pemberitaan di media massa karena kontroversi?

1. Pernikahan kedua Aa Gym

Da’i yang memiliki nama asil Abdullah Gymnastiar ini dikenal sebagai pendakwah yang memiliki ciri khas sendiri dalam menyampaikan pesan dakwahnya, suaranya yang lembut dan dakwahnya yang menyentuh hati, serta logat sundanya yang khas menjadikan pamor Aa Gym dalam waktu relatif singkat mendapatkan tempat tersendiri di para jama’ahnya yang kebanyakan para ibu-ibu.

portalwongsukses.wordpress.com

Namun disaat Aa Gym sedang menjadi primadona para kaum Ibu-ibu, Ia justru membuat berita yang menghebohkan dengan melakukan pernikahan yang kedua, atau berpoligami. Pernikahan yang dilakukan pada tahun 2006 lalu itu pun mendapat respon beragam dari masyarakat, ada yang mendukung tapi tidak sedikit yang menyayangkan keputusan Aa Gym yang berpoligami.

Keputusan Aa Gym berpoligami akhirnya menuai pro dan kontra yang berimbas semakin menurunnya jadwal Aa Gym manggung dan tampil di Tv. Tidak sedikit jama’ah Ibu-ibu yang dahulu mengidam-idamkan Aa Gym merasa kecewa, dan inilah yang sedikit banyak mempengaruhi pamor Aa Gym sebagai seorang pendakwah.

2. Pernikahan Syeikh Puji

Tahun 2008 lalu masyarakat Indonesia dihebohkan dengan adanya pernikahan antara Syeikh Puji dengan Lutfiana Ulfa. Pernikahan tersebut menuai banyak perhatian dari masyarakat Indonesia, pasalnya dalam pernikahan tersebut, Syeikh Puji lelaki yang saat itu berusia 43 tahun akan menikahi Lutfiana Ulfa yang saat itu belum genap berusia 12 tahun.

Syeikh Puji yang dikenal sebagai tokoh masyarakat dan pemuka agama yang memiliki pesantren tersebut, sebelumnya membuat heboh media dengan mengeluarkan zakat yang terbilang besar, yaitu sekitar 1.3 Miliar. Kehadiran kedua Syeikh Puji di media massa tidak kalah hebohnya dengan berita pernikahannya tersebut.

syahrilkadir.wordpress.com

Selain persoalan usia Ulfa yang saat itu masih belia, faktor yang membuat pernikahan Syeikh Puji menarik perhatian media dan masyarakat ialah status Ulfa yang hanya dinikahi secara siri dan menjadi istri kedua. Persoalan pernikahan Syeikh puji sempat mendapatkan dari berbagai kalangan, baik ulama, Komnas Perlindungan Anak dan Perempuan, sampai masyarakat umum.

3. Pernikahan pasangan sejenis di Bali

Akhir tahun 2015 sampai awal tahun 2016 kehebohan soal pernikahan di Indonesia kembali terjadi, kini datang dari pulau Dewata Bali. Bukan lagi soal poligami atau pernikahan dibawah umur, kini yang bikin heboh media masa, media sosial, dan masyarakat luas ialah adanya pernikahan pasangan sejenis di pulau Bali.

arrahmah.com

Awal mula beredarnya informasi adanya pernikahan sejenis beredar di media sosial, namun respon masyarakat yang begitu besar terhadap kejadian tersebut, membuat media massa lokal maupun nasional menyoroti pernikahan kontroversial ini. Pernikahan yang kemudian diketahui merupakan pernikahan dari pasangan sejenis Joe Tully dan Tiko Mulya pun menuai banyak kecaman, meskipun ada juga yang mendukungnya dengan dalih kebebasan hak asasi.

4. Pernikahan gaib Bagus Kodok dengan Peri Setyowati

Tidak kalah mengebokannya dari pernikahan kontroversial sebelumnya, pernikahan yang satu ini juga sempat membuat masyarakat Indonesia dibuat heboh, pasalnya salah seorang laki-laki asal Ngawi Jawa Timur yang dikenal sebagai Mbah Kodok, atau Bagus Kodok mengadakan pesta pernikahan dengan peri yang ia kenal sebagai peri Setyowati.

Pernikahan gaib yang dilakukan seniman Bagus Kodok pun mendapatkan perhatian yang luar biasa dari masyarakat. Bahkan saat resepsi dilakukan di rumahnya, terjdi kemacetan sampai 7 Km di kampungnya. Lapangan desa banyak dijadikan parkir kendaraan roda dua dan roda empat, dan banyak penjual dari luar kota yang berdatangan laiknya terjadi pesta besar.

youtube.com

Hal demikian terjadi sebab masyarakat merasa penasaran dengan sosok peri Setyowati calon istri Mbah Kodok yang berasal bukan dari bangsa manusia.Tidak hanya masyarakat sekitar, konon ada juga tamu yang datang dari Kalimantan dan Sumatera yang jauh-jauh datang untuk melihat pernikahan tersebut.

Selain itu, pernikahan Mbah Kodok dengan peri Setyowati juga banyak dihadiri oleh kalangan seniman, pejabat daerah, kerabat, dan tamu undangan. Mereka datang layaknya ke pesta pernikahan pada umumnya.

5. Pernikahan gaib Panglima Burung dengan titisan Nyi Roro Kidul

Pernikahan kontroversial yang menghebohkan di Indonesia kini terjadi lagi, yang terbaru ialah pernikahan ghaib antara panglima burung dengan titisan Nyai Roro Kidul. Panglima burung sendiri merupakan sosok ghaib yang dipercaya suku dayak. Pernikahan yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 27 Februaru lalu ini pun menarik perhatian masyarakat Indonesia.

kumaran.com

Baik media massa lokal, media massa nasional, dan media sosial rami memperbincangkan kejadian yang unik ini. Namun pada akhirnya pernikahan panglima burung dan titisan Nyi Roro kidul pun dibatalkan, padahal sebelumnya undangan pernikahan anatara Panglima Burung dan Titisan Nyai Roro kidul ini sudah jadi dan siap di bagikan ke keluarga, kerabat, dan masyarakat suku dayak.

Itulah lima pernikahan yang pernah menghebohkan media massa dan masyarakat Indonesia. Karena pernikahan merupakan ritual yang sakral, jadi segala hal kecil apapun yang terjadi di pesta pernikahan akan menjadi perhatian, apalagi peristiwa besar seperti lima kejadian diatas.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Haruskah Lekuk Tubuhmu Diunggah Demi Sekian Like dan Sederet Pujian?

5 Alasan Kenapa Lagu Korea Banyak Digemari Meskipun Kamu Nggak Tau Artinya