Yuk Coba 5 Permainan Ini, Bisa Mengembalikan Memori Masa Kecilmu Lhooo

Memori masa kecil itu nggak bisa dilupakan begitu saja, kenang kembali dengan mencoba beberapa permainan ini.

Jika kamu adalah anak-anak yang lahir di era 90an pasti memiliki kenangan masa kecil yang jauh berbeda dengan yang dialami oleh anak zaman sekarang. Jujur saja, mungkin sesekali kamu akan merasa kangen dengan tingkah masa kecilmu yang penuh dengan tawa dan kebahagiaan bersama teman-teman. Mainan yang kamu sukai waktu itu masih sederhana tidak membutuhkan listrik apalagi sampai membuatmu mengeluarkan uang untuk membeli ini dan itu. Meski begitu, tetap saja mainan favoritmu di masa dulu itu nggak kalah mendidik dari mainan anak sekarang. Gempuran perkembangan teknologi, membuat pelestarian permainan-permainan tradisional seperti dakon, egrang dan lain sebagainya menjadi sulit dilakukan.

Anak-anak lebih tertarik dengan gadget, hal tersebut sebenarnya wajar-wajar saja asalkan tetap dipantau agar tidak menjadikan si anak jadi makin malas untuk belajar. Itulah mengapa dampingan dan pengawasan orang tua itu perlu. Dan permainan modern yang berbasis gadget juga memiliki banyak manfaat lho. Salah satunya adalah membuat kamu bernostalgia dengan masa kecil. Mungkin karena faktor umur, kamu sudah tidak mungkin lagi untuk bermain egrang atau lompat tali, kamu bakal tetap bisa merasakan sensasinya tanpa melakukan hal tersebut. Yaitu dengan cara mencoba beberapa permainan Android berikut ini. Apa saja yang bisa kamu coba? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Game Merdeka

Game merdeka adalah salah satu permainan Android yang diciptakan oleh anak Indonesia. Dalam sebuah kompetisi sekelompok orang yang menyebut diri mereka sebagai Miracle Gates Studio. Tim tersebut bergerak dalam bidang pengembangan game. Salah satu yang menjadi produk perdana mereka adalah Game Merdeka. Awal mula pembuatan permainan ini karena tim Miracle Gates Studio melihat antusiasme para remaja Indonesia masih begitu tinggi terhadap permainan-permainan rakyat yang bisa digelar saat perayaan kemerdekaan Indonesia.

Game merdeka [via androidpit.com]
Game merdeka [via androidpit.com]
Mulai dari lomba tarik tambang, hingga balap karung. Kemudian dengan kerja keras dan kekompakan, akhirnya sebuah game Android bertajuk Game Merdeka berhasil dikenalkan . Ada beberapa pilihan permainan yang bisa kamu pilih. Ada tarik tambang, balap karung hingga permainan memasukkan paku ke dalam botol. Sapuan dan sentuhan jari menjadi faktor penentu kamu bisa menang atau tidak.

2. Dakon

Dakon adalah salah satu permainan tradisional yang berfungsi sebagai media belajar berhitung bagi anak-anak. Cara bermainnya dengan memasukkan biji dakon yang bisanya terbuat dari cangkang kerang atau biji-bijian ke dalam lubang di papan permainan. Saat ini dakon sudah jarang dimainkan oleh anak-anak, meski manfaatnya sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan.

Dakon [via play.google.com]
Dakon [via play.google.com]
Di lain pihak, semakin banyak permainan smartphone yang dianggap lebih seru. Untungnya masih ada beberapa pihak yang peduli dengan kelestarian permainan tradisional dengan membuat game Android tentang dakon. Aturannya hampir sama, tapi kamu hanya perlu menggunakan ketikan dan sapuan jari di smartphonemu. Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store.

3. Balap Karung

Sewaktu masih kecil, mungkin kamu pernah mengikuti lomba balap karung ketika acara tujuh belasan. Tentu saja permainannya seru dan mengundang tawa. Butuh strategi khusus agar kamu bisa memenangkan lomba balap karung, meski terkadang kamu sampai jatuh gara-gara tidak bisa menyeimbangkan badan. Meski sudah jarang, balap karung masih sesekali diadakan. Wajar bila kamu ingin mencobanya lagi karena teringat kenangan sewaktu masih kecil.

Game balap karung [via play.google.com]
Game balap karung [via play.google.com]
Tapi umur membuat niatmu itu tidak memungkinkan untuk dilakukan. Jangan khawatir, karena saat ini ada balap karung yang bisa dimainkan di smartphone khususnya yang menggunakan sistem operasi Android. Penciptanya adalah Amikom Game Dev yang berhasil membuat game ukuran kecil dan enteng dijalankan di berbagai jenis smartphone. Cukup mendownloadnya di Play Store kemudian menginstallnya, kamu bisa segar bernostalgia dengan kenangan masa lalu.

Itulah beberapa permainan yang bisa mengingatkanmu dengan memori manis sewaktu kecil. Sayang memang jika berbagai permainan tradisional semakin punah karena pengaruh teknologi. Semoga dengan munculnya berbagai permainan yang berbasis budaya dan lingkungan. Langkah untuk melestarikan salah satu kekayaan negeri ini semakin terbuka lebar.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *