5 Sebab Kamu Perlu Mencintai Dirimu Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain

Mencintai diri sendiri beda dengan sifat narsis ya!

Mungkin saat membaca judul artikel ini, kamu berpikiran bahwa Inovasee mengajakmu menjadi pribadi yang narsis ya? Beda dong. Narsis adalah sifat yang suka membanggakan diri sendiri secara berlebihan karena pencapaian yang dimilikinya.

Sedangkan mencintai diri sendiri di sini maksudnya adalah mengajakmu untuk menghargai dirimu sendiri, termasuk untuk pedulu dan menerima apapun kelebihan dan kekuranganmu. Ini penting, sebab mencintai diri sendiri adalah bekal untuk bisa mencintai orang lain dengan tulus. Begini penjelasan lengkapnya:

Merasa lebih percaya diri

Fokuslah dengan kelebihan yang kamu miliki (amazonaws.com)

Jika kamu mencintai diri sendiri dengan tepat, kamu akan lebih bisa menerima keadaan dirimu dalam kondisi apapun. Efeknya, kamu akan jauh dari sifat minder dan punya stok percaya diri yang berlimpah. Rasa percaya diri amat diperlukan, agar kamu bisa merasa nyaman dimanapun berada dan dalam lingkungan seperti apapun.

Kamu akan lebih menarik

Pevita menjadi contoh jika rasa percaya diri bisa membuat penampilan lebih bersinar (sisidunia.com)

Percaya nggak, kalau orang yang oercaya diri itu selalu mampu menarik perhatian? Ini karena orang yang percaya diri hanya akan berfokus pada kelebihannya. Orang yang percaya diri tidak akan membiarkan rasa minder menguasai dan menghalangi dirinya untuk tampil bersinar. Meski ia menyadari betul bahwa dirinya memiliki kekurangan, namun itu akan dijadikan cambuk pelecut semangat agar tidak mau dikalahkan begitu saja oleh segala kekurangan yang dimiliki.

Lebih mudah menerima orang lain

Kalau kamu sudah bisa mengatasi rasa minder pada kekuranganmu, maka kamu juga akan mampu menutup mata pada kekurangan orang dan lebih melihat kelebihannya (huffpost.com)

Dengan belajar mencintai diri sendiri, secara otomatis kamu juga akan belajar untuk lebih mudah menerima orang lain, baik kelebihan maupun kekurangannya. Kamu jadi lebih menghargai orang lain dan tidak memandangnya sebelah mata jika orang tersebut memiliki kekurangan. Jadi, boleh dibilang bahwa ungkapan “cintailah dirimu dulu sebelum mencintai orang lain” amat tepat.

Hubungan keluarga lebih menyenangkan

Hubungan antar anggota keluarga jadi lebih hangat (autoeurope.com)

Tidak hanya pada orang lain, kamu juga akan memiliki hubungan yang lebih menyenangkan dengan keluarga karena aura positif yang mengalir dari rasa mencintai diri sendiri tadi. Kamu jadi lebih terbuka pada keluargamu dan tidak menyembunyikan permasalahan-permasalahan penting dari lingkungan keluarga.

Lebih positif dalam menghadapi hidup

Dunia akan menjadi tempat yang lebih ramah saat kita selalu berpikir positif (pexels.com)

Karena mencintai diri dengan tepat adalah suatu nilai yang positif, maka semesta pun akan berjalan sesuai cara pandangmu pula. Yakinlah bahwa dunia juga akan tampil lebih menyenangkan dan penuh daya tarik. Ini berkat kemampuanmu untuk mengendalikan rasa minder dan hal-hal negatif lainnya dari pikiran.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *