Dari Wajah Sampai Karakter, Inilah Perbedaan Seseorang Saat di Dunia Maya dan Dunia Nyata

Ada yang pernah ketemuan sama orang yang foto profilnya cantik tapi aslinya……

Begitu pesatnya perkembangan teknologi, membuat kini teknologi bisa menyentuh semua lapisan masyarakat. Hampir setiap orang kini merasakan dampak dari kemajuan teknologi, sebut saja facebook, Instagram, dan Twitter, hampir bisa dipastikan kamu pasti memiliki salah satu akun media sosial tersebut.

Kemajuan teknologi kini siapapun bisa menggunakannya (photoshelter.com)

Namun ada yang unik dari dampak kemajuan teknologi ini, dengan hadirnya dunia maya, kini banyak orang yang memiliki dua sisi yang berbeda, yaitu antara ketika dia ada di dunia maya, dan saat berada di dunia nyata.

Inilah perbedaan antara dunia maya dunia nyata seseorang yang sering kita temukan…

Perbedaan keindahan pemandangan alam di dunia maya dan di dunia nyata

Mungkin kamu pernah ingin sekali berkunjung ke suatu tempat wisata, karena melihat foto-fotonya di dunia maya yang sangat mempesona. Namun saat kamu berkunjung sendiri, ternyata keadaan pemandangan tidak seindah yang diunggah di media sosial.

Antara di dunia maya dan realitas tidak sama (brilio.net)

Fenomena seperti ini banyak sekali kita temukan. Dimana banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata merasa kecewa karena kondisi atau pemandangan asli tidak sebagus yang diunggah orang-orang di dunia maya.

Perbedaan tersebut sebenarnya banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya ialah ilusi optik yang ada di kamera yang digunakan untuk memotret. Semakin berkelas kamera yang digunakan, maka semakin bagus pemandangan yang dihasilkan. Belum lagi nanti sebelum diunggah ke media sosial, biasanya fotografer akan mengeditnya lebih dulu agar pemandangan terlihat sempurna.

Perbedaan wajah seseorang antara di dunia maya dan di dunia nyata

Tulisan ini bukan bermaksud untuk menyindir seseorang apalagi menghujatnya. Namun ini berdasarkan kasus yang banyak kita temui. Mungkin kamu juga sering menemukan foto seseorang dimana waktu ia unggah ke media sosial terlihat sangat cantik, kulit mulus, dan bersih. Namun saat kita bertemu langsung dengan orangnya, ternyata jauh dari apa yang kita lihat di media sosial.

Antara di dunia maya dan dunia nyata (cdninstagram.com)

Kasus seperti ini hampir sama dengan kasus yang pertama tadi. Semakin banyaknya aplikasi edit foto agar lebih terlihat cantik atau tampan, kadang menipu kita. Bahkan wajah yang biasa-biasa saja, bisa disulapnya menjadi sangat menawan. Ada yang pernah foto pake aplikasi biar terlihat lebih cantik?

Perbedaan karakter seseorang antara di dunia maya dan di dunia nyata

Selanjutnya perbedaan yang sering kita temui antara di dunia maya dan di dunia nyata, ialah mengenai karakter seseorang. Kadang ada seseorang yang di dunia maya dia terlihat cerewet, kritis, atau bahkan galak. Namun saat kita bertemu langsung dengan orangnya, ternyata dia pendiam, tertutup, dan penakut.

Ada yang lebih cerewet di dunia maya daripada di dunia nyata? (ibunda.id)

Hal tersebut terjadi karena mereka menganggap jika media sosial merupakan media aktualisasi diri, dimana dia bebas menjadi karakter apapun. Atau kamu punya teman yang kalo di dunia maya sok pemberani, tapi pas di dunia nyata kaya kerupuk kena air?

Perbedaan gaya hidup seseorang di dunia maya dan di dunia nyata

Apakah kamu pernah melihat seseorang selalu upload foto jalan-jalan, belanja, makan di restoran mewah, namun pas kamu main ke rumahnya ternyata biasa-biasa saja? Hal seperti ini banyak kita temukan di sekitar kita. Dimana seseorang tertlihat glamour di dunia maya namun sebenarnya tidaklah demikian nyatanya.

Perbedaan gaya hidup di dunia maya dan dunia nyata (pexels.com)

Hal tersebut dilakukan karena mereka biasanya ingin diakui kelasnya, dia terlihat agar lebih berkelas dengan memposting hal-hal yang mewah dan glamour. Fenomena ini pernah saya tulis dengan judul Mengenal Social Climber, “Penyakit Jiwa” Orang Miskin yang Ingin Kelihatan Kaya silahkan dibaca untuk menambah wawasan.

Itulah beberapa perbedaan seseorang ketika di dunia maya dan ketika di dunia nyata. Media sosial kadang membuat kita menjadi orang lain, namun bisa juga menjadikan kita menemukan jati diri kita sendiri.

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *