Sebelum Menyesal, Lakukan 4 Hal Ini Kepada Orangtuamu Selagi Mereka Masih ada

Yuk, perlakukan orangtuamu sebaik mungkin sebelum kamu menyesal akhirnya~

Penyesalan selalu datang di akhir kejadian. Itulah pepatah yang kerap kita dengan untuk menggambarkan bagaimana penyesalan tidak bisa dibenahi, kecuali kesempatan datang dua kali.

Cara Membahagiakan Kedua Orang Tua
Perlakukan orangtuamu dengan baik (vebma.com)

Banyak sekali penyesalan yang dibuat manusia bukan karena dia tidak tahu dia akan menyesal, namun karena ia belum merasakan jika penyesalan itu menyakitkan. Salah satu bentuk penyesalan yang paling menyakitkan ialah disaat kita tidak bisa menjadi anak yang terbaik bagi orangtua kita.

Nah, sebelum menyesal dan selagi orangtuamu kini masih ada, lebih baik lakukan 5 hal ini untuk membuatnya bangga telah melahirkanmu.

1. Jaga perasaan orangtuamu, jangan pernah membuat hatinya bersedih

Hati orangtua sangat sensitif terhadap perlakuan sang anak loh. Ia akan sangat mudah bahagia saat kamu melakukan hal baik kepadanya, dan ia juga akan sangat mudah sakit hati saat kamu memperlakukannya dengan kurang baik.

Cara Membahagiakan Kedua Orang Tua
Jagalah hati dan perasaan orangtuamu -hipwee.com

Kesensitifan hati orangtua inilah yang membuat kita harus hati-hati menjaganya. Jangan sampai perlakuan kita membuatnya sedih. Bahkan, dalam ajaran agama, mengatakan Ah! kepada orangtua pun dilarang. Sebab, hal itu bisa menyakiti hatinya.

Selagi mereka masih ada, jaga baik-baik hati dan perasaannya. Karena, kalau mereka sudah tiada, penyesalan dalam diri tidak akan lepas sepanjang masa hidupmu. Jika, kamu pernah melakukan salah, minta maaflah kepada mereka.

2. Selalu menjenguk atau memberi kabar kepada orangtuamu

Jika kini kamu hidup berjauhan dengan orangtuamu, maka sempatkanlah untuk menjenguk atau menghubunginya. Sebab, semakin tua usia orangtua kita, maka rasa kesepian dalam hidup semakin terasa baginya.

Cara Membahagiakan Kedua Orang Tua
Berilah waktumu untuk orangtuamu -bukalapak.com

Ia tentu sangat rindu dengan anak-anaknya saat masih kecil, saat mereka bisa berkumpul bersama. Kerinduan semacam ini yang membuat orangtua hanya butuh kehadiran atau kabar dari anak-anaknya. Di zaman yang teknologi informasi dan komunikasi sebanyak ini, tidak ada alasan untuk kamu tidak memberikan kabar kepada orangtuamu.

Mari kita renungkan, seberapa sering kamu menghubungi kekasihmu dibandingkan dengan orangtuamu? Padahal, cinta sejati di dunia ini ialah cintanya. Orang yang paling mencintaimu dengan tulus dari kamu bayi.

3. Berusahalah untuk selalu memenuhi segala keinginannya, sekecil apapun itu!

Banyak orang merasa sangat menyesal ditinggal pergi sang ayah atau ibu untuk selama-lamanya, karena ia belum bisa memenuhi keinginannya. Jadi, selagi mereka masih ada, berusahalah sekuat tenaga untuk mewujudkan keinginan orangtua, sekecil apapun itu.

Cara Membahagiakan Kedua Orang Tua
Berilah waktumu untuk orangtuamu -bukalapak.com

Semisal, orangtua ingin mengumpulkan anak-anaknya untuk sekedar mengobati rindu dengan mengadakan jamuan makan bersama. Maka sebagai anak, sesibuk apapun kamu, berilah waktumu untuknya. Sebab, jika ia sudah tiada, hal tersebut akan menjadi penyesalan sepanjang hidupmu.

4. Rawatlah orangtuamu sebaik mungkin

Hal lainnya yang kerap membuat menyesal dalam hidupmu ialah di saat orangtuamu sudah tiada sedangkan semasa hidupnya kamu tidak merawatnya dengan baik. Semakin tua usia seseorang, maka semakin lemah pula fisiknya. Banyak pekerjaan yang harus membutuhkan bantuan orang lain.

masa paling tepat untuk membahagiakan orang tua (pakansie.com)

Sebagai anak, merawat orangtua dengan baik bukan hanya akan mengurangi rasa penyesalanmu saat mereka sudah tiada. Namun juga sebagai bentuk pengabdian dan rasa terima kasih kepada mereka yang telah merawatmu dari bayi hingga dewasa.

 

 

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *