Perlu Dihindari, Pertanyaan Basa-basi Ini Sering Menyakitkan Hati

STOP tanya basa-basi kalau ujung-ujungya cuma bikin sakit hati…

Sudah menjadi kebiasaan dari masyarakat kita, kadang saat pertama kali bertemu atau untuk membuka obrolan biasanya dipancing dengan sebuah pertanyaan. Biasanya pertanyaan semacam ini sebenarnya tidak terlalu membutuhkan jawaban, sebab pertanyaan yang dilontarkan hanya sebuah basa-basi saja.

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Hidup di Kota Bisa Membunuhmu Pelan-Pelan

pertanyaan menyebalkan (pexels.com)

Namun alih-alih menjadikan pertemuan terasa menyenangkan, melontarkan pertanyaan basa-basi justru kadang melukai hati orang lain. Meskipun sang penanya tidak bermaksud menyakiti hatimu, mungkin kamu juga pernah merasakan sakit hati saat ditanya oleh seseorang dengan pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Pertanyaan kapan nikah…

Meskipun pertanyaan ini terdengar wajar dan lumrah ditanyakan, namun tidak jarang pertanyaan ini bisa menyinggung orang yang kamu tanya. Biasanya saat acara keluarga atau berkumpul dengan teman lama, pertanyaan kapan menikah paling banyak ditanyakan.

Pertanyaan kapanmenikah memang menyebalkan (inilah.com)

Pertanyaan kapan menikah bisa jadi pertanyaan paling sering dilontarkan saat acara kumpul keluarga, meskipun tidak sedikit yang mengetahui hal itu bisa membuat sakit hati orang lain. Siapa sih yang tidak mau menikah? Jika ada temanmu yang belum menikah, daripada selalu mempertanyakannya bukankah lebih baik mendoakannya saja?

2. Pertanyaan kapan punya anak

Siapa sih yang gak pengen punya anak, jangan tanyain terus! (kapanlagi.com)

Pertanyaan ini sangat sensitif jika kamu tanyakan kepada pasangan yang sudah lama menikah, namun belum juga mendapatkan momongan. Sebab belum mendapatkan momongan bagi pasangan yang sudah lama menikah merupakan beban tersendiri, jadi jangan kamu tambahi beban psikologi mereka dengan pertanyaan kapan punya momongan.

3. Pertanyaan tempat kerja dan gaji

Jika kamu suatu saat reuni dengan teman-teman lama yang sekarang sudah pada bekerja, kalau bisa tahan dulu pertanyaan dimana dia bekerja dan berapa gajinya. Sebab bagi sebagian orang pertanyaan ini sangat menggangu mereka.

Hindari tanya soal kerja dan gaji (liputan6.com)

Tidak semua teman kita mendapatkan pekerjaan yang menguntungkan, dengan gaji yang menggiurkan. Bayangkan saja jika ada temanmu, yang ternyata hanya memiliki gaji sepertiga dari gajimu, lalu kamu menanyakan gajinya, tentu hal tersebut akan membuat suasana pertemuan jadi tidak mengenakan.

4. Pertanyaan tentang usia

Kadang menyebalkan pertanyaan tentang usia (cloudfront.net)

Bagi sebagian orang usia memang hanya sekedar angka, namun bagi sebagian orang yang lainnya, persoalan usia merupakan privasi yang tidak perlu dipertanyakan. Ada loh orang yang merasa risih saat ditanya tentang usia, jadi mendingan hindari pertanyaan ini saat kamu bertemu dengan teman lama atau orang baru.

5. Pertanyaan kapan wisuda

Bagi mahasiswa berusia muda di kampus, pertanyaan kapan wisuda merupakan pertanyaan yang terdengar biasa saja. Namun bagi mahasiswa bangkotan yang kuliah hampir satu dekade, pertanyaan ini terasa sangat menyakitkan. Terlebih jika yang menanyakan adalah teman seangkatan yang sudah lulus duluan.

STOP tanya kapan wisuda (bppk.kemenkeu.go.id)

Dibalik kuliah mereka yang lama, bisa jadi ada persoalan dan perjuangan berat yang ia hadapi agar bisa lulus kuliah. Jadi jangan bikin mereka yang kuliah lama tambah nestapa dengan pertanyaan basa-basimu yang bisa menyakitkan hati.

Itulah beberapa jenis pertanyaan basa-basi yang kadang justru menyakitkan hati. Meskipun tidak semua orang akan sakit hati dengan pertanyaan-pertanyaan ini, bukankah lebih baik kita menghindari hal-hal yang berpotensi membuat orang sakit hati?

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Perlunya Meningkatkan Keahlian Kita Agar Tidak Kalah dengan Kecerdasan Buatan di Masa Depan

Jika Bukan yang Sering Kamu Doakan, Jodohmu Adalah Dia yang Mendoakanmu